Dalam suatu organisasi dibutuhkan suatu strategi untuk menunjang suatu tujuan-tujuan tertentu serta sasaran jangka panjang. Jalannya sebuah organisasi yang baik tidak terlepas dari tingkat kerjasama semua divisi yang ada dalam organisasi itu sendiri. Selain itu sebuah proses pelaksanaan program yang dilakukan sebuah organisasi dalam upaya mencapai tujuan organisasi, ditunjang dengan manajemen organisasi yang tepat dan mumpuni.
Pengertian Strategi Organisasi
Pengertian Strategi adalah keputusan dan tindakan yang mendasar yang dibuat oleh para menejemen di puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi tujuan organisasi tersebut.
Strategi disusun dan diimplementasikan untuk mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan, sekaligus mempertahankan dan memperluas aktivitas organisasi pada bidang-bidang baru dalam rangka merespons lingkungan (misalnya perubahan permintaan, perubahan sumber pasokan, fluktuasi kondisi ekonomi, perkembangan teknologi baru, dan aktivitas-aktivitas para pesaing).
Pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, organisasi dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan atau entity yang terdiri dari banyak orang
Menurut Robbins, (dalam Kusdi, 2009:87). “Pengertian strategi dalam konteks organisasi adalah penetapan berbagai tujuan dan sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan guna mencapai berbagai sasaran tersebut”.
Jenis – Jenis ( Tingkatan ) Strategi
Menurut Griffin (2000) terdapat 3 tingkatan strategi yaitu :
- Strategi Pada Tingkat Perusahaan ( coporate - level strategy )
Yaitu strategi yang dilakukan perusahaan sehubungan dengan persaingan antar perusahaan dalam sektor bisnis yang dijalankan secara keseluruhan. Strategi ini disiapkan untuk menjalankan misi yang ditetapkan dalam organisasi tersebut sesuai dengan bidang yang telah menjadi bagiannya.
- Strategi Pada Tingkat Bisnis ( bussiness-level strategy ).
Yaitu strategi alternatif yang dilakukan oleh perusahaan sehubungan dengan persaingan bisnis yang dijalankannya, pada beberapa jenis bisnis yang diperdagangkan. Titik beratnya adalah memperkuat daya saing unit bisnis.
- Strategi Pada Tingkat Fungsional ( funcional level strategy )
Yaitu strategi perusahaan pada bagian pemasaran, khususnya di tingkat periklanan. Fungsi pemasaran, contohnya perusahaan perlu merumuskan sendiri cara-cara operasional terbaik dalam rangka memasarkan produk-poduk atau jasa yang dihasilkan.
Tujuan Strategi Organisasi
Tujuan-tujuan organisasi terumus dalam berbagai bentuk. Tujuan organisai dapat bertentangan dengan tujuan yang lain, namu dapat pula menunjang tujuan oganisasi lainnya. Maka dari itu tujuan-tujuan organisasi perlu dikaji ulang dari waktu ke waktu.
Beberapa alasan utama tentang pentingnya peranan strategi organisasi bagi perusahaan yaitu:
- Memberi arah jangka panjang yang akan dituju.
- Membantu perusahaan atau organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi.
- Mengurangi aktivitas organisasi yang tumpeng tindih.
- Mengidentifikasi keunggulan komparatif suatu perusahaan atau organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko.
- Mengurangi Keengganan untuk berubah dari karyawan lama.
- Membuat suatu perusahaan atau organisasi menjadi lebih aktif.
- Mempertinggi kemampuan peusahaan atau organisasi dalam pembuatan strategi untuk mencegah munculnya masalah di masa mendatang.
- Memotivasi karyawan pada tahap pelaksanaan dengan keterlibatan mereka dalam membuat perubahan strategi.
Perbedaan Strategi dan Tujuan Organisasi
Strategi dan tujuan organisasi merupakan dua hal yang berkaitan erat. Dalam sebuah organisasi mereka menetapkan tujuan-tujuannya terlebih dahulu kemudian menyusun strategi yang diperlukan untuk mencapainya. Namum sebaliknya, organisasi kadang-kadang terlebih dahulu mengembangkan suatu rencana strategis yang sistematis dan terperinci, dimana kemudian tujuan-tujuan organisasi disusun sebagai bagian dari perencanaan tersebut. Menurut Robbins (dalam kusdi, 2009:91), tujuan-tujuan organisasi (goals) mengacu pada tujuan-tujuan akhir organisasi (ends) dan cara-cara mencapainya (means). Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa tujuan-tujuan organisasi merupakan bagian dari strategi.
Kesimpulan
Strategi organisasi dalam perusahaan, berperan penting sebagai tindakan pengambilan keputusan dan mendasar yang dibuat oleh para menejemen, untuk diterapkan seluruh jajaran organisasi demi mencapai tujuan organisasi tersebut. Dengan manajemen strategi yang tepat, diharapkan strategi organisasi benar-benar dapat dikelola sehingga strategi tersebut dapat diimplementasikan terhadap keputusan dan tindakan dalam organisasi rincian.
Untuk itu diperlukan suatu pemahaman yang mendalam tentang teori dan strategi organisasi agar organisasi tersebut dapat berkembang dengan lebih optimal.
Artikel ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perilaku Organisasi Dosen Andry Sugeng S.E., M.Ak. di Universitas Pamulang. Disusun Oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi Azra Syalsabila Intan Safitri, Devi Alifia Priska, Divianto Ahmad Riyadi, dan Nia Agustina.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H