Assalamu'alaikum wr.wb
Bismillahirtohmanirrohiim
1. Aliran Progresivisme
Aliran Progresivisme murupakan aliran Filsafat sebagai sebuah teori pendidikan muncul sebagai bentuk reaksi terbatas terhadap pendidikan tradisional yang menekankan metode-metode formal pengajaran, belajar mental kejiwaan dan suasastra klasik peradaban barat.
Teori progresivisme bersifat dinamis dan temporal. Menurut progreaivisme nilai berkembang terus karena adanya pengalaman-pengalaman baru di antara individu dan nilai yang telah di simpan dalam kebudayaan. Progresivisme menganjurkan agar pendidikan diarahkan pada pembentukan pada anak didik yang responsive terhadap segala kemajuan ilmu pengetahuan. Dan dituntut untuk terus memgembangkan metodelogi pembelajarannya sehingga semakin cerdas.
2. pemikiran Tokoh Progresivisme
a. George extelle
Tokoh ini seorang humanis dan pragmatis dan percaya bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang terpenting dalam masyarakat sebagai fungsi sosial. Tokoh ini sangat mempertahankan humanis dengan suatu pemecahan pragmatis.
b. William O. Stanley
Tokoh ini berpendapat bahwa dalam menetukan sebuah nilai-nilai adalah dari dirinya sendiri atau seorang individu berperan penting dalam menentukan nilai-nilainya.
c. Ernest Bayley
Tokoh ini berpendapat bahwa manusia harus memiliki kecerdasan sehingga dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menyempurnakan dengan lingkungannya. Dengan menggunakan metode-metode seperti metode ilmiah.
d. Lawrence B. Thomas
Tokoh ini berpendapat bahwa dalam mengatasi suatu permasalahan manusia mempunyai cara-cara atau kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang di hadapinya.
e. Frederich .C. Neff
Tokoh ini berpendapat bahwa masa sekarang suatu kebenaran tidak akan benar di masa yang akan datang . Menurutnya aliran progresivisme bukan aliran filsafat yang beridiri dengan sendirinya.
Sekian dan terima kasih.
Semoga bermanfaat.