Mohon tunggu...
Aziza Ayu Hikmawati
Aziza Ayu Hikmawati Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa th. 2020/2021 PIAUD
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kegagalan adalah hal terbaik yang mengajarkan kita untuk bangkit kembali dan mengetahui hal-hal yang harus kita hindari. Tanpa kegagalan kita tidak akan pernah belajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini

19 Desember 2020   19:41 Diperbarui: 19 Desember 2020   19:48 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

        Metode pembelajaran di pendidikan anak usia dini ini merupakan salah satu metode pembelajaran dimana anak tersebut bisa mencapai kompetensi tertentu. Dan metode dari pembelajaran ini sangat membantu dalam kegiatan bermain dan dari metode tersebut memang sudah dirancang sedemikian rupa dalam membantu kegiatan bermain untuk anak usia dini. Kemudian tujuan dari metode pembelajaran ini yaitu anak usia dini bisa mendapatkan informasi yang membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah diraih atau dicapai selama mengikuti kegiatan pembelajaran di pendidikan anak usia dini. 

         Oleh karena itu dengan adanya informasi di dalam metode pembelajaran anak usia dini ini,  anak tersebut bisa memperbaiki di saat  kegiatan pembelajaran berlangsung dan meningkatkan pelayanan terhadap anak sehingga anak bisa mempunyai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang  berkembang secara optimal. Dan yang terakhir yaitu dengan cara memberikan informasi orang tua agar bisa melaksanakan pengasuhan di dalam lingkungan keluarga yang benar dan terpadu dengan proses pembelajaran pendidikan anak usia dini. Secara umum metode pembelajaran yang bisa diajarkan atau diterapkan di pendidikan anak usia dini yakni dapat digolongkan menjadi 5 bagian yaitu antara lain : melalui bermain, cerita, musik, karyawisata, dan demonstrasi. 

         Penjelasan dari beberapa metode pembelajaran yang bisa diterapkan kepada anak usia dini itu dapat digolongkan menjadi 5 antara lain :  melalui bermain, cerita, musik, karyawisata, dan demonstrasi. 

1. Metode pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui bermain 

metode pembelajaran paud melalui bermain yaitu pembelajaran yang bisa menerapkan wahana permainan tertentu sebagai wahana pembelajaran bagi anak usia dini. Teknik dari pembelajaran paud ini didasarkan dari penelusuran literatur maupun pengamatan secara singkat yang bisa terbukti paling efektif dan efisian dibandingkan dengan metode yang lainya. Setidaknya ada 5 manfaat yang dapat diambil dari metode pembelajaran melalui bermain yaitu antara lain meliputi : 

- Manfaat motorik adalah manfaat yang berhubungan dengan nilai-nilai positif mainan yang terjadi pada fisik jasmani dan rohani pada anak

- Manfaat afeksi adalah manfaat mainan yang berhubungan dengan perkembangan psikologis anak

- Manfaat kognitif adalah manfaat mainan untuk perkembangan kecerdasan anak, biasanya ini berhubungan dengan kamampuan imajinasi pada anak 

- Manfaat spiritual adalah manfaat mainan yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai kesucian maupun keluhuran akhlak manusia 

- Manfaat keseimbangan adalah suatu jenis mainan bagi tumbuh kembang anak dimana mainan berfungsi untuk melatih dan mengembangkan perpaduan nilai-nilai positif dan negatif dari mainan

2. Metode pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui bercerita 

metode pembelajaran paud melalui bercerita yaitu pembelajaran yang menggunakan teknik atau cara dari si pengajar yaitu dapat diterapkan dengan cara bercerita, yaitu tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya terselipkan  pesan-pesan moral atau intelektual tertentu. Hal ini dapat berguna ketika anak tersebut dapat menemukan masalah dengan cara bercerita dimana dengan cara tersebut yang hampir sama dengan kisah atau dongeng yang pernah diceritakan oleh si pengajar sebelumnya. 

3. Metode pembelajaran anak usia dini melalui musik 

metode pembelajaran paud melalui musik yaitu pembelajaran yang menggunakan cara nyanyian dimana cara nyanyian tersebut bisa juga dijadikan sebagai wahana pembelajaran bagi anak tersebut, dasar-dasar musik klasik secara umum itu berasal dari kata ritme yang berarti denyut nadi manusia. Sehingga dapat berperan dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter bahakan raga manusia. Penelitian dari metode pembelajaran ini bahwa musik klasik ini mengandung komposisi nada tinggi maupun komposisi nada rendah dan bisa berfungsi untuk merangsang kuadran C pada otak anak tersebut. Sehingga dari usia 4 tahun kuadran B dan C pada otak anak akan terus berkembang hingga 80% dengan musik. Hal tersebut bisa terjadi karena musik itu ternyata memiliki 3 kemampuan yaitu antara lain : beat yang dapat mempengaruhi tubuh, ritme yang dapat mempengaruhi jiwa, dan juga harmoni yang dapat mempengaruhi ruh. 

4. Metode pembelajaran anak usia dini melalui karyawisata

metode pembelajaran paud melalui karyawisata yaitu pembelajaran yang bisa  memperoleh kesempatan untuk bisa memperoleh informasi dalam mengkaji sesuatu secara langsung. Dan karya wisata ini sangat berarti bagi metode pembelajaran yang berarti bisa membawa anak-anak ke objek-objek tertentu untuk bisa menentukan pengalaman pembelajaran yang tidak mungkin diperoleh di dalam kelas. Karya wisata juga dapat memberikan kesempatan bagi anak usia dini untuk bisa mengobservasi alam dan bisa melihat atau menyaksikan sendiri dari jarak dekat. 

5. Metode pembelajaran anak usia dini melalui demonstrasi 

metode pembelajaran paud melalui demonstrasi yaitu pembelajaran yang bisa menunjukkan dan menjelaskan dari cara-cara mengerjakan sesuatu , jadi di dalam metode pembelajaran ini si pengajar juga bertugas untuk menjelaskan dan menunjukkan tentang sesuatu hal kepada anak usia dini tersebut. Melalui demonstrasi yang bisa diharapkan anak untuk bisa mengenal langkah-langkah pelaksanaan dimana demonstrasi tersebut mempunyai makna yang sangat penting bagi anak usia dini yaitu antara lain : 

- Dapat memperlihatkan secara konkret apa yang dilakukan

- Membantu mengembangkan kemampuan mengamati secara cermat dan teliti

- Membantu mengembangkan kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan secara cermat dan tepat

- Membantu mengembangkan peniruan dan pengenalan secara tepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun