Kerabat Kompasiana yang budiman dan yang berbahagia, lanjutan dari artikel kami sebelumnya. Kami lanjutkan pembahasan tentang mengenai tujuan dan prinsip-prinsip pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purwokerto,
Pelaksanaan program literasi SMA Negeri 3 Purwokerto dilakukan dalam berbagai tahapan kegiatan sebagai berikut :
Tahap Pembiasaan
Tujuan kegiatan literasi di tahap pembiasaan yakni dengan membaca dalam hati dan juga dilafalkan.
Secara umum, kegiatan membaca ini memiliki tujuan untuk,
- Meningkatkan rasa untuk cinta baca di dalam atau luar pembelajaran
- Meningkatkan kemampuan untuk memahami sebuah bacaan
- Meningkatkan rasa kepercayaan diri sebagai seorang pembaca yang bijak dan cerdas
Dalam kegiatan membaca ini didukung oleh penumbuhan budaya literasi sekolah yang baik dan tersistem. Dalam tahap pembiasaan ini, budaya literasi sekolah diarahkan kepada pengadaan dan pengembangan fisik pendukung, seperti:
- Buku-buku pelajaran dan non pelajaran bisa berupa novel, kumpulan cerpen, buku ilmiah populer, majalah, komik, dan sebagainya
- Diadakannya sudut-sudut  baca dikelas untuk tempat koleksi bahan bacaan dan papan majalah dinding kelas
- Banner dan poster yang isinya berupa ajakan serta motivasi pentingnya membaca bagi seluruh sivitas akademika SMA Negeri 3 Purwokerto
Tahap Pengembangan
Tujuan kegiatan literasi di tahap pengembangan ini sifatnya sebagai tindak lanjut dari tahap pembiasaan, kegiatan membaca di tahap pengembangan diperkuat oleh berbagai kegiatan tindak lanjut yang memiliki arah dan tujuan untuk :Â
- Mengasah kemampuan peserta didik dalam menanggapi buku bacaan secara lisan dan tulisan
- Membangun interaksi antar peserta didik dan antara peserta didik dengan guru untuk buku yang dibaca
- Mengasah kemampuan peserta didik untuk selalu berpikir kritis, analitis, kreatif, dan inovatif
- Dan mendorong peserta didik untuk selalu mencari keterkaitan antara buku yang dibaca dengan kondisi dan keadaan lingkungan sekitarnya.Â