Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota

28 Januari 2020   11:53 Diperbarui: 28 Januari 2020   12:03 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi Merusak Jiwa Manusia dan Kota 

Puisi Merusak Jiwa dan Kota Ideal adalah pertikaian utama buku teks Republik, Socrates berusaha untuk memperjelas alasannya untuk melarang penyair di kota yang ideal.

Resolusi Socrates untuk melarang puisi mungkin dipandang sangat keras pada awalnya, terutama mengingat keprihatinan saat ini orang dengan sensor. Dengan analisis yang cermat dan pemahaman yang lebih baik tentang dialog, alasan Socrates untuk penilaiannya menjadi lebih jelas dan membantu dalam mendemonstrasikan efek negatif puisi terhadap kota ideal. 

Di Republik Platon, kemampuan Socrates untuk mempertahankan kontrol atas kota yang ideal ditegakkan oleh pembuangan puisi dan sangat penting untuk perlindungan dan kelangsungan hidup kota. Salah satu motif utama pelarangan puisi Sokrates dapat diamati dalam gagasannya adalah  jiwa telah rusak dan terdistorsi oleh penyair.

Socrates mengungkapkan  unsur terbaik jiwa adalah "yang menaruh kepercayaan pada pengukuran dan perhitungan" (Republik 603a). Pernyataan ini merujuk pada diskusi antara Socrates dan Glaucon tentang bagaimana sesuatu muncul versus bagaimana mereka sebenarnya didasarkan pada pengukuran dan perhitungan. 

Sebagai contoh, suatu objek dapat tampak besar karena berada dalam jarak dekat, tetapi ketika dilihat dari kejauhan itu dapat tampak sangat kecil (Republik 602c). Satu-satunya cara untuk mengetahui ukuran sebenarnya dari objek adalah dengan mengukurnya dan membuat perhitungan; tidak mungkin untuk menentukan ukuran secara akurat melalui imitasi. 

Karena itu, ketika Socrates mengklaim "orang yang menentangnya akan menjadi salah satu bagian inferior dalam diri kita" (Republik 603a) dia merujuk pada orang-orang yang menentang gagasan menggunakan perhitungan untuk menarik kesimpulan dan menjuluki mereka "inferior."

Dengan menerima imitasi atau seni meniru sebagai aktualitas, orang-orang dipindahkan semakin jauh dari kebenaran dan akibatnya diubah dari jiwa rasional menjadi jiwa irasional. Jiwa yang mudah dipengaruhi, selera, dan irasional mudah terombang-ambing oleh seni; ini sangat penting untuk dipahami untuk pemahaman yang lengkap dari ide Socrates. 

Puisi dan seni pada umumnya tidak diciptakan untuk tujuan hiburan semata, meskipun itu adalah kepercayaan populer. Menurut Socrates, seni menarik perasaan kita yang terdalam dan gairah terdalam, meskipun sebagian besar waktu kita bahkan tidak menyadari  kita sedang dipengaruhi oleh mereka.

Puisi menipu sebagian besar orang karena kita tidak percaya kita terpengaruh olehnya, dan tidak terdorong untuk merasakan apa yang dirasakan oleh karakter fiksi. Dalam kenyataannya, puisi memungkinkan kita untuk hidup secara perwakilan melalui karakter-karakter ini dan berperilaku dengan cara yang dianggap memalukan. 

Kami terlalu gembira dan sangat iri; kita berkabung secara berlebihan dan kita marah dengan amarah, namun kita tidak ingin berperilaku sedemikian memalukan dalam kehidupan nyata. Meskipun kami tidak ingin menampilkan perilaku menghiasi ini, kami hidup dengan mereka setiap hari apakah kita mengetahuinya atau tidak. Socrates menyatakan  "Kita menderita bersama sang pahlawan dan menganggap penderitaannya dengan serius. Dan kami memuji orang yang paling memengaruhi kami dengan cara ini sebagai penyair yang baik "(Republic 605d).

Di sini, Socrates mengakui  kadang-kadang kita menyerah pada seni karena penghargaan kita kepada mereka, meskipun kita tidak berpikir itu dapat diterima untuk berperilaku seperti itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Dia menegaskan  segala sesuatu yang kita lihat dan baca dalam seni pada akhirnya akan tertanam dalam pikiran kita dan akan menyebabkan kita bertindak dengan cara tertentu, hampir seolah-olah kita telah bertukar tempat dengan karakter fiksi dan telah menjadi penampilnya sendiri. 

Socrates mengakui pengaruh kuat puisi yang negatif terhadap jiwa dan perilaku manusia yang tidak rasional; ia melarang seni untuk mempertahankan kontrol kotanya. Socrates menunjukkan bagaimana penyair merusak bagian jiwa yang "baik" ini dengan cara menjauhkan orang dari kenyataan dan menggerakkan pikiran dan tindakan mereka menuju idealisme. 

Socrates membandingkan seorang penyair yang menghancurkan jiwa rasional dengan meningkatkan kekuatan jiwa irasional kepada seseorang yang dapat mengambil alih dan menghancurkan sebuah kota dengan membuat orang jahat menjadi kuat (Republik 605b). Dia melanjutkan dengan mengatakan  setiap individu memiliki jiwa yang tercemar karena penyair imitatif menciptakan gambar yang tidak realistis dan diasingkan dari kebenaran (Republic, 605b).

Singkatnya, Socrates menyamakan jiwa dan kota, yang menyatakan  kehancuran jiwa akan diikuti oleh matinya kota yang ideal karena seni. Jika para penyair berhasil membujuk orang untuk merangkul dan mengamati sisi irasional, emosional, dan impulsif mereka, kota yang ideal pasti akan runtuh. 

Perasaan irasional yang disebutkan di atas  semua manusia pada dasarnya akan merasa pada suatu saat dibawa ke permukaan oleh seni, dan membahayakan kelangsungan hidup kota yang ideal. 

Socrates menjelaskan hasrat-hasrat ini sebagai "jiwa nafsu," yang mengutamakan kepuasan instan. Ketika Socrates berbicara tentang selera umat manusia, ia berkata, "Ia memelihara dan menyirami mereka ketika mereka harus dikeringkan, dan menetapkan mereka sebagai penguasa di dalam diri kita saat-- jika kita ingin menjadi lebih baik dan lebih bahagia daripada lebih buruk dan lebih buruk lagi-- mereka harus diperintah "(Republik 606d).

Socrates menyampaikan gagasan  seni memanipulasi orang untuk memiliki hasrat seksual, kemarahan, rasa sakit, dan kesenangan. Socrates mengklaim  kita semua diperintah secara internal oleh perasaan-perasaan ini karena kekuatan pengaruh puitis yang sangat berpengaruh. Dia menyarankan  alih-alih merawat hasrat internal yang dalam ini, kita harus menaklukkannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Bagian ini sangat penting karena secara jelas mengungkapkan seberapa dalam pengaruh seni itu. Socrates harus melarang puisi dari kota idealnya karena nafsu makan manusia terlalu lemah untuk mengatasi godaan keinginan pribadi. Jika seni mengendalikan individu, yang mengedepankan jiwa irasional yang memisahkan kita dari akal, kota Socrates pasti akan gagal. 

Teori Socrates tentang mendidik wali cukup menarik mengingat fakta  ia mengakui perlunya studi seni serta pelatihan fisik untuk memuji kotanya. Meskipun sebelumnya dalam Buku III Socrates menggarisbawahi pentingnya musik selama pendidikan para wali, ia menyampaikan kepeduliannya yang mendalam terhadap pengaruh kuat yang akan dimiliki musik.

Pengakuan Socrates tentang perlunya musik dapat diamati ketika ia mengatakan "dalam pelatihan musiklah penjaga harus dibangun" (Republic 424d). Di sini, Socrates menyadari betapa perlunya seni untuk kota yang ideal dan tampaknya menentang usulnya sendiri  puisi itu berbahaya. Berbeda dengan deklarasi sendiri, Socrates mengklaim, "tidak boleh ada inovasi dalam pelatihan musik atau fisik yang bertentangan dengan tatanan yang ditetapkan" (Republik 424b). 

Dalam pernyataan ini, Socrates berusaha menggambarkan pentingnya melarang pelatihan musik agar tidak melebihi undang-undang yang dengan sangat terampil diberlakukannya untuk menciptakan kota yang ideal. 

Adeimantus kemudian membahas konsep infiltrasi musik ke masyarakat melalui rutinitas orang-orang dan praktik sehari-hari, yang akhirnya bisa berjalan sesuai dengan hukum, yang mengakibatkan kehancuran total kota (Republik 424d). Sensor keras terhadap seni yang disarankan Socrates diperlukan untuk mempertahankan kota yang ideal dari potensi penggulingan. Pembuangan Socrates atas puisi dari kota ideal di awal Buku X mungkin mengejutkan beberapa pembaca.

Di Amerika abad ke-21, kita hidup di dunia di mana kebebasan adalah nilai terbesar dan sensor disukai. Namun, analisis yang cermat dari alasan Socrates mengungkapkan  ia ingin melarang puisi dari kota karena dibuat dan didorong oleh gambar yang bertentangan dengan ide-ide rasional. Gambar tiga kali dihilangkan dari kebenaran, meninggalkan puisi di tingkat terendah diri; bagian tiruan, yang menurut Sokrates akan merusak jiwa dan kota yang ideal juga. Yang cukup menarik, Socrates tidak melarang semua bentuk puisi dari kota; ia membiarkan eulogi untuk orang baik dan nyanyian pujian bagi para Dewa untuk tetap ada.

Faktanya, Socrates mengklaim sebagai orang yang paham dan menghargai seni dan mengundang setiap pecinta puisi untuk berdebat atas namanya (Republik 607e). Meskipun kelonggaran Socrates jelas dalam hal ini, ia berdiri teguh dalam keyakinannya  puisi harus dilarang. Untuk memahami kritik Socrates terhadap puisi, ada baiknya mempertimbangkan media saat ini: televisi dan iklan membentuk kehidupan kita, menentukan apa yang kita kenakan, bagaimana perasaan kita tentang diri kita sendiri, apa yang kita makan, di mana kita berbelanja, dan pada dasarnya pandangan kita tentang kehidupan.

Apakah kita mengetahuinya atau tidak, bagi banyak orang apa yang mereka lihat di televisi adalah hal-hal yang paling "nyata" dalam hidup mereka, yang justru ditakuti oleh Socrates: orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dengan percaya pada gambar-gambar yang bertentangan dengan ide-ide rasional. Keputusan Socrates untuk melarang puisi mungkin tampak seperti tindakan keras dan kejam, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan kontrol dan mendukung kelangsungan hidup kota yang ideal.

Bagaimana kebenaran filsafat Socrates Platon tentang larangan membuat pusisi karena puisi merusak jiwa manusia, dan kota, tentu membutuhkan riset penelitian dalam jangka panjang, serta merupakan tantangan bagi para ilmuwan Indonesia kebenaran theoria ini;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun