Mohon tunggu...
Bagus Permadi
Bagus Permadi Mohon Tunggu... Pedagang -

pedagang, pembelajar yang suka travelling dan mendongeng untuk ketiga bidadari cantikku

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Omzet Berlipat dengan Fitur Promosi Iklanku di Shopee

3 November 2017   22:25 Diperbarui: 3 November 2017   22:48 31999
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terbesar dan Termurah, Gratis Ongkir se-Indonesia! siapa pembeli yang tidak terkiwir-kiwir (baca: tergoda) lihat tagline yang menggiurkan. Mulai eksekutif muda, mahasiswi bahkan mungkin sampai mbak-mbak abg yang bantu bersihin rumah tetangga sebelah pernah merasakan belanja di Shopee, salah satu pemain marketplace terbesar di Indonesia.

Masih ditambah lagi Jurus Andalan: Garansi harga termurah atau uang balik 2x lipat, berasa konyol kalau kita masih ga belanja disana. Kapan lagi bisa dapetin harga semurah ini, dijamin pula! pasti ini yang ada di sebagian besar otak sang target market. Coba tebak berapa trafik Shopee Indonesia dalam sehari? hasil dari riset sederhana yang saya lakukan kunjungan di Shopee Indonesia mencapai 18.400.000 di bulan September 2017, istimewa. Kira-kira mall mana di Indonesia yang bisa menyamai jumlah kunjungan sebesar ini, hehe.

credit: https://www.similarweb.com
credit: https://www.similarweb.com
atau coba bandingkan kunjungannya dengan jumlah wisata mancanegara yang bertandang ke Indonesia di tahun 2016. Kunjungan setahun ke Indonesia bahkan masih lebih sedikit daripada kunjungan sebulan di Shopee Indonesia, ya walaupun datanya tidak bisa dibandingkan secara apple to apple karena komoditas dan cara berjualannya berbeda, tapi cukuplah untuk memberikan gambaran betapa besar peluang berjualan di Shopee.

credit: http://kbr.id
credit: http://kbr.id
Peluang..?!? iya, disana bukan hanya ada peluang untuk mendapatkan barang dengan harga termurah tapi juga peluang untuk bisa menghasilkan uang. Volume penjualan seller-seller disana luar biasa loh, bocoran nih dari salah seorang seller online yang saya kenal dengan pemiliknya bahkan 2 mobil box JNE tidak cukup untuk mengangkut paket orderan dalam satu kali datang, wedeww ngeri kan. 

Gimana cara mulai berjualan di Shopee Indonesia? nah kali ini kita ga akan bahas hal tersebut karena step by step berjualan di Shopee akan kita bahas di artikel yang berbeda. Kali ini justru saya akan berbagi tips tentang menggunakan fitur iklanku yang merupakan salah satu fitur promosi dari Shopee Indonesia. Fitur ini memang berbayar namun jangan ngeper duluan, karena biayanya akan jauh lebih murah daripada kamu sewa ruko di pelosok kabupaten sekalipun, dan kembalinya pun berpotensi kan berkali-kali lipat.

Simplenya gini, keluar uang Rp 100.000 baliknya bisa 2-3juta, kalau keluar Rp 1.000.000 balik berapa ya?.. mau? yuk lanjutkeun kakak! eh kalau ada uangnya kok jadi makin semangat. Tapi angka-angka diatas adalah ilustrasi ya, bukan berarti pasti. Bisa lebih bisa juga kurang, bergantung dari amal dan kebaikan kita :)

Sampai disini kudu lebih serius ya bacanya, jangan sampai ada yang terlewatkan barang sehurufpun dan pastikan langsung praktek dan share ke teman-teman biar lebih berkah ilmunya. Karena dengan berbagi akan memudahkan terbukanya pintu rejeki. Inspirasi tulisan ini saya dapatkan saat saya mengikuti acara Ngupee bersama Shopee, alias acara Ngumpul Seller Shopee di Surabaya pada 28 Oktober 2017 lalu.

Yang Perlu Dipersiapkan, untuk menggunakan fitur iklanku maka anda harus memiliki akun di shopee Indonesia, bila anda belum memilikinya silakan membuat akunnya terlebih dahulu dan sekaligus atur akun anda sebagai penjual disana.

halaman login seller shopee
halaman login seller shopee
cara akses fitur iklanku, login melalui akun anda dan selanjutnya >> klik Promosiku (di beranda seller shopee) >> klik Iklanku (di ikon paling kiri)

promosiku-shopee-59fc8584a208c01a9a68e174.jpg
promosiku-shopee-59fc8584a208c01a9a68e174.jpg
iklanku-shopee-59fc85c4a208c02319383112.jpg
iklanku-shopee-59fc85c4a208c02319383112.jpg
Aturan main fitur iklanku, anda bebas memilih produk mana yang akan diiklankan melalui fitur iklanku. Produk yang anda pilih akan dimunculkan pada kategori pencarian Terkait dan sifatnya berbayar hanya jika produk tersebut di-klik oleh pengunjung dan tidak berbayar jika hanya dilihat (tanpa klik).

iklan muncul pada kategori Terkait
iklan muncul pada kategori Terkait
cara membeli saldo iklan, sebelum iklan anda berjalan maka anda perlu mengisi saldo iklanku terlebih dahulu, pengisian bisa dilakukan melalui top up saldo mulai dari 20ribu rupiah hingga 1juta rupiah. Saran saya isi saldo mulai dari nominal kecil (bisa 20ribu atau 50ribu) dan atur budget iklan secara bertahap sambil anda mempelajari pola beriklan menggunakan iklanku, seiring dengan anda merasakan manfaat kenaikan pada penjualan produk anda, silakan tambah budget iklan.

saldo-iklan-shopee-59fc883874bbb040f15e7382.jpg
saldo-iklan-shopee-59fc883874bbb040f15e7382.jpg
cara pasang iklan, klik iklan baru >> pilih satu produk yang akan diiklankan >> klik Langkah Selanjutnya >> pilih kata kunci untuk produk anda >> pilih budget iklan (tanpa batas atau langsung masukkan berupa nominal) >> pilih periode (tanpa batas atau tetapkan tanggal mulai dan selesai)

iklan-baru-shopee-seller-59fc88931774da13e23f1c82.jpg
iklan-baru-shopee-seller-59fc88931774da13e23f1c82.jpg
Tips dan trik Iklanku dari para seller Shopee
  1. gunakan semua kata kunci yang direkomendasikan, selama masih relevan dengan produk anda
  2. pasang bid iklan mulai dari angka kecil (sesuai rekomendasi) dan naikkan bertahap sambil evaluasi posisi iklan anda, targetnya adalah produk anda muncul di posisi paling atas. Bila anda belum mendapatkan posisi terbaik bisa jadi budget iklan anda kurang, naikkan secara bertahap.
  3. Lakukan evaluasi tiap minggu, bila tren penjualan anda meningkat maka naikkan budget bila masih stagnan coba telusuri mungkin kata kunci anda ada yang kurang tepat, hapus yang tidak relevan dan tambahkan bila ada kata kunci baru yang menurut anda sesuai.
  4. pilih hari tidak terbatas dan modal tidak terbatas agar memudahkan anda untuk evaluasi, namun untuk mengantisipasi agar anda tidak kebobolan budget iklan berlebih maka isi saldo secukupnya. Namun bila anda masih ragu karena baru memulai pertama kali, maka silakan set budget maksimal iklan
  5. seringlah melakukan evaluasi (tes dan ukur) untuk mendapatkan performa iklan terbaik

Selanjutnya silakan anda berimprovisasi, karena strategi beriklan, budget, kata kunci kembali lagi ke masing-masing produk, dan keberhasilan juga tergantung pada the man behind the gun. Bila ada yang kurang jelas silakan langsung tulis di kolom komentar, saya belum tentu juga dapat memberikan solusi, tapi disini kita bisa mendiskusikan cara yang tepat untuk mendapatkan iklan yang potensial. Selamat menggunakan fitur iklanku dan happy selling :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun