Mohon tunggu...
Ayu Olivia Sharaswati
Ayu Olivia Sharaswati Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni Budaya di SLBN Banjarnegara

berkreasi floral watercolor

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice Menggunakan Metode STAR

19 Januari 2023   08:50 Diperbarui: 19 Januari 2023   09:14 403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 Lokasi : SLB NEGERI BANJARNEGARA

Lingkup Pendidikan : Pendidikan SMALB

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik kelas XIC Tunagrahita pada Mata Pelajaran Seni Budaya

Penulis : AYU OLIVIA SHARASWATI

Tanggal : 18 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Yaitu : 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah.

Dalam kegiatan pembelajaran sering muncul berbagai permasalahan misalnya motivasi peserta didik rendah pada mata pelajaran seni budaya. Permasalahan tersebut terjadi karena faktor dari peserta didik itu sendiri dan juga guru. Dari peserta didik dapat disebabkan : Merasa tidak memiliki bakat, Merasa bosan dalam pembelajaran, Sering mengobrol pada saat pembelajaran, Malu untuk mengungkapkan pendapat, Malas mengerjakan tugas yang berikan guru, Ingin pembelajaran cepat selesai dan segera pulang. Faktor guru karena media yang digunakan kurang menarik, monoton, dan kurang kreatif. 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat dijadikan sebagai acuan dalam perbaikan kegiatan pembelajaran berikutnya. Selain itu juga untuk memotivasi diri saya sendiri serta dapat menginspirasi rekan guru yang lain. Sebagai seorang guru, saya mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat penting bukan hanya memberikan materi saja melainkan lebih dari itu yaitu membimbing dan mengarahkan peserta didik agar menjadi manusia yang cerdas, berkarakter, dan berguna bagi sesama.

 Agar semua itu dapat tercapai maka penulis melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat serta inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Yaitu: 

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu: Cara mengajar guru yang masih monoton guru harus membiasakan pada proses pembelajaran yang lebih inovatif. Penguasaan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran. Meningkatkan inovasi pembelajaran seni budaya. Mendesain perangkat pembelajaran dengan baik. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam praktik seni tari. Dari tantangan tersebut sangat dibutuhkan keterlibatan antara guru, peserta didik, kepala sekolah, dan juga orang tua.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Yaitu: 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi
tantangan tersebut, yakni penggunaan media yang bervariasi, metode yang beragam, dan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran berbasis masalah. Strategi yang dilakukan, yaitu melakukan pembelajaran yang berorientasi kolaborasi peserta didik dan guru, berintegrasi dengan teknologi, berorientasi HOTS, serta bernuansa penguatan karakter dan keterampilan 4C.

Prosesnya diawali pendahuluan (orientasi, apersepsi, dan motivasi), kegiatan inti (sintak 1 sampai dengan 5), lalu penutup (evaluasi dan rencana tindak lanjut). Pihak-pihak yang terlibat, yaitu penulis sebagai guru, peserta didik, kepala sekolah, dan teman-teman sejawat. Sumber daya atau materi yang diperlukan, yaitu ponsel dan jaringan internet, laptop, proyektor LCD, pengeras suara, dan arus listrik

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Yaitu:

Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan yaitu : Siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi. Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan

Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa? Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlangsung, mulai dari pendahuluan hingga proses pembelajaran selesai. Anak menjadi lebih semangat dan memancing rasa ingin tahu siswa pada model-model pembelajaran yang lebih bervariasi.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan: Respon rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan. Karena berdampak besar terhadap motivasi belajar siswa. Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu : Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah persiapan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat dan akan diimplementasikan oleh guru di kelas, penggunaan media yang menarik, juga sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran, serta jalinan komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik.

 Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut : Menjadikan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib dan terstruktur. Dapat menyusun perangkat pembelajaran dengan lebih baik peserta didik lebih tertarik dan fokus. Pembelajaran lebih bervariasi. Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

1. Respon rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan. Karena berdampak besar terhadap motivasi belajar siswa.

2. Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :

Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah persiapan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat dan akan diimplementasikan oleh guru di kelas, penggunaan media yang menarik, juga sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran, serta jalinan komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :

1. Menjadikan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib  dan terstruktur.

2. Dapat menyusun perangkat pembelajaran dengan lebih baik

3. Peserta didik lebih tertarik dan fokus.

4. Pembelajaran lebih bervariasi.

5. Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

6. Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun