Mohon tunggu...
Azzahra Tifanny
Azzahra Tifanny Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hai everyone, I'm Zahra a student at one of the private universities in indonesia. my writing skills make me love to write articles with the aim of not only being useful for myself, but also for others. so, welcome to my blog.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Profil Perusahaan PT. Indofood Hingga Laporan Akhir Tahun Tercatat

23 November 2024   19:00 Diperbarui: 23 November 2024   22:08 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Gambar 1.1) sumber : laporan tahunan Pt. Indofood

PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1990, Indofood dikenal sebagai produsen berbagai produk konsumen yang meliputi mi instan (Indomie), produk susu, makanan ringan, minuman, bumbu, hingga produk agribisnis. Perusahaan memiliki jaringan distribusi luas di Indonesia dan mengekspor produk yang dihasilkannya ke lebih dari 60 negara. Indofood sendiri beroprasi melalui 4 divisi utama, yaitu:

 1. Produk konsumen bermerek 

2. Bogasari 

3. Agribisnis

 4. Distribusi 

Beberapa produk yang dihasilkan oleh Pt Indofood Sukses Makmur Tbk seperti:

(Gambar 1.2) sumber: Laporan tahunan PT. Indofood
(Gambar 1.2) sumber: Laporan tahunan PT. Indofood

PT Indofood memperoduksi penjualan utama nya yaitu mie instan seperti indomie, sarimi, pop mie dan mi Sakura. Disamping itu pt Indofood juga dikenal sebagai produsen yang memproduksi berbagai jenis konsumen, mulai dari makanan pokok hinggga makanan ringan. 

1. Produk mi instan 

Mi instan sendiri merupakan makanan instan yang sudah masuk ke dalam masyarakat dan menjadi makanan favorite. Produsen makanan mi instan dengan merek Indomie, Sarimi, Supermi dan Sakura sangat popular di Tengah masyarakat baik dalam negri ataupun luar negri. 

2. Produk makanan Olahan 

Indofood sendiri memperoduksi berbagai jenis bahan hingga makanan olahana, seperti bubu gulai instan, rendang instan, dan nasi goreng instan. Makanan olahan juga menjadi salah satu makanan praktis yang sering digunakan oleh masyarakat seperti nugget, sosis, bakso dengan merek fiesta dan Crispy. 

3. Minuman 

Tidak hanya makanan dan bumbu olahan praktis, Indofood juga memproduksi minuman dengan bentuk teh siap saji dan air mineral (Club), produk-produk ini telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen diberbagai segmen pasar. Indofood juga memproduksi olahan susu sepert Milkuat dan Indomilk.

4. Makanan Ringan

Tidak hanya memperoduksi kebutuhan pokok namun juga kebutuhan sampingan, seperti snack keripik kentang, singkong dan lainnya dengna merek Chitato, Qtela, dan Jetz. Indofood juga memproduksi biscuit, wafer, dan roti dengan merek Richeese dan Ritz. 

5. Bahan pokok dan produk agribisnis 

Indofood memperoduksi bahan pokok dengan prediksi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalma berbagai segmen, memproduksi tepung terigu dengan merek Bogasari yang multifungsi, dapat digunakan untuk membuat roti, kue dan mi. selain itu Indofood juga bergerak dalam bidang agribisnis melalui divisi Perkebunan dan produksi minyak kelapa sawit.

1. System Persediaan 

System persidaan sangat penting untuk dilakukan dalam suatu usaha produksi untuk memonitor tingkat persediaan suatu perusahaan dan agar tidak terjadi kecacatan dalam proses stock bahan baku sehingga kita tau kapan persediaan harus di isi kembali dan berapa persediaan yang harus dilakukan. Divisi noodle merupakan divisi dari PT ISM, Tbk. yang melaksanakan proses produksinya dengan menggunakan bahan baku yang cukup besar kuantitas nya, mengingat begitu penting nya pengadaan bahan baku produksi, maka perusahaan memandang perlu untuk dilakukan system persediaan bahan baku yang terpadu sehingga efektifitas pengadaan bahan baku dapat tercapai. 

Metode persediaan bahan baku yang digunakan oleh Pt Indofood adalah metode FIFO (First In First Out) yaitu metode persediaan yang pertama masuk akan pertama keluar juga, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kadaluwarsa terhadap bahan baku yang digunakan. Sedangkan secraa operasional Pt Indofood menggunakan strategi Just-In-Time (JIT) untuk mengurangi biaya persediaan dan meningkatkan ketersediaan bahan baku. JIT adalah metode produksi yang memperlukan bahan baku hanya saat mereka diperlukan dalam proses produksi.  

a. Ikhtisar Keuangan

(Gambar 1.3) Ikhtisar Keuangan Pt. indofood terbaru 2023
(Gambar 1.3) Ikhtisar Keuangan Pt. indofood terbaru 2023

b. Ikhtisar Laba Rugi

(Gambar 1.4) Ikhtisar Laba/Rugi PT. Indofood tahun 2023
(Gambar 1.4) Ikhtisar Laba/Rugi PT. Indofood tahun 2023

Pada dasar nya perusahaan Indofood merupakan salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia sehingga hal ini dapat mempengaruhi perekonomian indonesia, perusahaan yang besar dengan pasokan persediaan yang banyak tentu harus memiliki etode persediaan yang tertata agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan dan laporan. 

Semoga dapat berguna untuk kita semua, jangan lupa berikan kritik dan saran agar penulis dapat meng-improve diri nya! 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun