Mohon tunggu...
Muhammad Irfan Ayyubi
Muhammad Irfan Ayyubi Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar

Seorang bapak yang mengumpulkan kenangan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis - Oportunisme dalam Karakter Wak Katok

26 Agustus 2019   11:19 Diperbarui: 25 Juni 2021   11:46 888
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis - Oportunisme dalam Karakter Wak Katok | Goodreads

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pertama, latar belakang atau alasan penulis menentukan judul di atas dan melakukan telaah atau analisis dengan berfokus pada satu tokoh yaitu Wak Katok dalam novel Harimau! Harimau! Karya Mochtar Lubis, dikarenakan penyusun tertarik dengan perwatakan/karakter dalam tokoh tersebut. 

Novel ini memiliki kekuatan perwatakan pada setiap tokoh, ditulis oleh sastrawan yang juga seorang wartawan, Mochtar Lubis sempat dipenjara Sembilan tahun lamanya oleh rezim Soekarno. Ia juga aktif dalam bidang politik pada masa orde lama dan orde baru membuat tulisan-tulisannya sarat amanat dan terutama kritik terhadap rezim yang berkuasa. 

Dalam novel ini, watak manusia yang oportunis yang kemungkinan ada dalam era itu (bahkan sampai kini) disematkan dalam tokoh Wak Katok untuk jadi pembelajaran bagi khalayak pembaca.

Kedua, pembatasan ruang lingkup masalah kepada perwatakan satu tokoh yaitu tokoh Wak Katok bertujuan supaya substansi dalam makalah ini tidak melebar, padat, dan rumusan masalah dapat terjawab dengan baik.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pada perwatakan tokoh Wak Katok yakni :

  • Bagaimanakah perwatakan/karakter Wak Katok yang terlihat dari fakta yang ada dalam isi novel Harimau! Harimau! ?
  • Apakah perwatakan/karakter tokoh Wak Katok dalam isi novel Harimau! Harimau! Cenderung menunjukkan sikap-sikap oportunisme? Apa latar belakang atau motivasi yang memengaruhinya bertindak?

Baca juga: Catatan Perang Korea: Karya Jurnalistik Mochtar Lubis yang Terpendam

Tujuan Penelitian

  • Mendeskripsikan perwatakan perwatakan/karakter Wak Katok yang terlihat dari fakta yang ada dalam isi novel Harimau! Harimau!
  • Membuktikan perwatakan/karakter tokoh Wak Katok dalam isi novel novel Harimau! Harimau! Menunjukkan sikap-sikap oportunisme. Dan menemukan latar belakang motivasi yang mempengaruhi tokoh Wak katok bertindak.

  • Landasan Teori

  • Karakter merujuk pada percampuran dari berbagai kepentingan, keinginan, emosi, dan prinsip moral dari individu-individu. (Stanton, 2012: 33)
  • Alasan seorang karakter untuk bertindak sebagaimana yang ia lakukan dinamakan 'motivasi' (Stanton, 2012: 33)
  • Secara tak langsung watak tokoh digambarkan melalui beberapa cara yaitu : (1) penamaan tokoh (naming) (2) cakapan, (3) penggambaran pikiran tokoh, (4) arus kesadaran (steam of consciousness), (5) pelukisan perasaan tokoh, (6) perbuatan tokoh, (7) sikap tokoh, (8) pandangan seorang atau banyak tokoh terhadap tokoh tertentu, (9) pelukisan fisik, dan (10) pelukisan latar (Sayuti, 2000 dalam Wiyatmi, 2006: 32)
  • Oportunisme adalah suatu aliran pemikiran yang menghendaki pemakaian kesempatan menguntungkan dengan sebaik-baiknya, demi diri sendiri, kelompok, atau suatu tujuan tertentu. Oportunisme adalah tindakan bijaksana yang dipandu terutama oleh motivasi mementingkan diri sendiri. Istilah ini dapat diterapkan untuk individu, kelompok, organisasi, gaya, perilaku, dan tren. Hal ini mungkin dipinjam dari ekspresi Italia opportunismo(yang pada abad ke-19 politik Italia berarti "mengambil keuntungan dari keadaan yang berlaku") atau dari Republik oportunis di Perancis, dan memasuki bahasa Inggris di 1870-an (Wikipedia, 2017, https://id.wikipedia.org/wiki/Oportunisme, 29 November 2017).


  • Metode penelitian 

  • Kajian yang digunakan dalam makalah ini menggunakan metode deskriptif dengan kajian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca buku-buku dan artikel internet yang diperlukan dan berkaitan pada bahasan makalah, mendeskripsikannya, kemudian menganalisis dengan data-data yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun