Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota Surabaya yang mempunyai bisnis utama yaitu untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat di wilayah Kota Surabaya.Â
Ruang lingkup bisnis dan usaha PDAM Surya Sembada Kota Surabaya meliputi produksi, distribusi, operasional, dan pelayanan air minum kepada masyarakat serta pemeliharaan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan air minum wilayah.
Visi dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah menjadi perusahaan Air Minum Moderen.
Misi dari PDAM Surya Sumbada adalah :
- Memastikan pengolaan keuangan yang transparan untuk kesejahteraan masyarakat;
- Membangun masyarakat yang bijak dalam penggunaan air;
- Menyediakan air minum yang efisien dan berkelanjutan;
- Membangun lingkungan kerja yang memprioritaskan integritas dan prestasi
Adapun bagian bagian pelayanan teknis barat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya memiliki beberapa bagian unit  dalam struktur organisasi yaitu :
Bagian pelayanan teknis barat dipimpin oleh Manajer Pelayanan Teknis Barat  yang bertanggung jawab kepada Manajer Senior Pelayanan Teknis Barat. Manajer Pelayanan Teknis Barat membawahi :
- Supervisor pemasaran dan perencanaan pasang baru barat
- Supervisor pelayanan teknis  zona 4
- Supervisor pelayanan teknis zona 5Â
Subbagian pemasaran dan perencanaan pasang baru barat dipimpin oleh supervisor pemasaran dan perencanaan pasang baru barat yang bertanggung jawab kepada manajer pelayanan teknis barat. Supervisor pemasaran dan perncanaan pasang baru barat membawahi :
- Staf senior
- Staf
pada bagian pelayanan teknis barat terdapat sub bagian pemasaran, perencanaan dan pemasangan.
pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan PDAM Surabaya yaiu dengan  pemasaran secara online maupun ofline yang mana pasti memudahkan para konsumen untuk melakukan pendaftaran pasang baru PDAM.
Setelah melakukan pendaftaran pasang baru PDAM, konsumen perlu menunggu untuk tindakan PDAM selanjutnya yaitu survey lokasi. jika telah di survey oleh pihak PDAM, langkah selanjutnya yaitu membuat perenanaan biaya pasang baru PDAM. Setelah rancangan biaya pasang baru sudah disetujui oleh konsumen, konsumen tinggal menunggu giliran pemasangan pasang baru PDAM. begitulah proses pasang baru PDAM Surabaya.
jikalau lokasi konsumen belum terdapat jaringan PDAM, PDAM memiliki 2 cara yaitu dengan adanya jaringan bantuan (biaya ditanggung oleh PDAM) dan jaringan swadaya (biaya ditanggung oleh konsumen).
Mudah bukaan !!! PDAM memiliki pelayanan yang sangat baik, jika anda ada keluhan atau membutuhkan saluran distribusi dari PDAM, silahkan mengunjungi perusahaan yang berlokasi di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.2, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H