Mohon tunggu...
Ayu Nabila
Ayu Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Palangkaraya

Mahasiswi Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya Dosen Pengampu Ibu Puput Iswandyah Raysharie, SE., ME

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Definisi Equilibrium Output (Keseimbangan Pasar) dan Kapan Terjadinya Equilibrium Output

5 Oktober 2023   10:45 Diperbarui: 5 Oktober 2023   10:50 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel kali ini akan membahas tentang definisi Equilibrium Output atau disebut juga dengan keseimbangan pasar dan kapan terjadinya keseimbangan tersebut.

Pasar adalah suatu tempat kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli. Yang Dimana adanya penjual yang menawarkan produknya ke pembeli yang membeli produknya tersebut.

DEFINISI EQUILIBRIUM OUTPUT

Equlibriium output (keseimbangan pasar) adalah dimana pada titik harga penawaran dan permintaan dalam keadaan yang seimbang dan tidak ada kecenderungan adanya perubahan.

Keseimbangan pasar akan terjadi pada saat harga produk yang ditawarkan tersebut sama dengan harga yang diminta oleh pembeli, maka terjadilah keseimbangan antara keduanya. Hal ini  terjadi pada saat penjual dan pembeli melakukan transaksi, dan terjadinya kesepakatan pada harga atau jumlah produk.

RUMUS EQULIBRIUIM OUTPUT

Qd = Qs atau Ps = Pd

Adapun fungsi permintaan dan penawaran pada keseimbangan pasar :

Fungsi Permintaan

Terjadinya hubungan harga dengan jumlah barang yang berbanding terbalik. Perbandingan terjadi saat harga barang menurun, maka permintaannya akan naik, Begitupun sebaliknya. Untuk menciptakan keseimbangan, akan ada saat kondisi antara produsen dan konsumen bersaing bisnis untuk mendapatkan barang tersebut.

Fungsi Penawaran 

Lebih kepada hubungan persamaannya pada harga dengan jumlah yang ditawarkan. Semakin tinggi harga barang itu, akan terjadinya pergeseran yang membuat kelebihan keseimbangan dan kelebihan pada penawaran.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Equilibrium Output

  • Jumlah permintaan yang tinggi
  • Faktor dari strategis
  • Jumlah penawaran yang terlalu tinggi
  • Terjadinya perubahan pada permintaan dan penawaran secara bersamaan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun