Mohon tunggu...
Badrul Jannah
Badrul Jannah Mohon Tunggu... Guru - gpai sdn Sukolio Barat 2

Hobby Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri Modul 3.2 - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3 Mei 2023   04:58 Diperbarui: 3 Mei 2023   04:59 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.2.a.3. Mulai dari diri

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Menjawab soal

  • Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
    Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Bagian-bagian yang ada di sekolah sebagai bagian dari ekosistem dipengaruhi oleh dua faktor yaitu biotik dan antibiotik. Dimana faktor biotik itu terdiri dari semua unsur makhluk hidup yang ada di sekolah seperti kepala sekolah guru murid operator orang tua komite sekolah dan sebagainya.

Sedangkan faktor abiotik terdiri dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti laptop spidol ATK gedung sekolah dan lain sebagainya.

Kedua faktor tersebut akan saling mempengaruhi dan memiliki keterkaitan satu sama lainnya

  • Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
    Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya yang ada di sekolah ada 2:

Yaitu biotik dan abiotik, kedua-duanya dapat dimanfaatkan asal dikelola dengan baik titik faktor biotik itu terdiri dari semua unsur makhluk hidup yang ada di sekolah tersebut seperti kepala sekolah guru murid petugas tu operator orang tua komite dan lain sebagainya.

Faktor abiotik terdiri dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti laptop printer papan tulis spidol Atika gedung sekolah dan lain sebagainya.

Antara biotik dan abiotik ada hubungan timbal balik keduanya yang tidak bisa dipisahkan Tetapi ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi sumber daya di ekosistem sekolah diantaranya cara atau metode mengajar yang digunakan oleh guru atau pendidik, kurikulum, cara berinteraksi guru dan murid, cara berhubungan murid dengan murid peraturan sekolah yang ditetapkan dan diterapkan serta materi ajar yang disampaikan guru terhadap murid-muridnya.

  • Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
    Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah yaitu sosok pemimpin yang mampu menggerakkan orang lain atau bergerak bersinergi merealisasikan visi dan misi yang telah dibuat titik Kemudian beliau selalu mengakomodir setiap aspirasi dari anak buah atau guru-guru dan selanjutnya mampu memunculkan ide kreatif dan inovatif untuk memajukan institusi yang dipimpinnya. Yang memiliki pandangan yang tidak hanya berkutik di tempat agar kami sudah beberapa langkah maju ke depan dengan pedoman yang telah dipegang Sebagai panduan dalam melakukan suatu kebijakan.

Pemimpin yang demikian akan berusaha untuk mengenal lebih dalam tentang karakter yang dimiliki anak buahnya hal yang Boleh diingat dari seseorang pemimpin tersebut yaitu terkait dengan perannya diekosistem sekolah serta pelibatan / pemanfaatan sumber daya yang ada adalah harus mengelola su. Ber daya sekolah serta bisa memastikan bahwa semua kebutuhan kebutuhan guru yangbterkait dengan proses pembelajaran harus tersedia dan memadai kelengkapan sarana prasarana, fasilitas serta peningkatan kompetensi guru juga harus menjadi perhatian serius.

  • Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Menurut saya sosok pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang cerdas bijaksana peka terhadap hal-hal sekitar mampu berpikir luas memiliki ide-ide yang cemerlang mengayomi perinisiatif bertanggung jawab menanggung resiko dari Setiap keputusan yang diambil, memiliki keteladanan serta bisa dipercaya serta jujur. Peran pemimpin yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin dalam mengelola sumber daya tersebut adalah seorang kepala sekolah harus bisa memastikan bahwa semua kebutuhan guru yang terkait dengan proses pembelajaran harus tersedia dan memadai kelengkapan sarana prasarana, fasilitas serta peningkatan kompetensi guru juga harus menjadi perhatian serius

  • Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
    Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi saya dalam ekosistem sekolah adalah seorang sebagai guru bertugas mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa. Namun guru dituntut juga untuk mendidik menuntun membimbing para siswa guna menemukan kemandirian. Mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga di kemudian hari para siswa bisa menjadi generasi yang berguna baik bagi keluarga agama, nusa dan bangsa. Selain itu Posisi saya juga sebagai guru Pendidikan Agama Islam harus turut serta mengelola sumber daya di sekolah baik biotik dan abiotik yang keduanya harus Selaras karena merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan

  • Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri

Murid

Sekolah

Harapan saya ke depan Setelah mempelajari modul 3.2 ini:

Diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang ada di sekolah mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya memanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin.

murid:

Adanya perubahan yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah sehingga kemanfaatannya dapat dirasakan secara utuh dan maksimal oleh murid.

Sekolah:

Mampu mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal, mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah dan mampu mengenali isi sejauh mana potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah

  • Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Setelah mempelajari modul 3.2 Saya harap dapat menambah wawasan, pengetahuan saya terkait materi Bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengelola sumber daya yang ada di sekolah secara maksimal, efektif efisien sehingga mampu meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dan memuaskan banyak pihak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun