Mohon tunggu...
Balqis Nursalimah
Balqis Nursalimah Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa & Host Live

Seorang mahasiswa yang mencari jati dirinya menjalankan kesehariannya dengan bekerja dan berkuliah di UNPAM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cultur Shock Kalimat Copywriting Menjadi Penghasilan Mahasiswa

24 Juni 2024   08:50 Diperbarui: 24 Juni 2024   09:05 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

CULTUR SHOCK KALIMAT COPYWRITING MENJADI PENGHASILAN MAHASISWA

Balqis Nursalimah

Email : balqisnursalimah@gmail.com

Program Studi S1 Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang


Mengalami kehidupan menjadi seorang mahasiswa memang menyenangkan, namun saat ini banyak sekali mahasiswa yang mencari penghasilan sampingan dengan menulis berbagai macam konten seperti caption postingan media sosial, artikel, blog, maupun copy iklan. Menulis erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, akan tetapi, apakah kalian pernah melihat atau mendengarkan iklan? 

Rasanya tidak ada seorang pun luput dari sasaran iklan, kecuali mereka yang mengasingkan diri dari peradaban dan saya yakin orang seperti ini sangat langka. Orang yang tidak suka degan iklan komersial pun akan tetap terpapar oleh iklan-iklan layanan masyarakat yang tidak beertujuan komersal dalam iklan itulah ada kegiatan menulis. 

Hampir setiap hari, mulai dari bangun tidur hingga memejamkan mata lagi, kita bisa menemukan berbagai jenis tulisan. Salah satu tulisan yang paling sering kita baca dan lihat, adalah tulisan berupa iklan atau promosi sebuah produk atau jasa. Rasa-rasanya di mana pun kita berada, tulisan berisi ajakan dan rayuan untuk membeli atau menggunakan sesuatu tidak luput dari pandangan kita.

Dikutip dari jurnalmahasiswa.ac.id bahwasannya internet dalam perkembangan era digital saat ini dapat dikatakan begitu maju sehingga praktis mudah dan efisien di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Dalam sebuah pemasaran melalui online (screen to face) diperlukan adanya strategi komunikasi pemasaran melalui sistem Copywriting. 

Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran ini (marketing communication) juga dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian promosi yang tidak efektif dan efisien. Begitu juga dengan Copywriting merupakan seni dalam penulisan yang mana bertujuan untuk mendapatkan respon agar meningkatnya minat si pembaca. 

Media dalam Copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan akan tetapi bisa melalui visual gambar dan bentuk video. Sebagai perantaranya yaitu komunikasi pemasaran. Copywriting juga menggunakan media sosial dalam memperkenalkan produk atau jasa di dunia modern, salah satunya dengan memanfaatkan media sebagai alat berpromosi dan untuk menumbuhkan minat konsumen.

Media sosial merupakan salah satu sarana antara pelaku usaha dengan konsumen. Di dalam pemasaran yang dilakukan oleh pemilik (Owner) West Burger ialah dengan melalui media instagram. 

Pada penjelasan diatas peneliti telah menyebutkan bahwasanya Copywriting menjadi langkah yang tepat untuk pemilik usaha mempromosikan usahanya. Iklan berbentuk Copywriting merupakan salah satu bentuk promosi yang sangat praktis, ekonomis dan menjanjikan ekspektasi yang tinggi untuk membentuk benchmarking produk kuliner di mata konsumen. 

Dikutip dari jurnal onoma.ac.id Copywriting merupakan suatu aktivitas yang  kreatif dan  bertujuan untuk mencapai hasil tertentu dalam sebuah kegiatan terutama untuk menjual produk, layanan, ataupun mempromosikan  sesuatu termasuk  ide-ide  dan  pandangan  (Rahadi,  2022). 

Periklanan memerlukan  pesan  yang  mengandung  persuasif  untuk  tujuan  pemasaran  komunikasi atau  komunikasi  publik  suatu  produk,  layanan,  atau  ide  (Hermawan,  2015).    Salah  satu perusahaan  yang  memanfaatkan  iklan  digital  yaitu  PT  Anak  Bangsa  Group.  Perusahaan ini   bergerak   dalam   bidang   Edutech   (Education   Technology).   Produk   utama yang ditawarkan adalah pengembangan skill digital berupa pelatihan atau kursus bermacam-macam  skill  yang  menghasilkan  di  masa  sekarang.  Layanan  ini  bisa  diakses  melalui website.

 

Jika kalian adalah seseorang yang merasa kurang dalam menjalankan aktivitas yanh hanya menjadi seorang mahasiswa, seorang copywriter bisa menjadi teman terbaik kalian. Penulis memiliki keterampilan untuk memoles salinan sehingga hal-hal seperti tata bahasa, tanda baca, dan ejaan benar dan konsisten di seluruh salinan. 

Hal-hal ini penting dalam menampilkan bisnis kalian sebagai bisnis yang dapat dipercaya. Bisnis yang memasang iklan atau halaman arahan dengan kesalahan ketik atau kalimat yang ditulis dengan buruk berisiko terlihat tidak profesional dan kehilangan kredibilitas. 

Memiliki perhatian copywriter pada berbagai hal memastikan langkah terbaik kalian akan selalu dikedepankan. Dan jika semua itu belum cukup, inilah bonusnya: Mendaftar keahlian seorang copywriter berarti kalian dapat fokus pada bagian lain dari bisnis kalian. 

Daripada duduk di meja  kalian mencoba menemukan kata yang tepat untuk halaman web itu atau bertanya-tanya apakah semua koma kalian berada di tempat yang tepat, kalian dapat meluangkan waktu kalian pada aspek pekerjaan yang benar-benar kalian inginkan dan perlu fokuskan dan biarkan a copywriter profesional menangani keahlian mereka: membuat kalian terlihat menarik dan menarik orang ke bisnis kalian, selamat mencoba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun