Mohon tunggu...
Baihaki Ari Nugraha
Baihaki Ari Nugraha Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melihat Sains dari Kacamata Al-Quran: Eksplorasi Surat Al-Mulk Ayat 15 dalam Proyek IPAS

28 Agustus 2024   17:10 Diperbarui: 28 Agustus 2024   17:10 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran di SMK Al Hasra tidak hanya berfokus pada penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga menekankan pentingnya nilai-nilai keislaman dalam setiap mata pelajaran. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengintegrasikan ajaran Islam dalam mata pelajaran Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya melalui pembelajaran berbasis proyek yang berlandaskan pada pesan-pesan Al-Qur'an. Surat Al-Mulk ayat 15 menjadi salah satu ayat yang diangkat sebagai landasan dalam pembelajaran ini.

Makna Surat Al-Mulk Ayat 15 dalam Konteks Pendidikan

Surat Al-Mulk ayat 15 berbunyi:

"Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Ayat ini menegaskan bahwa bumi dan segala isinya diciptakan oleh Allah SWT untuk dimanfaatkan oleh manusia dengan penuh tanggung jawab. Allah SWT mengingatkan kita untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak dan selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan. Dalam konteks pendidikan, ayat ini menjadi pengingat bagi siswa untuk melihat alam sebagai karunia Allah SWT yang harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Implementasi dalam Pembelajaran Proyek IPAS

Dalam pembelajaran Proyek IPAS yang berbasis proyek, Surat Al-Mulk ayat 15 menjadi panduan untuk memahami materi tentang alam dan lingkungan. Siswa diajak untuk menggali makna ayat ini dalam kegiatan belajar mereka, terutama ketika mempelajari topik-topik seperti ekosistem, sumber daya alam, dan pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan.

Misalnya, ketika siswa mempelajari tentang pemanfaatan bahan alami, mereka diajak untuk mempertimbangkan bagaimana bahan-bahan tersebut dapat membantu manusia tanpa merusak kesehatan atau lingkungan. Siswa melakukan proyek yang berfokus pada inovasi pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan, seperti penggunaan bahan alami dalam produk sehari-hari yang aman dan ramah lingkungan.

Refleksi Keislaman dalam Proyek

Setiap proyek yang dilakukan siswa tidak hanya berorientasi pada hasil akhir secara ilmiah, tetapi juga pada nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam prosesnya. Siswa diajak untuk merefleksikan bagaimana ilmu pengetahuan yang mereka pelajari dapat menjadi sarana untuk mengenal kebesaran Allah SWT dan berkontribusi positif bagi kemaslahatan umat.

Misalnya, ketika melakukan eksperimen atau proyek yang melibatkan pemanfaatan sumber daya alam, siswa didorong untuk berpikir kritis tentang dampak lingkungan dan tanggung jawab mereka sebagai khalifah di bumi. Mereka juga diajak untuk bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah, serta memahami pentingnya menjaga dan melestarikan alam untuk generasi yang akan datang.

Kesimpulan

Pembelajaran IPAS yang mengintegrasikan keislaman dengan Surat Al-Mulk ayat 15 merupakan upaya untuk membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki kesadaran spiritual yang kuat. Dengan mengaitkan ilmu pengetahuan dengan ajaran Islam, siswa diharapkan dapat tumbuh menjadi individu yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk kebaikan, sambil tetap menjaga hubungan yang harmonis dengan alam dan sang Pencipta. Melalui pendekatan ini, diharapkan generasi mendatang dapat memiliki akhlak mulia dan bertanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun