Mohon tunggu...
Bagas Sandi Widyatmoko
Bagas Sandi Widyatmoko Mohon Tunggu... Lainnya - Bagas Sandi Widyatmoko

hobi makan dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pandemi terhadap UMKM Sektor Kuliner

10 Desember 2021   16:55 Diperbarui: 10 Desember 2021   16:58 588
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

 

Heru, selaku karyawan Hisana Fried Chicken saat sedang di wawancara, Kamis (9/12/2021).

Sebagian Pelaku usaha, masih belum mengetahui kapan pandemi Covid-19 ini berakhir, penjual ayam goreng ( Hisana Fried Chicken) contohnya.

Indonesia khas dengan Negara yang mempunyai banyak varian kuliner. Karena makan juga merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Pada umumnya masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengkonsumsi nasi beserta lauk pauknya dalam satu kali makan yang diperoleh dengan cara memasak sendiri. Ayam goreng beserta nasi putih menjadi salah satu menu favorit di Indonesia. Ayam goreng adalah salah satu makanan yang paling terkenal serta simple dan menjadi favorit di seluruh dunia.

 

Di Indonesia sendiri, ayam goreng merupakan sebuah masakan yang berbahan dasar dari potongan  ayam yang dibumbui dengan berbagai macam rempah yang kemudian digoreng. Pada dasarnya, Ayam goreng ala Indonesia adalah salah satu yang paling berbeda dibandingkan ayam goreng di negara negara lainnya. Di Indonesia sendiri pasar dari ayam goreng dengan balutan tepung ini dikuasai oleh beberapa rantai franchise besar, seperti KFC, McDonald's, A&W serta berbagai restoran fast food. Dintara berbagai brand makanan penyaji ayam goreng tersebut, muncul sebuah brand local yang juga tidak kalah suksesnya, yaitu Hisana Fried Chicken (HFC).

Namun seiring dengan perubahan zaman, kegiatan masyarakat saat ini semakin padat sehingga membuat mereka tidak sempat lagi untuk memasak sendiri menu tersebut. Hal ini membuat masyarakat lebih memilih alternatif lain dengan membeli menu ayam goreng siap saji. Selain lebih praktis dan cepat, ayam goreng siap saji juga memiliki ciri khas rasa yang enak sesuai dengan selera kebanyakan orang pada umumnya.

 

Heru merupakan karyawan yang sudah bekerja selama 7 tahun di HFC, Untuk outlet HFC cabang priok ini sudah berdiri sekitar 8 tahunan.

 

" saat pandemi seperti ini penjualan semakin menurun yang semula omset bisa Rp3.500.000 sehari sekarang hanya sekitar Rp 2.000.000 untuk perharinya, dikarenakan sepinya pembeli" ujar Heru selaku karyawan HFC.

 

Selain Heru masih terdapat 2 karyawan lagi yang bekerja di HFC outlet priok, namun jam kerja mereka pun berbeda -- beda, ada yang dari pagi hingga siang dan sore hingga malam.

 

" untuk HFC outlet priok ini buka pagi sekitar jam 6 hingga tutup sekitar jam 9 malam, untuk menu disini ada ayam goreng, nugget, kentang goreng, dan tahu" ujar Heru selaku karyawan HFC.

 

" outlet kami juga sudah bisa memesan dengan aplikasi online, seperti di GoFood dan juga GrabFood, dan untuk lokasi outlet kami berada di Jl swasembada barat 21 no 56, tanjung priok, Jakarta utara" ujar Heru selaku karyawan HFC.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun