Oleh: Ayu Tri Wahyuni, Dinda Nirwana Pramata Bunda, Indra Setiawan
Perkembangan teknologi memang akan selalu pesat dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Keadaan demikian tidak bisa kita hindari sebagai seorang pendidik. Kebutuhan akan literasi teknologi pun menjadi semakin mendesak. Bukan berarti kita harus menolak untuk merespon keadaan ini, melainkan kita harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi agar pembelajaran pun tidak lagi monoton dan hanya mempertahankan kebiasaan mengajar secara tradisional. Sebagai seorang guru sekolah dasar, tentu kita harus menyadari bahwa teknologi bukan hanya alat bantu, tetapi juga jembatan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, interaktif, dan relevan.Â
Perkembangan teknologi ini tentu berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi, proses pendidikan bisa memanfaatkan pembelajaran yang berbasis digital. Pembelajaran berbasis digital (digital based learning) ini merujuk pada pendekatan pendidikan yang memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Pembelajaran berbasis digital berpotensi meningkatkan kualitas pada pembelajaran di jenjang Pendidikan Dasar. Pemahaman yang mendalam tentang implikasi, tantangan, dan solusi yang relevan, penerapan teknologi dalam pembelajaran memiliki dampak yang signifikan pada masa depan pendidikan dan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Tantangan Penggunaan Teknologi dalam PembelajaranÂ
Dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital ini tentu tidak selamanya mudah. Beberapa tantangan yang harus dihadapi ketika akan mengimplementasikan teknologi digital dalam pembelajaran, yakni sebagai berikut:Â
1. Akses TeknologiÂ
Tidak semua siswa memiliki akses setara terhadap perangkat teknologi seperti handphone, komputer, tablet atau koneksi internet yang baik dan stabil. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ekonomi dan letak geografis siswa. Siswa yang berada di daerah perkotaan cenderung lebih mudah mengikuti kegiatan pembelajaran berbasis digital karena akses teknologi dan infrastruktur yang menunjang, namun siswa di pedesaan biasanya cenderung kesulitan untuk mengikuti pembelajaran berbasis digital karena infrastruktur dan koneksi yang kurang memadai.
2. Kesiapan Guru
Penerapan teknologi digital ini memerlukan keterampilan baru bagi guru. Namun, masih banyak guru yang kesulitan dalam mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pelatihan ataupun kurangnya infrastruktur yang tersedia di sekolah.
3. Isu Keamanan dan Privasi
Penggunaan platform digital juga membawa tantangan terkait keamanan data dan perlindungan privasi bagi penggunanya. Informasi data yang tersimpan di perangkat digital rentan terhadap serangan siber atau penyalahgunaan, untuk itu guru harus memberikan edukasi cara menjaga data informasi di perangkat digital agar tetap aman dan terjaga privasinya.