Mohon tunggu...
Bambang Sagitanto
Bambang Sagitanto Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Pegawai Negeri Sipil

Membaca buku, santai

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Ternyata Semua Ini Hanya Titipan

3 Agustus 2022   13:40 Diperbarui: 3 Agustus 2022   13:41 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Setibanya di rumah, selepas pulang dari tempat pekerjaan. Aku duduk termenung di atas bangku, di teras depan rumah. Masih teringat jelas dibenakku, peristiwa siang tadi, ketika waktu istirahat kerja, aku menuju ruang kerja kawanku berperwatakan sedang besar dan berkacamata. Temanku itu adalah Setyo. Tatapanku serupa setan. Kulihat Setyo sedang berada diruangan, lalu aku menerobos masuk, tak lain hanya ingin menagih hutangnya yang sudah jatuh tempo membayarnya. Bagai pencuri dihakimi massa dan tidak ada daya untuk melawan. Tagihan saya belum cair, Mas! Ucap lirih Setyo. Sampai kapan aku menunggu? Kamu tahu uang yang kupinjamkan untuk bayaran kuliah anakku! Benar mas tagihanku belum cair." Ratap Setyo. Kau ini banyak alasan saja! Waktu meminjam mudah, membayar susah minta ampun.

" Pi, kok masih diluar? Biasanya pulang kantor langsung ganti baju." Mimi, sebutan kesayangan isteri tercintaku membuyarkan ingatanku. Eh Mimi, bikin pipi kaget aja." Ucapku dikuti senyum kecut.

"Mimi buatin kopi ya" ucapnya sembari berjalan kedapur. Pikiranku kembali semakin kalut, membayangkan luapan emosi istriku. Bagaimana bayaran kuliah anak kita !!, Kenapa uang bayaran kuliah dipinjamkan keteman !!..?. Pikiranku semakin pusing menjawab pertanyaan seperti itu.

" Ini kopinya.", ucap istriku sambil duduk disampingku.

"Ada apa, Pi?" tanya istriku dengan tatapan bingung saat melihatku termenung di teras depan rumah.

" Pipi minum kopinya, ya mi." ucapku untuk mengalihakn pertanyaannya. Sembari meneguk secangkir kopi, aku memutar otak untuk menerangkan masalah ini.

" Cerita pi, ada masalah apa.? tanya istriku sambil mengelus punggungku.

" Maafkan pipi, semua ini salahku." jawab aku diiringin wajah penuh penyesalan, dengan menatap wajahnya. Aku ceritakan semua masalah dengan terbata-bata. Awal setyo meminjam uang dengan janji akan membayar sekaligus dengan keuntungan

Istri menatapku dengan senyum manisnya bagai bidadari, " "Sudah ikhlaskan. Mungkin ini cara Alloh untuk mengantikan yang lebih baik." Aku terhenyak  mendengar jawaban yang bebeda dari bayanganku.

" Tapi uang itu untuk bayaran uang kuliah mi." ujarku lirih. Lagi-lagi dengan senyum manisnya,berkata, " Harta benda yang dianggap milik kita, sebenarnya hanya titipan Alloh."

" Alloh yang memiliki semua ini, pi." jelas istriku. Aku hanya diam membisu mendengar penjelasannya. Kupeluk erat istriku dengan uraian air mata, sekali lagi meminta maaf atas tindakanku ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun