Key Feture Of IMC (5 kunci fitur of IMC)
 Tujuan IMC adalah merencanakan pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu. Dalam konsep perencanaan IMC memiliki beberapa kunci fitur IMC , dan asus juga menggunakan 5 kunci itu dalam perencaan pasarnya ,maka di bab ini akan membahasa 5 fitur yang digunakan oleh brand asus dalam IMC mereka.
1. Start with the costumer of prospect (Mulailah dengan pelanggan atau prospek)
Fitur IMC ini dimulai dengan pelanggan untuk menentukan metode komunikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
Asus melihat kebutuhan pelanggan mereka yang beberapa masuk sebagai gamers dengan mirilis iklan dan juga produk yang sesuai dengan keinginan konsumen mereka ,salah satu produknya adalah ROG(Republik Of  Gamers).
ROG STRIX SERIES G16
Dalam web resmi asus rog mereka memperkenalkan produk baru yaitu ROG STRIX G16 dalam web resmi mereka memperkenalkan produknya dengan menampilkan spesifikasi dari produk tersebut secara jelas sehingga para konsumen bisa melihat apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan para konsumen, hal ini sesuai dengan salah satu key fitur of imc
2. Use any form of relevant contact (Gunakan bentuk kontak relevan apapun)Â
Media pesan apa pun yang mampu menjangkau pelanggan sasaran dan menghadirkan merek dalam sudut pandang yang menguntungkan.Dalam web asus rog memiliki fitur support yang Dimana bisa digunakan oleh konsumen untuk berinteraksi langsung, mengunduh manual book dan driver, cek garansi dan registrasi garansi, serta juga layanan perbaikan melalui web yang bisa diakses melalui handphone ataupun laptop dan desktop. Hal ini sesuai dengan key fitur kedua imc Dimana denga adanya fitur tersebut di web resmi asus memudahkan konsumen dalam beriteraksi dengan pihak asus sendiri.Â
3. Â Speak with single voice (Berbicara dengan suara Tunggal)Â
Secara umum, prinsip suara Tunggal (a single voice) melibat kan pemilihan penyataan  (positioning steatment) khusus untuk suatu merek. Dalam hal ini asus rog memposisikan brand mereka untuk mencakup komitmen seabagai brand gamers dengan menghadirkan inovasi terbaru dalam dunia gamers seperti menghadirkan teknologi terbaru , seperti resolusi yang diungkapkan oleh asus rog dalam web mereka yang berisi "Berpikiran Maju" adalah inti dalam gaming, untuk menumbangkan, untuk menyatukan dua nilai dan untuk menentang : ini adalah cara-cara gamers mewujudkan identitas sesungguhannya di dunia virtual.Â
4. Build Relationship (Membangun Hubungan)
Hubungan abadi antara merek dan pelanggannya. Hubungan yang sukses antara pelanggan dan merek mengarah pada pembelian berulang dan, idealnya, loyalitas terhadap merek. Asus rog memliki community yang dimana  terbagai menjadi beberapa community lain seperti ROG ELITE PROGRAM dan TEAM ROG , yang di dalam dengan bergabung dengan salah satu community diatas mereka yang tergabung akan mendapat reward tertentu didalamnya
5. Don't Lose Focus The Ultimate Objective : Affect Behavior (Jangan Kehilangan Focus Pada Tujuan Utama : Mempengaruhi Prilaku)Â
Pada Tujuan Utama : Mempengaruhi Prilaku). Dalam hal ini berarti bahwa komunikasi pemasaran pada akhirnya harus melakukan lebih dari sekedar mempengaruhi kesadaran merek atau meningkatkan sikap konsumen terhadap merek.Â
- Beberapa hal yang dilakukan oleh asus rog dalam hal ini adalah :Â
- Comunnity engagement : Setelah membeli produk asus rog dapat terlibat dalam komunitas gaming mereka
- Brand Advocacy : aktif mempromosikan produk asus rog di media social setelah pengalaman positif, memberikan ulasan, dan merekomendasikan kepada teman-teman yang berminat
- Participation event : tetep berpartisipasi dalam acara-acara yang diadakan oleh Asus rog setelah pembelian produk, seperti turnamen e-sport atau acara peluncuran terbaru
Artukel Ditulis OlehÂ
Azis IskandarÂ
Trio Agustian
Muhammad Ryanto
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Program Studi Ilmu KomunikasiÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H