Mohon tunggu...
Bagus Pradana
Bagus Pradana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Pompa Ban Portable Elektrik

1 Juni 2018   22:52 Diperbarui: 1 Juni 2018   23:26 837
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Latar Belakang Masalah

Kendaraan bermotor menjadi suatu hal yang sudah melekat pada kehidupan seseorang pada zaman sekarang. Kebutuhan akan kendaran menjadi kebutuhan primer bagi penduduk perkotaan bahkan hingga pedesaan. kendaraan bermotor tentunya akan lebih menghemat waktu terhadap tujuan yang ingin hendak di tuju dari pada menggunakan alat transportasi tradisional yang umumnya menggunakan tenaga hewan. 

Kendaraan seperti motor dan mobil menjadi laris terjual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Berbagai komponen yang ada dikendaraan menjadi hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan perlunya perawatan komponen yang ada di kendaraan tersebut. Komponen-komponen seperti mesin, body, hingga ban menjadi hal yang penting dalam perawatan kendaraan.

Perawatan yang sering menjadi masalah di masyarakat adalah perawatan ban. Hal tersebut karena ban membutuhkan supply angin yang secara berkala harus selalu ditambah. Tanpa tekanan angina yang cukup, kendaraan tidak akan dapat digunakan secara maksimal dan bahkan dapat merusak dan mempercepat umur dari ban itu sendiri. 

Masyarakat pengguna kendaraan bermotor umumnya bergantung pada pengusaha tambal ban yang ada di pinggi jalan untuk mengisi ulang tekanan ban mereka. Jadi, setiap beberapa waktu mereka harus meluangkan waktu untuk pergi ke tempat tambal ban. Hal ini memakan waktu yang cukup banyak mengingat aktivitas masyarakat terutama masyarakat perkotaan yang sangat sibuk membuat pergi ke tukang tambal ban menjadi hal cukup merepotkan. 

Belakangan ini terdapat solusi kecil yang dapat membantu untuk meringkan hal tersebut. Solusi tersebut adalah pompa ban portable. Pompa ban portable adalah pompa ban yang digerakkan oleh tenaga manusia untuk mengisi tekanan angin di ban dengan memompa menggunakan tangan naik-turun hingga ban dalam tekanan angina yang cukup.

Hal ini menimbulkan masalah baru Karena tidak semua orang memiliki tenaga yang cukup untuk memompa ban dengan tangannya sendiri mengingat ban kendaraan bermotor membutuhkan tekanan angin yang cukup banyak dan tinggi. Banyak orang mengeluhkan kondisi ini namun mereka tidak memiliki pilihan selain pergi ke tukang tambal ban yang juga memakan waktu untuk pergi kesana.

Berangkat dari hal tersebut, maka penulis mencoba mengembangkan produk pompa ban portable elektrik. Pompa ban portable elektrik merupakan sebuah inovasi dalam bidang pompa ban yang mudah dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan tenaga manusia untuk mengisi tekanan angina atau singkatnya menggunakan pompa tersebut. 

Jadi, pompa ban portable elektrik adalah sebuah inovasi produk yang memudahkan pengguna dalam menggunakaan produk karena tidak menggunakan tenaga manusia dan efisien waktu karena pengguna tidak perlu lagi untuk meluangkan waktu untuk pergi ke tukang tambal ban untuk mengisi tekanan angin. 

Produk ini cukup disambungkan ke listrik, kemudian pasangkan ke ban kendaraan, lalu secara otomatis akan mengisi angina dengan tekanan angina yang ditentukan oleh pengguna sehingga tidak akan membuat ban kelebihan atau kekurangan tekanan angin dan membuat kendaraan dapat digunaka secara makssimal.

BUSINESS MODEL CANVASS

2.1 Value Proposition

 Value proposition merupakan nilai atau value yang kita tawarkan untuk pelanggan. Kelebihan dan keunggulan produk kita dibanding pesaing adalah hal yang harus dituliskan di value proposition. Dalam produk ini, value proposition terletak pada inovasi produk. 

Perubahan pada penggunaan tenaga manusia menjadi tenaga listrik, membuat produk kami memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan produk dan memberikan pengalaman baru dalam mengisi tekanan angin pada ban dengan mudah dan cepat.

2.2 Customer Segmentation

 Customer segments adalah penggolongan orang-orang yang mungkin tertarik dengan value proposition bisnis kita. Para calon pelanggan potensial harus dikenali dan diidentifikasi sehingga memudahkan kita dalam menarget para calon pembeli potensial. 

Segmentasi pelanggan dari produk kami adalah orang-orang baik laki-laki atau perempuan yang secara aktif atau rutin menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor setiap hari. Hal ini untuk memberikan pengalaman baru bagi mereka yang pastinya sudah merasakan berbagai permasalahan klasik mengenai ban yang sudah mereka alami dan mencoba memberikan pengalaman baru yang lebih mudah sehingga manfaat produk kami benar-benar mereka rasakan.

2.3 Customer Relationship

Customer relationship adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer segments. Pada intinya customer relationship merupakan komunikasi atau hubungan yang dijalin kepada para pelanggan dengan harapan para pelanggan akan kembali datang atau paling tidak pelanggan tidak berpaling ke produk competitor. 

Bentuk cutomer relationship dalam produk ini adalah pemberian garansi selama satu tahun pada kerusakan teknis bawaan yang mungkin terjadi. Pelanggan dapat menukarkan secara langsung dengan membawa kartu garansi yang dimiliki. Kami juga akan menyediakan layanan customer service untuk menampung keluhan dan masukan dari pelanggan untuk perbaikan kedepannya.

2.4 Channel

 Pada dasarnya channels adalah cara Anda menjangkau customer. Tidak terbatas pada distribusi, tapi juga hal lainnya yang menyebabkan bisnis Anda dan customer bisa bersentuhan. Kami berusaha menggunakan channel untuk membangun brand awareness produk kami. Kami menggunakan media sosial seperti line, facebook, whatsupp, hingga twitter untuk mengenalkan produk kami kepada masyarakat. 

Cara-cara konvensional juga kami lakukan dengan membagikan brosur-brosur tentang produk kami kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui informasi tentang produk kami. Kami juga melakukan survey pernajual sehingga dapat mengetahui kesan dan pesan yang disampaikan pembeli mengenai produk kami dan akan dijadikan testimoni yang akan meningkatkan kepercayaan bagi calon pembeli lain yang mungkin masih ragu untuk membeli produk kami.

2.5 Key Activity 

Produksi:

  • Mendesain model dari pompa ban portable elektrik
  • Merancang bagian dalam mesin dan kelistrikan produk
  • Menentukan dan memilih vendor yang tepat dan terpercaya
  • Membeli packaging yang akan digunakan
  • Produk yang dilakukan vendor
  • Melakukan quality control setelah produksi
  • Melakukan packaging yang telah dibeli
  • Melakukan penyimpanan barang sebelum dijual

Penjualan:

  • Melakukan promosi melalui media sosial
  • Menerapkan sistem pre order dan ready stock sale
  • Melakukan kegiatan pengiriman barang

Purna Jual

  • Menyediakan layanan customer service
  • Melakukan survey purnajual kepada pembeli
  • Mempublikasi testimony yang diberikan oleh pembeli
  • Menukar produk yang bermasalah dan bergaransi

2.6 Key Resource

Asset Pengetahuan dan Hak paten:

  • Ide desain produk luar
  • Ide desain mesin dan kelistrikan produk
  • Ide desain logo produk

Asset Fisik:

  • Bahan baku produk luar
  • Bahan baku produk mesin dan kelistrikan
  • Packaging produk
  • Kantor penjualan produk

Asset Manusia:

  • Designer produk
  • Tenaga administrasi
  • Tenaga penjual
  • Customer service

Asset financial:

  • Permodalan yang dibutuhkan untuk operasi usaha

2.7 Key Partner

  • Bekerjasama dengan vendor terpercaya
  • Bekerjasama dengan vendor packaging
  • Bekerjasama dengan public infuencer
  • Bekerjasama dengan jasa pengiriman barang

2.8 Cost Strukture

  • Cost untuk produksi vendor
  • Cost untuk pengadaan packaging
  • Cost untuk promosi media sosial
  • Cost untuk penggunaan public influencer
  • Cost untuk operasional kantor
  • Cost untuk pengiriman barang

2.9 Revenue Stream

  • Pendapatan dari usaha ini hanya dari penjualan produk pompa ban portable elektrik

Kesimpulan

Bisnis produk pompa ban portable elektrik ini merupakan produk baru yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga membutuhkan biaya promosi awal yang cukup besar. Namun, dengan potensi pasar yang besar, diyakini bisnis ini mampu bekermbang dengan baik . kemudahan yang ditawarkan oleh produk ini merupakan sebuah kebutuhan yang dinginkan oleh banyak pihak sehingga pengalaman penggunaan produk ini menjadi hal yang dinantikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun