Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kuliah 2: Nobel Bidang Sastra Bob Dylan

30 Juli 2019   10:12 Diperbarui: 30 Juli 2019   10:30 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah 2: Nobel Bidang Sastra  Bob Dylan

Bob Dylan peraih hadiah Nobel bidang Sastra. Dylan adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musikus dan penyair Amerika yang sumbangannya terhadap musik Amerika bertahan lama dan dapat dibandingkan, dalam kemasyhuran dan pengaruhnya, dengan karya-karya Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen, dan Hank Williams. Lahir: 24 Mei 1941 (usia 78 tahun), Duluth, Minnesota, Amerika

Sekalipun demikian Bob Dylan diduga melakuan plagiat dalam karyanya. Nnama  Bob Dylan menyampaikan kuliah Hadiah Nobelnya pada tanggal 4 Juni 2017, hanya beberapa hari sebelum batas waktu yang membuatnya tidak memenuhi syarat untuk mengumpulkan 8 juta kronor ($ 900.000) penghargaan Nobel Foundation. Meskipun memiliki semua ciri khas tulisan Dylan, orang dapat dimaafkan karena mengira ceramah tersebut terdengar seperti esai bahasa Inggris yang akan ditulis oleh mahasiswa baru pada malam sebelum jatuh tempo, karena, seperti banyak mahasiswa baru di perguruan tinggi, Dylan tampaknya telah mengalihkan pembicaraannya. Moby-Dick dengan beberapa frasa dari rangkuman SparkNotes dari novel mani Melville.  

Plagiarisme berasal dari bahasa Latin plagiarus, untuk "penculik" atau "penggoda." Ahli plagiar, menurut Ellen Weinauer, adalah seseorang yang mengganggu batas normal transmisi dan persatuan , "semacam agitator budaya, bertanya  dan melemparkan keraguan atas - hubungan konvensional. "Meskipun plagiarisme telah lama diakui sebagai konsekuensi yang tak terhindarkan dari penulisan di depan umum, tidak sampai abad kesembilan belas, ketika karya sastra diprofesionalkan dan penulis semakin dipandang sebagai satu-satunya pemilik properti kreatif mereka, yang plagiarisme benar-benar memalukan.  

Saat menulis Moby-Dick pada tahun 1850, Melville berpikir mendalam tentang pertanyaan tentang kepenulisan dan kepemilikan. Begitu dalam, pada kenyataannya, sehingga ia bahkan berhenti sejenak dari magnum opus-nya untuk menulis "Hawthorne dan lumutnya," salah satu pernyataan penting zaman ini tentang orisinalitas dan kreativitas dengan kedok peninjauan dua bagian dari koleksi cerita pendek Nathaniel Hawthorne Lumut dari Pastori Tua .

Dari tiga buku yang diceritakan Dylan dalam pidatonya, patut dicatat penjiplakannya diisolasi dari novel Melville, karena yang paling ia kagumi di dalamnya adalah kemampuan Melville untuk mensintesis sejumlah besar sumber budaya. Melville adalah singkatan dari Dylan sebagai wadah besar tradisi dan teks, yang mampu "menempatkan semua wasiat lamanya, referensi alkitabiah, teori-teori ilmiah, doktrin Protestan, dan semua pengetahuan tentang laut dan ikan paus menjadi satu cerita." Moby-Dick memang ini, tentu saja, tetapi juga merupakan pekerjaan yang terperangkap antara pencarian kedaulatan penulis dan perasaan saling merangkul komunal.

Maka, satu hal jika Dylan menjiplak Melville dan bukan penulis anonim dari rangkuman daring Moby-Dick yang ditujukan untuk siswa sekolah menengah dan mahasiswa. Tapi dia tidak melakukannya. Penulis ini (mungkin seorang mahasiswa pascasarjana yang beberapa tahun lalu mengambil tugas ini untuk mendapatkan beberapa dolar tambahan) sekarang telah diabadikan, tetapi hanya dengan kata-katanya diculik oleh seorang raja. Persaudaraan spiritual dari para penulis dan gagasan semuanya baik dan bagus ketika penulis yang meminjam, tetapi hak properti mulai terdengar jauh lebih baik ketika barang-barang berpotensi dicuri.

Berikut ini adalah kuliah Nobel Bob Dylan , 5 Juni 2017

Ketika saya pertama kali menerima Hadiah Nobel untuk Sastra ini, saya bertanya-tanya persis bagaimana lagu saya berhubungan dengan sastra. Saya ingin merenungkannya dan melihat di mana koneksi itu. Saya akan mencoba mengartikulasikan hal itu kepada Anda. Dan kemungkinan besar jalan itu akan berputar, tetapi saya berharap apa yang saya katakan akan bermanfaat dan terarah.

Jika saya harus kembali ke fajar semuanya, saya kira saya harus mulai dengan Buddy Holly. Buddy meninggal ketika saya berusia sekitar delapan belas tahun dan usianya dua puluh dua. Sejak pertama kali saya mendengarnya, saya merasa serupa. Saya merasa terkait, seolah-olah dia adalah kakak laki-laki. Saya bahkan berpikir saya mirip dengannya. Buddy memainkan musik yang saya sukai - musik tempat saya tumbuh: country western, rock 'n' roll, dan ritme dan blues. Tiga helai musik terpisah yang ia jalin dan infus menjadi satu genre. Satu merek. Dan Buddy menulis lagu - lagu yang memiliki melodi indah dan syair imajinatif. Dan dia bernyanyi hebat - bernyanyi dalam lebih dari beberapa suara. Dia adalah arketipe. Semua yang saya tidak inginkan dan inginkan. Saya hanya melihatnya satu kali, dan itu beberapa hari sebelum dia pergi. Saya harus melakukan perjalanan seratus mil untuk melihatnya bermain, dan saya tidak kecewa.

Dia kuat dan menggemparkan dan memiliki kehadiran yang memerintah. Saya hanya enam kaki jauhnya. Dia mempesona. Saya memperhatikan wajahnya, tangannya, cara dia mengetuk kakinya, kacamata hitamnya yang besar, mata di balik kacamata itu, cara dia memegang gitarnya, cara dia berdiri, pakaiannya yang rapi. Segalanya tentang dia. Dia tampak lebih tua dari dua puluh dua. Sesuatu tentang dirinya tampak permanen, dan dia memenuhi saya dengan keyakinan. Lalu, tiba-tiba, hal yang paling aneh terjadi. Dia menatapku langsung mati di mata, dan dia mentransmisikan sesuatu. Sesuatu yang saya tidak tahu. Dan itu membuatku merinding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun