Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.3.f.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Tugas Kesimpulan Inkuri Apresiatif

16 Juli 2024   18:04 Diperbarui: 16 Juli 2024   18:05 13261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesimpulan Inkuri Apresiatif/dokpri

Durasi : 1 JP
Moda : Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

CGP memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Dalam sesi forum diskusi ini, silakan Bapak/Ibu

menyampaikan kesimpulan tentang InkuiriApresiatif dengan pertanyaan pemandu berikut.

1. Apa hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses Menyusun visi pribadi saya itu?

Beberapa hal yang mencerahkan saya dalam menyusun visi adalah menelusuri tujuan kedepaanya terhadap target yang ingin dicapai dengan mempertimbangkan potensi yang melatar belakangi lingkungan tersebut.Dalam mewujudkan suatu visi memang tidak mudah, namun bisa diwujudkan dengan dukungan darisekitar, mulai dari kolaborasi, Kerjasama dan saling memotivasi. Mewujudkan visi tentunya didasari dengan Langkah besar yang berorientasi pada suatu target yang akan dicapai, sehingga walaupun terasa berat namun semangat untuk menggalakkannya demi agen perubahan.

2. Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik?

Sebagai pendidik, inkuiri apresiatif dapat diterapkan dengan melakukan komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait. Bersama-sama menyatukan potensi dengan bimbingan kepala sekolah, rekan guru sejawat serta siswa di kelas sehingga terwujudlah pencapaian visi yang komprehensif. Hasilnya akan terlihat pada perwujutan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa dan lingkungan sekolah yang nyaman

Kesimpulannya, alur berpikir dalam mengelola perubahan menggunakan paradigma inkuiri apresiatif di sekolah dimulai dengan menyusun visi, kemudian diturunkan menjadi prakarsa perubahan, dan dicapai secara kolaboratif menggunakan tahapan BAGJA. BAGJA dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan untuk memfasilitasi perubahan agar secara periodik datang dari dalam diri dan sekolah sendiri. Dalam ATM pertanyaan-pertanyaan BAGJA memerlukan latihan terus menerus. Jawaban pertanyaan dicari bersama-sama melalui tindakan penyelidikan, tidak cukup hanya dijawab sendiri. Sebagai guru penggerak yang menjadi PEMIMPIN PERUBAHAN perlu menerapkan pendekatan Inkuiri apresiatif model BAGJA sebagai salah satu cara dalam meningkatkan organisasi/sekolah atau pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Dalam hal ini, tentu kolaborasi antar pemangku kepentingan menjadi hal yang wajib dilakukan agar mencapai hasil yang maksimal.

Notes Quotes:

Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun