BUSINESS PLAN
"TAILOR"
TUGAS PRIBADI
MATA KULIAH PRODUKSI DISTRIBUSI DAN KONSUMSI
Di Susun Oleh :
Mohammad Asyfi Abdul Aziz Sidiq
1705878
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENFETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dan hanya dengan qudrat dan iradat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah tentang "Bisnis Plan".
Adapun tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Produksi Distribusi dan Konsumsi. Semoga dengan penyusunan tugas ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman diri.
Harapan penulis semoga makalah ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi penulis sendiri dan umumnya bagi semua pihak yang membacanya.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................. 2
DAFTAR ISI.................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Â Â Â Â Â Â Latar Belakang.....................................................................5
1.2. Â Â Â Â Â Â Visi dan Misi..............................................................................5
1.3. Â Â Â Â Â Â Tujuan dan Manfaat......................................................................6
1.4. Â Â Â Â Â Â Data Perusahaan................................................................6
1.5. Â Â Â Â Â Â Data Pemilik........................................................................6
1.6. Â Â Â Â Â Â Konsep Usaha...........................................................................7
BAB II ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1. Â Â Â Aspek Pasar............................................................................8
2.1.1. Â Â Â Â Gambaran Umum Pasar dan Sasaran ..8
2.1.2. Â Â Â Â Jenis Produk yang Dipasarkan.............8
2.1.3. Â Â Â Â Target Pasar ............................................. 8
2.1.4. Â Â Â Â Pesaing .....................................................8
2.1.5. Â Â Â Â Sasaran Pembeli .....................................8
2.1.6. Â Â Â Â Diferensiasi .............................................8
2.1.7. Â Â Â Â STP .........................................................9
2.2. Â Â Aspek Pemasaran................................................................10
2.2.1. Â Â Â Promosi....................................................................10
2.2.2. Â Â Â Pengembangan Pasar....................................................................... 10
2.2.3. Â Â Â Pengembangan Produk..................................................................... 10
2.2.4. Â Â Â Langkah-langkah Promosi............................................................... 10
2.3. Â Â Analisis SWOT....................................................................... 10
2.4. Â Â Analisa 4P............................................................................... 12
2.5. Â Â Distribusi................................................................. 12
BAB III ASPEK PRODUKSI
3.1. Â Â Deskripsi Produk........................................................................................... 13
3.2. Â Â Jenis Produk.................................................................................................. 13
3.3. Â Â Kualitas Produk............................................................................................. 13
3.4. Â Â Komposisi Produk ........................................................................................ 14
3.5. Â Â Proses Pembuatan Produk ............................................................................ 14
3.6. Â Â Pengemasan Produk ..................................................................................... 15
4.3. Â Â Proyeksi BEP................................................................................................. 21
BAB IV ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
5.1. Â Â Resiko/Hambatan.......................................................................................... 22
5.2. Â Â Tindakan Alternatif....................................................................................... 22
BAB V PENUTUP
6.1. Â Â Kesimpulan..................................................................................................... 23
6.2. Â Â Saran............................................................................................................... 23
BAB I
 PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Bisnis tailor merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang jasa. Bisnis ini mempunyai peran dalam melengkapi kebutuhan manusia. Dalam menjalankan bisnis ini tidaklah mudah. Sebab bisnis ini memerlukan tenaga-tenaga yang benar-benar ahli dalam bidang menjahit. Oleh karena itu, tidak sembarang orang menjadi karyawan bisnis ini.
B. Â Â Visi dan Misi
Visi : Membuat pelanggan puas terhadap layanan bisnis ini.
Misi :
* Â Â Â Â Menjaga kepuasan pelanggan.
* Â Â Â Â Meningkatkan kesejahteraan karyawan.
* Â Â Â Â Meningkatkan inovasi-inovasi yang baru.
C.Tujuan dan Manfaat Penyusunan Proposal
       Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun proposal bisnis ini adalah sebagai berikut:
1. Â Â Â Untuk memenuhi tugas mata kuliah Produksi Distribusi dan Konsumsi.
2. Â Â Â Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inofatif tentang berwirausaha.
3. Â Â Â Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
4. Â Â Â Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
5. Â Â Â Agar dapat belajar sendiri dan mangisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
6. Â Â Â Untuk selalu berpikir aktif, kreatif dan inovatif serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak ide-ide baru yang dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.
7. Â Â Â Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan.
D.Konsep Usaha
Bisnis ini jam kerjanya dimulai pukul 07.00-17.00, dan dibagi dua sip yaitu : sip pagi dan sip siang. Selain melayani secara langsung. Bisnis ini juga akan melayani pemesanan online, dan melayani sistem antar. Dan jika bisnis ini berkembang, maka akan membuka cabang-cabang di beberapa daerah.
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A. Â Aspek Pasar
1. Â Â Gambaran Umum Pasar dan Sasaran
     Bisnis tailor" ini merupakan bisnis kecil-kecilan yang dijalankan   dari awal dengan membuka satu outlet yang berlokasi di rumah pemilik. Jika    usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang   diharapkan,   maka pemilik akan memperbesar usaha ini dengan  membuka cabang-cabang baru.
2. Â Â Â Jenis Produk yang Dipasarkan
     Produk yang kami pasarkan merupakan produk jasa juga produk   barang. Karena, selain  melayani masalah dalam pakaian. Bisnis ini pun    membuat berbagai jenis pakaian.
3. Â Â Â Target Pasar
     Bisnis ini sangat fleksible. Karena, berbagai kalangan usia bisa    menikmati layanan dan produk dari bisnis ini.
4. Â Â Â Pesaing
     Bisnis ini pasti mempunyai pesaing. Namun, pesaingnya dalam    bidang yang sama yaitu tailor. Oleh karena itu, bisnis ini akan ditempatkan  di tempat yang berbeda dengan pesaing lain, namun strategis.
5. Â Â Â Sasaran Pembeli
     Sasaran dari bisnis ini yaitu semua kalangan. Namun, lebih menitik       beratkan kepada kaum muda dalam bentuk produk.
B.Aspek Pemasaran
1. Â Â Â Promosi
 Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.
2. Â Â Â Pengembangan Pasar
   Setelah berhasil pada usaha pertama kami akan mencoba untuk membuka cabang "tailor" baik di dalam kota maupun luar kota agar nantinya para konsumen bisa lebih mengenal keunikan dan citarasa dari "Rainbow Siomay".
C.Analisis SWOT
1. Â Â KEKUATAN (strength)
a. Â Â Â Daya saingnya kurang.
b. Â Â Â Targetnya fleksible.
c. Â Â Â Produk yang tidak kedaluarsa
2. Â Â Â Â Â Â Â KELEMAHAN (weakness)
a. Â Â Â Cukup lama lakunya.
b. Â Â Â Dalam jasa kualitas tidak menentu.
3. Â Â Â Â Â Â Â PELUANG (opportunities)
a. Â Â Â Lebih banyak variasi produk.
b. Â Â Â Mudah berinovasi.
4. Â Â Â Â Â Â Â ANCAMAN (threats)
a. Â Â Â Susah laku apalagi desain tidak sesuai waktu.
b. Â Â Â Kurang atau jarang pelanggan
D. Â Â Analisa 4P
1. Â Â Â Produk (Product)
Produk tailor ada yang berbentuk jasa, ada juga berbentuk barang. Â Produk yang berbentuk barang lebih banyak di bidang sandang.
2. Â Â Â Harga Jual (Price)
Harga jual produknya tergantung jenis produk. Jadi tidak semua   sama. Dan kalau produk jasa harganya permeter.
3. Â Â Â Promosi (Promotion).
Promosinya dilakukan dengan memberikan discount untuk pembelian dalam satu bulan pertama. Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.
4. Â Â Â Sistem Pemasaran dan Distribusi (Place)
Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini adalah tempat tinggal        pemilik yang berlokasi strategis di pinggir jalan raya dan dapat diakses oleh     kendaraan pribadi maupun umum.
BAB IV
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A. Â Â Resiko/Hambatan
Selain memiliki peluang usaha, kami juga memiliki resiko yang harus dihadapi dan dicari solusinya. Beberapa resiko yang mungkin akan kami hadapi diantaranya adalah:
1. Â Â Â Persaingan
Dalam hal ini, usaha yang akan saya jalani pasti memiliki persaingan. Karena, cukup banyak orang yang mnkuni usaha sperti ini. Maka dari itu saya harus bisa mencari tempat yang cukup strategis.
2. Â Â Â Kurangnya peminat
Usaha jasa memang peminatnya sedikit. Apalagi ditambah daya saing yang cukup ketat. Itu cukup menjadi penghambat usaha ini.
B. Â Â Tindakan Alternatif
Tindakan yang akan kami lakukan untuk mengatasi resiko dan hambatan tersebut adalah saya akan melakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan melakukan promosi secara berkesinambungan serta membuat pelayanan jasa dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Usaha ini harus memerlukan keuletan dan keterampilan. Supaya bisnis ini bisa sukses. Bisnis ini bukan bisnis yang bisa dijalani secara asal-asalan. Karena  isnis ini adalah bisnis yang jarus dijalani dengan serius. Jika tidak serius maka bisnis ini tidak akan berjalan.
Saran
Dari penulisan ini. Diharapkan saya ada gambaran untuk menjalankan usaha tersebut. Dan menjadi pedoman bagi pembaca proposal ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI