Dalam suatu organisasi dibutuhkan suatu strategi untuk menunjang suatu tujuan-tujuan tertentu serta sasaran jangka panjang. Jalannya sebuah organisasi yang baik tidak terlepas dari tingkat kerjasama semua divisi yang ada dalam organisasi itu sendiri. Selain itu sebuah proses pelaksanaan program yang dilakukan sebuah organisasi dalam upaya mencapai tujuan organisasi, ditunjang dengan manajemen organisasi yang tepat dan mumpuni.
Pengertian Strategi Organisasi
Pengertian Strategi adalah keputusan dan tindakan yang mendasar yang dibuat oleh para menejemen di puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi tujuan organisasi tersebut.
Strategi disusun dan diimplementasikan untuk mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan, sekaligus mempertahankan dan memperluas aktivitas organisasi pada bidang-bidang baru dalam rangka merespons lingkungan (misalnya perubahan permintaan, perubahan sumber pasokan, fluktuasi kondisi ekonomi, perkembangan teknologi baru, dan aktivitas-aktivitas para pesaing).
Pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, organisasi dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan atau entity yang terdiri dari banyak orang
Menurut Robbins, (dalam Kusdi, 2009:87). “Pengertian strategi dalam konteks organisasi adalah penetapan berbagai tujuan dan sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan guna mencapai berbagai sasaran tersebut”.
Jenis – Jenis ( Tingkatan ) Strategi
Menurut Griffin (2000) terdapat 3 tingkatan strategi yaitu :
- Strategi Pada Tingkat Perusahaan ( coporate - level strategy )
Yaitu strategi yang dilakukan perusahaan sehubungan dengan persaingan antar perusahaan dalam sektor bisnis yang dijalankan secara keseluruhan. Strategi ini disiapkan untuk menjalankan misi yang ditetapkan dalam organisasi tersebut sesuai dengan bidang yang telah menjadi bagiannya.
- Strategi Pada Tingkat Bisnis ( bussiness-level strategy ).
Yaitu strategi alternatif yang dilakukan oleh perusahaan sehubungan dengan persaingan bisnis yang dijalankannya, pada beberapa jenis bisnis yang diperdagangkan. Titik beratnya adalah memperkuat daya saing unit bisnis.
- Strategi Pada Tingkat Fungsional ( funcional level strategy )