Dimulai dari awal November hingga pertengahan menuju akhir November 2024, kelompok 19 melakukan mini program pengabdian di TK Manggar. Mini program pengabdian ini merupakan project dari mata kuliah umum/MKU Kewarganegaraan. Kelompok 19 beranggotakan 4 mahasiswi prodi Ilmu Perpustakaan dari Universitas Negeri Malang, dimana dengan background pendidikan tersebut kami berfokus pada pengembangan pengelolaan dari Perpustakaan Mini TK Manggar. Anggota kelompok 19 ini terdiri dari Elvina Isnawati selaku ketua, Dita Laura Agustina, Naylanda Sava Ariella dan saya sendiri, Balga Athiyah
Kegiatan diawali dengan penjajakan pada mitra yang ingin kami jadikan pusat kegiatan pengabdian kami, sebelumnya kami juga mencari tahu permasalahan yang sedang dihadapi dan berkaitan dengan background pendidikan kami. Setelah mengetahui masalah dan solusinya, kami melakukan kesepakatan dan perjanjian untuk kegiatan mini program pengabdian ini yang kami lakukan dalam kurun waktu hampir satu bulan. Kegiatan pengabdian yang kami akan lakukan ialah pengelolaan bahan pustaka berupa buku yang ada di TK Manggar
Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pemilihan bahan pustaka yang layak untuk masuk ke Perpustakaan Mini TK Manggar dan bahan pustaka yang tidak layak. Buku yang tidak layak akan dipisah namun tidak dibuang karena masih berguna untuk pembelajaran motorik anak. Setelah buku yang masih layak terkumpul, maka selanjutnya kami melakukan katalogisasi dan pendataan buku-buku tersebut pada buku induk
Setelah proses katalogisasi, selanjutnya ialah pembuatan label dan juga penyampulan buku-buku. Hal ini bertujuan agar buku mudah dikenali dan dikelompokkan serta penyampulan berguna agar buku bisa tahan lama dan lebih terlihat rapi. Proses ini memakan waktu yang lumayan lama karena bahan pustaka milik TK Manggar cukup banyak dan bagus
Setelah kegiatan-kegiatan inti tersebut selesai, makan langkah terakhir ialah shelving atau penataan buku sesuai rak. Disini ada kendala yakni rak yang terbatas dan menjadi satu oleh mainan siswa-siswi TK Manggar. Akhirnya kami merubah tatanan ke bagian rak yang mudah dijangkau dan langsung menarik perhatian anak-anak untuk membaca buku koleksi Perpustakaan Mini TK Manggar
Setelah serangkaian kegiatan pengelolaan bahan pustaka terselesaikan, langkah terakhir yang menjadi akhir dari mini program pengabdian ini adalah memberikan materi dasar seputar tata cara pengelolaan koleksi bahan pustaka kepada guru-guru dan juga kepala sekolah dari TK Manggar. Kegiatan ini merupakan tujuan utama kami selain pengelolaan Perpustakaan Mini TK Manggar, dimana kami dapat memberikan ilmu yang berguna dan menunjang project ini. Pemberian materi ini diberikan setelah serangkaian kegiatan utama selesai agar para guru sebelumnya bisa melihat outcome dari pengerjaan project kami sehingga dapat dijadikan acuan untuk keberlanjutan pengelolaan koleksi dari TK Manggar
Â
Pemberian materi merupakan akhir dari kegiatan pengabdian ini, besar harapan kami akan kemajuan dan perkembangan dari Perpustakaan Mini TK Manggar. Semoga kedepannya semakin meningkat dan tetap terstruktur. Fitria Nur selaku kepala sekolah dari TK Manggar mengatakan bahwa kegiatan mini program pengabdian ini sangat membantu dan berguna serta menyelesaikan permasalahan dalam pengelolaan koleksi milik Perpustakaan Mini TK Manggar
Lewat pengabdian kepada masyarakat ini, tentunya kami banyak belajar dan mengambil pelajaran baru yang beragam. Implementasi akan nilai-nilai moral langsung diterapkan, sangat sesuai dengan subtema yang kami ambil yaitu 'Pendidikan Berkualitas'. Salam Literasi!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H