Mohon tunggu...
Herman Wahyudhi
Herman Wahyudhi Mohon Tunggu... Insinyur - PNS, Traveller, Numismatik, dan Pelahap Bermacam Buku

Semakin banyak tahu semakin tahu bahwa banyak yang kita tidak tahu. Terus belajar, belajar, dan belajar.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Honda Vario 150 eSP, Skutik Terbaik dan Sempurna

5 Mei 2016   22:40 Diperbarui: 5 Mei 2016   23:05 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada 14 Januari 2015, Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sebuah motor skuter matik (skutik) dengan kapasitas mesin 150 cc dengan body elegan, yakni sepeda motor Honda Vario 150 eSP.  Motor ini menjadi varian terbaru dari keluarga Honda Vario, yang sebelumnya memiliki mesin berkapasitas 110 cc dan 125 cc.    Honda Vario 150 eSP ini merupakan skutik berkapasitas mesin 150 cc pertama yang diproduksi di Indonesia.

Meski baru diluncurkan Honda Vario 150 eSP langsung mencuri perhatian para pencinta skutik di tanah air.  Langsung menjadi raising star yang dan melampaui para kompetitor yang lebih dulu hadir.  Bahkan sepanjang tahun 2015 menurut data penjaualan sepeda motor dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Honda Vario 150 eSP mencatat penjualan keempat terbesar dengan jumlah 487.975 unit.   Sementara di peringkat satu dan dua masih dipegang oleh saudara tua, Honda Beat eSP Spoty (1.596.302 unit) dan Honda Vario 125 eSP (634.722)

Meski penjualan sepeda motor sepanjang kuartal I (Januari-Maret) 2016 melemah, sebaliknya pangsa pasar motor skutik Honda Vario justru naik.  Di tiga bulan pertama 2016, Honda Vario sudah terjual sebanyak 343.292 unit.  Jumlah tersebut naik 3,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari grafik dibawah  terlihat bahwa Honda menguasai 76,90 persen pasaran skutik sehingga harga jual kembalinya pun lebih tinggi dibanding dengan motor merk lain (sumber data: AISI

Grafik Penjualan Skutik 2015 (sumber data: AISI)

Di tengah kondisi pasar sepeda motor nasional yang terus melemah pada awal tahun ini, penjualan skutik Honda tetap tumbuh.  Honda Vario series menjadi salah satu penopang utama penjualan skutik Honda. Sejak kehadirannya sebagai skutik Honda pertama di Indonesia pada 2006, model ini terus mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hingga akhir tahun lalu, Honda Vario series telah menjadi pilihan 6.585.048 konsumen.

Pertanyaannya : Mengapa Honda Vario eSP 150 cc begitu diminati oleh masyarakat Indonesia?

Ada pepatah lama, tak kenal maka tak sayang.   We love Honda karena tahu kelebihan-kelebihan  teknologi yang ditanamkan sehingga membuat HondaVario 150 Sempurna.

Pertama, adalah teknologi eSP yang disematkan pada Honda Vario 150 cc.   Maka bukan tanpa alasan emblem eSP disandangkan pada bodi Honda Vario.   Lalu apa sih eSP itu?

honda-01-572b5facf49673600577fa29.jpg
honda-01-572b5facf49673600577fa29.jpg
Teknologi eSP (sumber: Kabare Honda. Edisi 37/Tahun XI)

ESP adalah singkatan dari Enchanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga.     Dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan.     Maka tak heran jika pada  ajang penghargaan Otomotif Award 2015, PT AHM berhasil memperoleh gelar mesin sepeda motor terbaiknya pada penghargaan tersebut karena teknologi eSP yang telah ditanamkan pada sepeda motor Honda.   

  • Alternating Current Generator (ACG) Starter yang membuat suara lebih halus pada saat mesin dihidupkan.  ACG adalah sistem pintar yang menggabungkan starter dan generator secaraa bersamaan, membantu menghidupkan mesin tanpa suara. Tanpa menggunakan dinamo starter, sepeda motor jadi lebih ringan dan konsumsi bahan bakar lebih efisien

acg-starter-01-572b5f80709773380f75bee5.gif
acg-starter-01-572b5f80709773380f75bee5.gif
AGC Starter (sumber: Kabare Honda. Edisi 37/Tahun XI)
  • Teknologi PGM-Fi adalah teknologi yang ramah lingkungan, karena mampu menekan dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Hal ini menyesuaikan dengan standar pemerintah Indonesia yang mulai menerapkan pada kendaraan bermotor roda 2 sesuai Standar Euro 3. PGM-Fi sendiri singkatan dari Programmable Fuel Injection yang bekerja secara elektronik sebagai sistem suplai bahan bakar yang artinya sistem terprogram untuk memasok BBM dan oksigen sesuai kebutuhan mesin dengan perhitungan yang tepat dan akurat sehingga mampu menghasilkan tenaga yang responsif dan irit bahan bakar juga ramah lingkungan.  Teknologi PGM-Fi sudah menjadi standar motor keluaran Honda terbaru.

pgm-01-572b5f5007b0bd1e088842e4.gif
pgm-01-572b5f5007b0bd1e088842e4.gif
PGM FI (sumber: www.astramotor.co.id)
  • Menggunakan teknologi Combine Brake System (CBS).   Honda Vario memiliki rem depan menggunak cakram hidrolik, dengan piston tunggal.  Sedangkan untuk rem belakang, digunakan tromol – sistem pengereman CBS.

cbs-01-572b5ed68223bd7708100228.gif
cbs-01-572b5ed68223bd7708100228.gif
Combine Brake System (foto: www.welovehonda.com)
  • Idling Stop System (ISS).    Tombol ISS, saat diposisikan pada Idling Stop maka mesin otomatis akan mati ketika berhenti lebih dari 3 detik.   Cocok untuk lalu lintas perkotaan yang banyak terdapat lampu pengatur lalu lintas.  Sebentar-sebentar berhenti.  Selain boros bahan bakar juga cape deh…… Teknologi ISS membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.  Untuk menyalakannya tinggal tancap gar.  Brrrmmmm….. langsung melesat di tengah kemacaten lalu lintas.   Tapi ingat-ingat, kalau standar samping diturunkan maka otomatis mesin tidak akan menyala.   Untuk menyalakan standar samping harus dinaikkan dan harus mengunakan tombol starter. 

iss-01-572b5e92f49673340577fa34.gif
iss-01-572b5e92f49673340577fa34.gif
Idling Stop System (sumber: Kabare Honda. Edisi 37/Tahun XI)

Kedua,Desain baru premium yang sporty, tajam dan futuristik.

dimensi-01-572b5e61b69373c90e06996b.gif
dimensi-01-572b5e61b69373c90e06996b.gif
Dimensi Honda Vario 150 eSP (sumber: www.welovehonda.com)

Honda Vario 150 ESP hadir dengan desain baru yang tampak lebih besar dibandingkan pendahulunya. Diatas kertas motor ini memiliki dimensi panjang 1.921 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.096 mm, dan memiliki berat kosong sekitar 109 kilogram.   Jika ditilik memang dimensi dan berat Honda Vario 150 eSP ini sama dengan versi 125 eSP.  

High Clearance Honda Vario meningkat menjadi 135 mm sehingga aman digunakan saat menerjang banjir atau jalan berlubang terutama di musim hujan saat ini.  Apalagi di Indonesia banyak ditemui police trap (polisi tidur) yang tinggi yang tidak standard dan membahayakan pengemudi motor.  

Selain itu penampilan Honda Vario 150 eSP semakin keren sekaligus garang dengan adanya Dual Keen Eyes Headlight – lampu depan menggunakan LED, lebih terang 90% dari lampu biasa dan lebih hemat.     Dilengkapi dengan clear lens dan multireflektor.    Pemakaian lampu headlight terbaru tersebut akan memberikan sorotan cahaya lebih terang dan lebih hemat daya sehingga penggunanya bisa tetap nyaman berkendara di malam hari maupun disiang hari.   

dual-keen-eyes-headlight-572b5e3f07b0bd86088842cb.jpg
dual-keen-eyes-headlight-572b5e3f07b0bd86088842cb.jpg
Dual Keen Headlight (sumber: www.welovehonda.com)

Dual Keen Eyes Headlight membuat Honda Vario 150 eSP  terkesan sebagai salah satu motor skutik berkelas premium.

lampu-belakang-vario-150-esp-572b3f3f8623bda50e44eb96.png
lampu-belakang-vario-150-esp-572b3f3f8623bda50e44eb96.png
Lampu Belakang (sumber: www.welovehonda.com)

Desain baru pada lampu belakang ini membuat Honda Vario 150 eSP tampil lebih modern dan sportif dengan garis tajam yang dilengkapi dengan multireflektor yang dapat memberikan cahaya yang terang namun tidak mengganggu bagi pengendara lain di belakang dan samping.  Jadi selain pengguna aman, pengendara lain pun aman.   Memang desain motor Honda selain memikirkan kenyamanan pengguna juga memikirkan keselamatan orang lain di sekitarya.   Di jalanan, banyak kita lihat motor modifikasi memasang lampu reflektor tidak standar sehingga justru pengendara di belakangnya silau dan akhirnya terjadi kecelakaan lalu lintas.

feat-panel-meter-01-572b3eb58223bd6b07100231.gif
feat-panel-meter-01-572b3eb58223bd6b07100231.gif
Panel Meter Futuristik (sumber: www.welovehonda.com)

Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi panel meter dengan desain elegan dan indikator fungsional yang lengkap. Panel meter ini memiliki konfigurasi yang jelas, mudah dipantau, tampil keren dan informatif.    Jadi pengguna pemula pun mudah untuk membaca indikator yang ditampilkan.   

Ketiga, Kapasitas mesin 150 cc dengan pendingin cairan serta performa mesin. 

Mesin yang dipakainya merupakan mesin bertipe 4 langkah SOHC dengan teknologi pendingin cair, yang terbuki mampu menghasilkan top speed 102 km/jam.  Selain itu Hionda Vario 150 eSP menampilkan performa terbaik untuk kelas matic dengan akselerasi 11,94 detik pada jarak 0-200 m.  Untuk urusan performa mesin tak perlu diragukan lagi, karena motor skutik ini mampu menghasilkan torsi maksimum 5.000 rpm dan daya maksimum mencapai 8.500 rpm, sehingga akan lebih gesit saat digeber di jalan raya

header-engine-esp-01-572b3e6372937331090d52fd.gif
header-engine-esp-01-572b3e6372937331090d52fd.gif
Mesin eSP Honda Vario 150 (sumber: www.welovehonda.com)

Sistem pendingin cairan bertujuan untuk membuang panas yang berlebih dan menjaga mesin agar temperaturnya tetap stabil.   Cairan pendingin juga bisa menghangatkan secara cepat dari start dingin atau menjaga mesin pada suhu operasi yang paling efisien dalam berbagai kecepatan dan segala kondisi operasi.

Keempat, Irit bahan bakar dengan 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 52.9 kilometer (untuk standar euro 2) dan 48 kilometer (untuk standr euro 3).


kecepatan-honda-01-572b3df07293734c090d52ff.gif
kecepatan-honda-01-572b3df07293734c090d52ff.gif
Performa Honda Vario 150 eSP (sumber: welovehonda.com)

Efesiensi bahan bakar menjadi kelebihan yang ditonjolkan Honda pada motor terbarunya. Hal ini tak lepas dari penggunaan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang memungkinkan efesiensi pembakaran dan mengurangi energi yang terbuang. Sehingga otomotis membuat Vario 150 eSP memiliki efesiensi bahan bakar lebih baik, dan peforma tetap cepat saat dibawa berkendara.

Tak sampai disitu saja, Vario 150 eSP juga dilengkapi fitur Idling Stop System (ISS) serta Combine Brake System (CBS) yang meningkatkan efesensi pembakaran agar semakin irit. Tak heran apabila banyak orang yang mengatakan bahwa Honda Vario 150 eSP merupakan sepeda motor skutik paling irit saat ini.  Nanti akan kita bahas apa itu ISS dan CBS.  Sabar ya……

Kemudian untuk urusan bahan bakar, sudah ada tangki berkapasitas 5.5 liter yang siap menampung bahan bakar jenis pertamax.  Jika satu liter bisa digunakan untuk menempuh jarak 52.9 kilometer.  Dengan kata lain 1 liter dapat menempuh perjalanan Bandung – Garut.   Maka dengan kapasitas tangki penuh (full tank) dapat menempuh jarak 290,95 km atau sama dengan jarak Jakarta – Bandung pulang pergi.   Tapi ingat tetap bekendaraan dengan aman ya bro n sis….

elima, ramah lingkungan sesuai dengan standar emisi Euro 3.

Selain itu, teknologi ESP pada Vario 150 juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah karena telah sesuai dengan standar emisi Euro 3.   Stadard ini dikeluarkan oleh UN-ECE (United Nation – Economic Commission for Europe).  Khusus untuk regulasi gas buang, acuan yang banyak dipakai adalah regulasi menggunakan baku mutu Euro.   Untuk sepeda motor yang diterapkan adalah UN-ERE40

Honda sendiri memiliki kapasitas 149,3 cc (yang dibulatkan menjadi 150 cc) sehingga standar emisi Euro 3 yang harus dipenuhi untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin dibawah 150 cc untuk kadar  karbon monoksida (CO) sebesar 2,0 gram/km, kadar Hidrokarbon (HC) sebesar 0,8 gram/km dan untuk kadar Nitrogen Oksida (NOx) maksimal 0.15 gram/km,

Itu saja?  Wah, masih banyakgan fitur-fitur unggulan Honda Vario eSP 150 cc ini.  

