Mohon tunggu...
Azizul JailaniA
Azizul JailaniA Mohon Tunggu... Guru - seorang guru yang tak pernah berhenti untuk belajar

saya adalah seorang guru yang bercita cita untuk bisa membuat peserta didik menemukan jati diri atau kemampuannya yang bisa di banggakan sehingga bisa digunakan dalam masa sekarang dan masa depan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aksi Nyata Pemanfaatan Sumber Daya untuk Melatih Kepercayaan Diri Dalam Berbicara Bahasa Inggris

30 Mei 2022   10:30 Diperbarui: 30 Mei 2022   10:31 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Latar Belakang

Dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), seluruh siswa harus memiliki kemampuan dalam berbicara. Dewasa ini mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa asing seperti Bahasa Inggris sangat di butuhkan demi bisa berkompetisi di dunia usaha global supaya tidak tersisih di kemudian hari.

Seorang guru harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di dalam kelas yang diampunya. Semua potensi yang ada di kelas maupun lingkungan sekolah bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Berbicara menggunakan Bahasa Inggris dan bisa dipakai dalam keseharian bagi setiap murid.

Langkah kecil perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dengan melibatkan murid untuk aktif berbicara menggunakan Bahasa Inggris akan memberikan dampak positif bagi perkembangan.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada tujuh asset yang dapat digunakan dalam mengembangkan komunitas antara lain: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya.

Tujuan

Kegiatan melatih siswa SMKS Muhammadiyah 1 Sirampog supaya memiliki kepercayaan diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris, diantaranya adalah:

Mendorong setiap siswa percaya diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris, meski masih memiliki kosa kata sedikit atau salah grammar.

Meningkatkan kerja sama antar guru dan siswa di kelas dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Memberikan motivasi kepada siswa bahwa kita sesungguhnya sudah bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris meskipun dengan kosa kata sedikit.

Tolak ukur

Kegiatan ini bisa dianggap berhasil jika:

Setiap murid memberikan dukungan demi meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Setiap murid berpartisipasi berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan percaya diri.

Bukti dokumentasi dalam kegiatan.

Lini masa tindakan

PRAKARSA PERUBAHAN

SMKS MUHAMMADIYAH 1 SIRAMPOG

MELATIH KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

  • Apa itu pembelajaran menyenangkan?

Angket siswa

Menggali informasi dari teman

A-mbil pelajaran (Discover)

Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

Observasi dan supervise akademik yang telah dilaksanakan

  • Melaksanakan studi informasi kajian pustaka maupun digital
  • Pemetaan aset dan potensi pada factor biotik dan abiotik

G-ali mimpi (Dream)

Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

  • Mencari referensi pembelajaran yang menyenangkan
  • Mencari referensi kelas yang ideal

(rubik angket ketercapaian)

J-abarkan rencana (Design)

 Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

 Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

  • Apa langkah – langkah pembelajaran menyenangkan?
  • Apa indicator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran menyenangkan?
  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

    Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

  • SIapa saja pihak – pihak yang terlibat dan apa perannya?
  • Bagaimana cara monitoring dan evaluasi serta refleksi kegiatan yang dilaksanakan?
  • Memetakan aset sumber daya manusia dan melakukan pembagian tugas sesuai kebutuhan.
  • Menyusun akngket monev dan refleksi untuk murid, guru dan observer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun