LATAR BELAKANG
Sekolah sebagai lembaga pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia memiliki peran yang sangat besar untuk menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas.
Lembaga Pendidikan yang baik tentu memiliki program kerja terkait dengan berbagai upaya peningkatan SDM yang berakhlaqul karimah, berkarakter, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kreatifitas dan inovatif. Sebagai upaya meningkatkan kualitas dari berbagai segi disusun berbagai program kegiatan yang dapat mendukung tujuan tersebut.
SDN Panggungsari sebagai lembaga Pelayanan Publik memiliki berbagai program untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka menyiapkan generasi bangsa seperti yang tercantum pada Tujuan Pendidikan Nasional.Â
Salah satu upaya peningkatan tersebut adalah dengan peningkatan Pelayanan Publik, dalam hal ini fokus layanan adalah peserta didik, Wali Murid dan masyarakat yang terkait dan berkepentingan dengan lembaga Sekolah SDN Panggungsari.
Bentuk layanan yang akan diusulkan dalam kegiatan peningkatan pelayanan publik ini difokuskan pada pelayanan pembinaan karakter dengan cara pembiasaan membaca surat-surat pendek Al-Quran, setiap hari bagi warga belajar di SDN Panggungsari.
Sebagai bentuk pendidikan karakter dan pembiasaan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak agar rencana kegiatan tersebut dapat terlaksana dan pada akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang berkembang di SDN Panggungsari dan pada akhirnya diikuti oleh sekolah yang lain juga masyarakat pada umumnya.
II. Â Â TUJUAN
Tujuan Kegiatan: Membiasakan warga sekolah khususnya siswa untuk cinta dengan kitab suci Al-Quran.
III. Â Â LANDASAN KEGIATAN
a) Program Sekolah
b) Inovasi Pelayanan Publik
IV. Â Â BENTUK KEGIATAN
- Sosialisasi kepada guru dan karyawan terkait dilaksanakannya Inovasi Pelayanan Publik di SDN Panggungsari
- Sosialisasi kepada siswa melalui wali kelas terkait dengan dilaksanakannya Inovasi Pelayanan Publik
- Melaksanakan suvey lapangan terkait dengan akan dilaksanakannya Inovasi Pelayanan Publik
- Rapat Koordinasi / Sosialisasi tentang pelayanan publik di Lingkungan Sekolah
- Sosialisasi kepada seluruh siswa tentang Inovasi pelayanan publik yang dilakukan pada pelaksanaan upacara bendera pada hari Senin.
- Rapat Koordinasi Struktural dalam rangka penyusunan Tim Inovasi Pelayanan Publik Sekolah.
- Melaksanakan Sosialisasi pelayanan publik kepada seluruh warga sekolah
- Sosialisasi kepada masyarakat Umum (ditampilkan pada masyarakat umum berupa Foto, Maklumat Pelayanan Publik)
- Menginformasikan Melalui Media Sosial
- Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik
V. Â Â Â TEMPAT dan WAKTU KEGIATAN
Kegiatan Inovasi Pelayanan Publik dengan tema "MEMBENTUK KARAKTER INDIVIDU YANG BERAKHLAK DAN BERBUDI". Kegiatan dilaksanakan di SDN Panggungsari dengan rincian sebagai berikut:
No
Â
Kegiatan
Waktu
Penanggung jawab
Keterangan
1
Penyusunan proposal
Minggu pertama Agustus 2022
Kepala Sekolah
Dibantu oleh guru
2
Rapat koordinasi dewan guru dan karyawan
Sabtu, 6 Agustus 2022
Kepala Sekolah
3
Rapat koordinasi incidental
Sewaktu-waktu jika diperlukan
Kepala Sekolah
4
Sosialisasi kepada siswa
Senin, 8 Agustus 2022 (Upacara bendera hari senin)
Kepala Sekolah/Pembina Upacara
Dilanjutkan sosialisasi di dalam kelas setelah upacara bendera oleh wali kelas masing-masing
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H