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari teknologi eSP yang ada pada Honda Vario 150 ini:

Answer Back System – hanya dengan menekan tombol pada remote kunci maka motor akan memberi respons suara dan lampu sein akan menyala. Fitur ini mempermudah proses pencarian motor pada parkiran.  Saya sendiri kadang harus memfoto dengan kamera handphone agar tidak lupa lokasi motor.   Dengan adanya Answer Back System sudah tidak repot lagi.   Sinyal antar remote ke motor radius berjarak sekitar 30 meter bahkan lebih, tergantung dari kondisi lingkungan parkir motor.    Nada suara bisa diatur kok.  Silent modejuga bisa (hanya lampu sein yang meyala).  Tapi getar tidak bisa ya, memangnya handphone xixixixi…….

remote-572b3da4709773290e75bed7.gif
remote-572b3da4709773290e75bed7.gif
Answer Back System (sumber: welovehonda.com)

Nah bagaimana kalau kalau  remote Answer Back System rusak atau hilang? 

Hubungi AHASS (Bengkel Resmi Motor Honda) untuk melakukan pembelian remoteAnswer Back System terdekat dengan cara memesannya terlebih dahulu. Selalu ingat agar pembelian spare part Honda dilakukan di bengkel resmi (AHASS) agar spare part yang anda dapatkan terjamin keasliannya.

Jangan lupa memberikan Foto copy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hal ini diberikan agar tidak terjadi kesalahan pada saat pemesanan remote Answer Back System.  Serta memberikan tanda jadi sebesar 50%.  Pembelian Answer Back System tidak bisa dipindah tangankan karena itu diperlukan tanda jadi 50%.

Ban depan dan belakang sudah tubeless. Ban tubeless ditanamkan pada skutik Honda terbaru ini agar dapat menambah kenyamanan saat berkendara. Jadi jangan khawatir adanya ban kempis di tengah jalan karena ranjau paku.  Apalagi di saat malam dan keadaan sepi.  Tetap tenang sambil mencari bengkel terdekat atau keramaian.    Selain itu Honda Vario 150 eSP terdapat desain spakbor kolong dan velg terbaru.

aggresive-wheel-383x387-572b3579709773220e75bed0.jpg
aggresive-wheel-383x387-572b3579709773220e75bed0.jpg
Velg Mode; Baru (sumber: www.welovehonda.com)

Sebentar……sebentar.    Sebelum panjang lebar, satu pertanyaaan penting lainnya : apakah Honda Vario 150 eSP cocok digunakan kaum hawa?

Tentu saja.   Dibandingkan model Honda Vario 125 PGM-FI yang laris dan digemari kaum hawa (bobot 112 kg), bobot Honda Vario eSP 150 justru lebih ringan.    Honda Vario eSP 150 memiliki bobot 109 Kg.  Sehingga otomatis akan membuatnya lebih lincah saat sobat ajak bermanuver di jalan raya.  Cocok untuk dibawa belanja ke Tanah Abang untuk membeli pakaian menjelang bulan Ramadhan.    Selain irit juga bisa menampung banyak barang.

  • Bagasi motor dapat menampung beban sampai 18 liter dan dapat menampung helm.  Jadi kalau ibu-ibu atau sis punya banyak belanjaan dapat ditaruh dibegasi (helmnya dipakai ya biar aman dalam berlalu lintas).   Nah kalau di bagasi motor tidak muat, belanjaan bisa di letakkan dek depan pengemudi.  Cocok karena lantainya lapang dan rata.

ubox-572b35467293735d0a0d52b6.jpg
ubox-572b35467293735d0a0d52b6.jpg
Bagasi Motor (sumber: www.welovehonda.com)
  • Jok lebih nyaman & empuk.  Sehingga menempuh perjalanan jauh tidak begitu melelahkan.   Terhindar dari P4 (pantat panas dan pinggul pegal).  Berboncengan juga asyik-asyik aja.
  • Secure Key Shutter. Sistem pengunci ganda dengan tuas pengaman bermagnet. Perlindungan ekstra dari resiko pencurian.  Belanja di pasar pun jadi jauh dari rasa waswas takut motor digondol maling.

secure-key-shutter-572b34e46c7e6169096ae47f.png
secure-key-shutter-572b34e46c7e6169096ae47f.png
Secure Key Shutter (sumber: www.welovehonda.com)
  • Honda Vario 150 dilengkapi fitur standar samping otomatis serta brake lock untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan.  Standar samping otomatis ini dilengkapi dengan saklar pemutus arus listrik. Dengan menggunakan fitur Side Stand Switch maka mesin motor akan mati secara otomatis apabila standar samping diturunkan dan tidak dapat dihidupkan apabila standar samping belum dinaikkan.     Banyak kejadian pengemudi menjalankan motor naming lupa menaikan standar.   Dangerous and don’t try at home.

side-stand-switch-vario-150-esp-572b34b1f1927339099f6b52.png
side-stand-switch-vario-150-esp-572b34b1f1927339099f6b52.png
Standar Samping (sumber: www.welovehonda.com)
  • Honda Vario 150 eSP juga menggunakan desain knalpot baru dengan pelindung panas yang berfungsi untuk menghindari resiko pembonceng dari panas knalpot.
  • Honda Vario 150 eSP bisa digunakan untuk perjalanan jauh keluar kota, ngojek, antar jemput anak sekolah, ke kampus, jalan-jalan ke mall, belanja ke pasar, pulang pergi ke kantor, dan kegiatan mobilitas lainnya. 

Apalagi kelebihan Honda Vario eSP 150? He..he…he… makin penasaran yabro n sis. Honda Vario eSP 150 memiliki lima pilihan warna yang disesuaikan dengan selera penggunanya.

pilihan-honda-01-572b29878223bd1807100210.gif
pilihan-honda-01-572b29878223bd1807100210.gif
Lima PIlihan Warna (sumber: www,welovehonda.com)

Bagi teman-teman yang tertarik membeli versi Exclusive harusmengeluarkan uang sekitar Rp 20.200.000. Untuk warnanya, honda telahmenyediakan 2 pilihan warna, yaitu Matte Black, dan Pearl White yang keduanyasama-sama terlihat premium walaupun hanya memiliki satu warna monotone.Kemudian untuk Harga Honda Vario 150 ESP Sporty dibanderol lebih murah, denganharga sekitar Rp 20.050.000, dan disediakan 3 pilihan warna yang tediri dariTitanium Black, Sonic White Blue, dan Bionic Red. Perbedaan antara 2 versitersebut hanya terletak pada warna dan desain streapingnya, jadi lebih baikmembeli versi Sporty apabila tak ingin terlalu mengeluarkan banyak uang.

Apalagi keunggulan Honda Vario 150 eSP?

Ada banyak asesoris yang bisa disematkan untuk membuattongkrongan Honda Vario 150 eSP menjadi lebih premium dan futuristik.   Membuat tampilan Honda Vario 150 sempurna.

asesoris-01-572b26f72e97738207976cd7.gif
asesoris-01-572b26f72e97738207976cd7.gif
Asesoris Honda Vario 150 eSP (sumber : www.welovehonda.com)

Masih ada lagi keunggulan Honda Vario 150 cc eSP dibandingkanmotor lain? 

Masih banyak bro n sis…..  Salah satunya adalah layanan penjualan, pemeliharaan dan purnajual Hondalengkap.  Tersebar di seluruh Indonesia.  Dijamin barang yang dijual berkualitas danasli.    Tersebar di seluruh wilayahIndonesia (lihat tabel di bawah).

honda-dealer-572b26b9717a61c40df811b1.gif
honda-dealer-572b26b9717a61c40df811b1.gif
Honda Motorcycle Network (sumber : www.welovehonda.com)

Selain itu terdapat 250 outlet layanan sepeda motor Honda, 350 bengkel mitra binaan yang siap melayani jutaan pengguna sepeda motor Honda di Indonesia dengan baik.

Masih ada keunggulan lainnya?  Masih banyak, tapi lebih detilnya lebih baik datang langsung ke dealer atau showroom resmi Honda Vario eSP 150.

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi Honda Customer Care melalui

Telp : 1-500-989

SMS : 08119500989

Email : customercare@astra-honda.com

PT Astra Honda Motor, perusahaan yang menjalankan fungsi produksi, penjualan dan pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan pelanggan dan memiliki :

Visi :Menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan cara merealisasikan mimpi dan menciptakan kegembiraan para pelanggan serta berkontribusi bagi masyarakat Indonesia

Misi :Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik

One Heart.  One Soul.  One Choice. One for me……

kutipan-inujma-01-572b25ffae7a613207998bea.gif
kutipan-inujma-01-572b25ffae7a613207998bea.gif
Kutupan Toshiyuki Inama (foto : otomotif.liputan6.com)

Biar tidak penasaran, bisa juga lihat penampakan di video ini ya teman-teman……


Sumber pustaka :

http://www.welovehonda.com

http://www.astramotor.co.id

Kabare Honda. Edisi 37/Tahun XI (Maret – Meo 2015)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun