Mohon tunggu...
Azalia A Z
Azalia A Z Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana

Nama : Azalia A. Zafira NIM : 46122120008 Mata Kuliah : Kewirausahaan I Dosen : Prof. Dr. Apollo, Ak., M.Si. PROGRAM STUDI SARJANA SARJANA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

K15_Modality dan Bisnis Dessert Box

16 Juni 2023   02:19 Diperbarui: 16 Juni 2023   07:10 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Modality dalam Bisnis Our Dessert Box

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan konsep modality yang merupakan hasil pemikiran Anthony Giddens dan mengaitkannya dengan bisnis makanan penutup kami bernama “Our Dessert Box”. Sebelum mengaitkan konsep modalitas dengan bisnis Our Dessert Box,  saya akan memaparkan penjelasan terkait konsep modalitas itu sendiri.

Anthony Giddens mengungkapkan teori strukturisasi yang melibatkan identifikasi hubungan antara individu dengan kekuatan sosial yang bertindak atas manusia. Teori strukturisasi Giddens berusaha untuk menyeimbangkan peran yang agen mainkan dengan terbatasnya pilihan posisi mereka di dalam sejarah dan tatanan sosial milik mereka. Pada sisi lain, manusia mempunyai pengetahuan yang terbatas serta tindakannya tidak mempunyai seluruh preferensi. Kemudian, manusia itu sendiri merupakan elemen yang mewujudkan kembali struktur sosial dan mengadakan perubahan sosial. Teori ini menunjukkan adanya dualitas manusia antara struktur dan agen ini, daripada menentukan apa yang sebenarnya menjadi penyebab atau penguat atas keberadaannya.

dok. Prof. Apollo
dok. Prof. Apollo

Giddens mengungkapkan bahwa struktur dan agensi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, tetapi mereka memiliki hubunhan satu sama lain sebagai dualitas struktur. Agen manusia menjadi sesuatu yang memungkinkan terwujudnya struktur sosial melalui penciptaan nilai, norma dengan cara penerimaan sosial. Terlepas dari itu, struktur sosial memberikan batas kepada manusia pada saat yang sama. Giddens menjelaskan struktur sebagai modalitas, yaitu seperangkat aturan dan sumber daya yang melibatkan aktivitas manusia. Fungsi dari aturan tersebut adalah membatasi tindakan manusia, sedangkan fungsi dari sumber daya memfasilitasi tindakan manusia (Giddens, 1984).

Struktur adalah proses di mana suatu sistem mereproduksi struktur. Struktur yang digunakan membuat adanya sistem interaksi. Hubungan ini disebut aturan dan sumber daya yang terbentuk karena struktur yang menjembatani dan mereproduksi interaksi sosial. Struktur (institusi, kode moral, tradisi dan harapan) dianjurkan oleh Anthony Giddens untuk memiliki stabilitas secara umum. Namun, struktur tersebut tidak dilepas dari kemungkinan diadakannya perubahan, apalagi jika timbul konsekuensi dari tindakan tak disengaja. Sebagai contoh, ketika orang meninggalkan norma sosial, maka mereka akan melakukan penggantian atau mereproduksi norma sosial yang lain memggunakan cara yang berbeda (Giddens, 1984).  

Modalitas menjadi dasar yang sangat penting untuk memahami konsep di balik strukturasi yang dijelaskan oleh Anthony Giddens. Giddens mengungkapkan bahwa modalitas menjelaskan sifat-sifat dari struktur. Struktur dijelaskan mempunyai sifat struktural dan individual. Giddens menyebut modalitas struktural "aturan" dan "sumber daya". Dalam melakukannya, Giddens berbeda dari strukturalis lain dalam hal ia mengidentifikasi fungsi-fungsi yang memungkinkan yang disediakan oleh struktur. Kasus dari “aturan” itu sendiri adalah tindakan ketaatan terhadap hukum. Dengan kata lain, agensi memiliki batas dari struktur yang menyebabkan agen mempunyai cara tertentu dalam bertindak. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa struktur memberikan batasan pada agen untuk mencapai standar sosial. Namun, norma telah berubah di masa lalu dan dimanipulasi secara terus-menerus oleh sosial dengan menggunakan "sarana" struktural. Pada masa lalu, hukum dapat dan telah dicabut, diubah, atau ditulis ulang. Hukum yang membatasi kebebasan individu dapat dibatalkan karena ada "sumber daya" seperti pengacara yang dapat menuntut adanya reformasi sosial. Hal ini sebenarnya dapat menjadi menjadi proses peninjauan kembali.

Giddens memiliki pendapat bahwa modalitas ini yang memberikan gambaran ketergantungannya terhadap dualitas struktur dikarenakan ini menghadirkan kasus di mana individu dengan pengetahuan dapat memakai atau memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki untuk menerapkan pedoman, standar, atau norma yang dikenakan pada mereka oleh struktur. 

Dapat dikatakan bahwa Giddens memberikan gambaran struktur sebagai modalitas yang berarti suatu aturan dan sumber daya melibatkan tindakan manusia. Kemudian, modalitas itu sendiri mengacu kepada cara unik mempertahankan atau melakukan pengembangan identitas oleh seseorang ataupun kelompok. Oleh karena itu, modalitas dapat diartikan sebagai pendekatan baru atau unik yang melibatkan individu atau kelompok.

Konsep modalitas ini dapat digunakan dalam bisnis kami. Sebelum menghubungkan modalitas dengan bisnis kami, kami akan memberikan penjelasan terkait bisnis makanan penutup. Makanan penutup menjadi kategori makanan yang digemari oleh banyak masyarakat. Minat terhadap berbagai jenis makanan penutup meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, industri pada bidang tersebut terus berkembang dan menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang baik pada masa sekarang. 

Peluang bisnis yang ada terkait makanan penutup menarik para pebisnis untuk memulai bisnis makanan penutup mereka sendiri. Banyaknya bisnis makanan penutup sekarang ini membuat persaingan semakin ketat. Bisnis dessert box menjadi salah satu bisnis makanan penutup yang ramai peminat. Jumlah penjual dessert box yang sudah cukup banyak membuat seringkali bisnis dessert box tidak mempunyai diferensiasi yang signifikan antara satu dengan yang lainnya. Perlu adanya perencanaan dan inovasi yang tepat untuk dapat memiliki keunggulan dalam bisnis makanan penutup.


Kami sendiri telah merancang sebuah bisnis makanan penutup, yaitu "Our Dessert Box". Our Dessert Box adalah nama dari bisnis kami yang menawarkan produk berupa sebuah dessert (makanan penutup) dengan pengemasan dalam wadah plastik. Salah satu fokus kami dalam Out Dessert Box adalah pengemasan produk yang menjadi salah satu poin yang penting dalam produk kami. Produk kami disajikan dengan wadah plastik untuk memudahkan konsumen dalam pengonsumsian, penyimpanan, dan pengiriman serta mudah dibawa kemana saja. Our Dessert Box akan menawarkan dessert box yang kekinian, berkualitas tinggi, memiliki rasa-rasa yang unik dan baru di pasaran, serta memiliki harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat umum. Produk akan kami tawarkan secara online untuk memudahkan kami menjangkau atau melayani konsumen secara luas. Inovasi yang akan terus kami lakukan adalah melakukan pengembangan rasa-rasa unik dalam dessert box.


Dalam modalitas bisnis Our Dessert Box, penting untuk menentukan dengan baik media penjualan dan strategi pemasaran produk. Di mana produk dessert ini akan dipasarkan tentu akan berpengaruh terhadap penjualan dan strategi pemasaran. Perusahaan perlu memperhatikan target pasar dan mengidentifikasi hal yang menarik bagi mereka. Produk Our Dessert Box sendiri akan ditawarkan secara online. Penjualan produk secara online akan memberikan jangkauan yang lebih luas dan mempunyai akses yang lebih mudah terhadap produk sehingga akan memudahkan pelanggan. Selain itu, biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan penjualan offline. 

Penting juga bagi perusahaan untuk mempertimbangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar, media penjualan, dan juga produk. Perusahaan perlu mengetahui cara yang tepat dalam menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk. Konsumen berkemungkinan untuk membeli kembali suatu produk yang sudah dibelinya. Untuk mengetahui produk apa yang paling sering dibeli kembali oleh para pelanggan, maka perusahaan membutuhkan sistem untuk merekam pembelian sehingga mendapatkan gambaran terkait perilaku konsumen. Gambaran perilaku konsumen dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi dan menjual produk dengan lebih baik. Catatan pembelian masing-masing konsumen juga harus dapat diakses oleh konsumen itu sendiri. Hal itu ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui produk yang sebelumnya mereka beli sehingga mereka dapat melakukan pembelian ulang dengan mudah jika menginginkannya.


Terdapat beberapa tantangan dalam bisnis makanan penutup ini, seperti keberanian keinginan masyarakat untuk mengambil risiko untuk mencoba kombinasi-kombinasi rasa baru yang sebelumnya belum pernah ada. Rasa-rasa yang digabungkan kebanyakan telah familiar untuk mereka secara terpisah. Namun, kemungkinan besar mereka belum bisa membayangkan hasil kombinasi rasa yang kami ciptakan. Lalu, ditambah dengan penjualan secara online akan membuat mereka tidak dapat mencoba dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Oleh karena itu, edukasi menjadi hal yang penting dari modalitas bisnis dessert box kami.

Dalam hal ini, kami perlu melakukan edukasi karena perusahaan perlu dapat meraih kepercayaan masyarakat terlebih dahulu bahwa perusahaan dapat menawarkan rasa unik yang enak agar mereka tertarik untuk melakukan pembelian. Hal tersebut dapat dilakukan menawarkan beberapa konsumen lama ataupun baru secara acak untuk menilai atau memberikan komentar dengan jujur terhadap produk kami, terutama ketika produk tersebut baru kami tawarkan dalam penjualan. Penilaian tersebut harus dapat dipaparkan atau disebarkan kepada masyarakat umum serta dibuktikan kejujuran dari penilaiannya. 

Perusahaan juga dapat melibatkan pelanggan dalam mengembangkan rasa-rasa baru dengan mendengar ide dari konsumen. Selanjutnya, perusahaan dapat menggunakan jasa chef profesional untuk dapat mengembangkan rasa dengan baik serta influencer dalam bidang yang sesuai untuk menilai dan menyebarluaskan produk. Selain itu, perusahaan juga perlu memberitahukan informasi terkait gizi (gula dan kandungan lainnya) dan jumlah batasan harian dalam mengonsumsi gula. Hal itu ditujukan agar konsumen dapat mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri dengan baik dan produk yang kami tawarkan tidak berdampak buruk untuk tubuh konsumen.


Modalitas dalam bisnis dessert box memperhatikan inovasi dengan melibatkan konsumen.  Bisnis ini dapat menciptakan peluang baru dalam industri makanan. Bisnis dessert box ini bisa bekerjasama dengan berbagai macam perusahaan dalam industri makanan dan minuman secara luas melalui kolaborasi pada kombinasi rasa dalam produk dessert box tersebut. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang teh bekerjasama dengan perusahaan dessert box kami untuk menghasilkan kue dengan campuran rasa teh dengan cokelat. Pelanggan dapat terlibat aktif dalam memberikan ide atau saran kepada perusahaan. Sebagai contoh, pelanggan memberikan rekomendasi perusahaan yang cocok bekerjasama dengan kami. 

Pengembangan rasa yang unik dapat menjadi daya tarik bagi konsumen sehingga kami dapat memberikan mereka kepuasan tersendiri ataupun pengalaman unik bagi mereka. Perusahaan juga dapat melibatkan konsumen dalam menggabungkan rasa-rasa tersebut dengan memberikan pilihan “custom” untuk konsumen yang membuat mereka dapat menghasilkan kombinasi bolu, krim, saus, dan topping sesuai keinginan mereka sendiri. Selain itu, bisnis dessert box juga dapat menjadikan cake sebagai makanan penutup yang praktis dan tahan lebih lama karena pengemasannya dibandingkan penyajian dalam jumlah besar dan pengemasan pada umumnya atau sebelumnya. Hal ini dapat mengubah kebiasaan cake yang hanya dimakan pada acara atau waktu tertentu karena porsinya yang besar menjadi bisa dikonsumsi kapan dan di mana saja karena porsi yang ditawarkan dapat dihabiskan oleh satu orang saja dan dapat dibawa dengan mudah jika tidak habis. Tentunya hal ini dapat membuka peluang baru dalam bisnis cake. 

Jika perusahaan dapat menghasilkan kombinasi rasa yang unik dan enak, melakukan pemasaran yang baik, memberikan pelayanan yang ramah, menyediakan produk dengan kemasaran  yang praktis, serta menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan, maka bisnis dessert box akan menjadi bisnis yang unggul. Hal itu juga memungkinkan bisnis kami menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menjawab keresahan konsumen kue yang menginginkan penyajian yang praktis, personal, dan tidak terlalu banyak. Penting bagi perusahaan untuk menaruh perhatiannya juga terhadap lingkungan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan cara mendaur ulang sampah plastik yang dihasilkan maupun menggunakan karton atau plastik yang dapat terurai dengan mudah pada beberapa hal.


Untuk mengembangkan modalitas yang baik dalam bisnis ini, menjalin hubungan yang baik dan kuat dengan mitra, konsumen, maupun pemasok menjadi hal yang tidak kalah penting. Hubungan yang baik dengan akan memberikan kemudahan perusahaan dalam mendapatkan kualitas bahan baku yang tinggi, belajar dari kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen, bahkan memungkinkan perusahaan memiliki kelancaran bisnis yang lebih baik.  Hal itu akan membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau pelayanan serta mendapatkan citra yang baik dari seluruh pihak yang terlibat dengan perusahaan.

Penerapan konsep modalitas yang digagas oleh Anthony Giddens dalam bisnis dessert box, terutama Our Dessert Box, memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan pengembangan bisnis kami dengan melibatkan individu sebagai agen yang membentuk atau mengatur bisnis. Hal tersebut membantu perusahaan untuk memiliki keberlanjutan, memberikan manfaat bagi konsumen, mengikuti perkembangan, serta mengembangkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Salah satu yang menjadi penekanan dari penerapan konsep modalitas dalam bisnis adalah individu berperan secara aktif dalam memilih keputusan dan mengelola hidup mereka. Modalitas dalam bisnis kami membuat perusahaan kami bisa mendapatkan pengetahuan atas keinginan dan kebutuhan konsumen berhubungan dengan produk kami.


Dalam menggunakan konsep modalitas, perusahaan kami berusaha membuat individu dapat terlibat pada pengembangan produk, penilaian produk, ataupun penyebaran informasi produk. Hal ini dapat meningkatkan rasa kepemilikan atas kontrol sehingga rasa kepercayaan mereka terhadap produk bahkan perusahaan kami dapat meningkat. Kemudian, modalitas pada bisnis kami juga dapat mendorong keterlibatan individu dalam mengembangkan bisnis Our Dessert Box yang sesuai dengan keresahan atau keinginan mereka miliki. Kami memberikan pilihan bagi mereka untuk mengombinasikan rasa sesuai dengan keingnannya dan wadah yang dapat menjawab keresahan konsumen terhadap porsi kue.

Dapat disimpulkan bahwa modalitas secara umum memungkinkan perusahaan untuk membangun identitas yang unik atau dengan cara yang berbeda, memperhatikan keberlanjutan, mengembangkan bisnis yang sesuai dengan pelanggan, serta memperhatikan dampak sosial. Di tengah persaingan bisnis makanan penutup yang ketat, modalitas dapat membantu kami untuk mewujudkan identitas yang unik dan memberikan pengalaman yang baik bagi konsumen. Pelibatan individu dalam bisnis bisa memberikan manfaat untuk perkembangan bisnis.

Dengan memperhatikan modalitas, perusahaan dapat terbantu dalam membangun bisnis yang menarik, memuaskan, mengadakan kesempatan kolaborasi, memberikan pengalaman yang baik atau personal, mempunyai diferensiasi dari pesaing, menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, serta memiliki pelanggan yang loyal. Dengan penerapan konsep ini, kami dapat mengetahui apa, kenapa, dan bagaimana modalitas dapat mengambil peran dalam bisnis Our Dessert Box.

DAFTAR PUSTAKA

Bryant, C., & Jary, D. (2014). Giddens' theory of structuration: A critical appreciation. Routledge.

Giddens, A. (1986). The constitution of society: Outline of the theory of structuration (Vol. 349). University of California Press.

Giddens, A. (1991). Modernity and self-identity: Self and society in the late modern age. Stanford University Press.

Lamsal, M. (2012). The structuration approach of Anthony Giddens. Himalayan Journal of Sociology and Anthropology, 5, 111-122.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun