Pada saat ini terdapat persaingan pasar yang sangat ketat, seperti halnya perusahaan cat khususnya dalam penjualan produk cat tembok. Penjualan cat tembok ini memiliki fungsi untuk memenuhi keperluan interior maupun exterior bangunan yang berorientasi pada konsumen.Â
Dalam artian bahwa perusahaan menggunakan strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan keputusan pembelian komsumen dalam menentukan pilihan, saat ini peran konsumen merupakan pemegang kendali yang sebelumnya produsen yang menentukan produk dan jasa apa yang harus disediakan pasar.Â
Dengan demikian konsumen dapat digunakan sebagai alat untuk melihat peluang yang timbul atapun untuk mengantisipasi persaingan pasar demi mempertahankan dan mampu berkembang sehingga menjaga tingkat kepuasan konsumen.Â
Untuk menjaga tingkat kepuasan konsumen, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas produk yang di jual dan selalu memperhatikan penentuan harga pasar yang beredar.
Saat ini produsen harus berfikir lebih kreatif dan dituntut harus lebih peka terhadap perubahan yang ada. Â Agar tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen, seperti warna yang lebih modern dan harga yang pantas.Â
Dengan demikian, setiap perusahaan mempu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumennya.
Saat ini di era modern dan era teknologi, telah banyak perusahaan yang menggunakan Teknologi Informasi, pencatatan, pemrosesan data semua melalui media computer agar tersusun rapi dan untuk pencarian dapat dilakukan dengan mudah,Â
selain meningkatkan kualitas perusahaan dalam bidang administrasi penggunaan teknologi informasi juga akan meningkatkan efektifitas pekerjaan dalam penjualan dan pengiriman barang tersebut.
Dalam studi kasus ini Kami (Ayu Eka Hapsari, Hernanda Anggara Putra dan Yoga Fahreza) selaku mahasiswa dari jurusan teknik informatika,Â
Universitas Pamulang yang sedang melaksanakan kegiatan kerja praktek ini membuat aplikasi untuk mempermudah jalannya proses kerja penjualan dan inventory barang guna mempermudah pekerjaan karyawan pada PT. Trimitra Unggul Perkasa.
Berikut gambaran perancangan sistem aplikasinya
dan untuk Use Case gambaran yang dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pengguna sistem dengan sistemnya.Â
Implementasi Aplikasi Penjualan dan Inventory Barang pada PT. Trimitra Unggul Perkasa berbasis Wwb menggunakan PHP dan DML untuk memanipulasi data
- Tampilan Halaman Muka Aplikasi
Â
Pada tampilan halaman muka ini user dapat menggeser icon tanda panah, kami memberikan UI Interface yang terkini agar terkesan lebih mewah dan berkualitas. Disamping itu juga ada beberapa user tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut yang dimana smartphone yang dipakai tidak mendukung atau yang disebut OS yang sudah lawas. - Tampilan Halaman Utama
Pada tampilan ini user diberikan beberapa pilihan mulai dari inspirasi desain ruangan, produk yang dijual, menu pencarian produk yang akan dipilih, dan menu dashboard.
- Tampilan Halaman Penjualan
Pada tampilan ini user dapat membeli produk yang ingin meraka beli, ditampilan ini juga user dapat memilih warna cat, jumlah perliter. Jika sesuai dengan keinginan, user dapat melakukan pembayaran
Dalam Proses pembuatan laporan, kami dibantu oleh Bapak Suhanda Saputra, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing dan Bapak Hadi Zakaria, S.Kom, M.Kom., M.M selaku dosen penguji kami selama kegitan kerja praktek berlangsung.
Terimakasih kami ucapkan kepada PT. Trimitra Unggul Perkasa dan Ibu Hilda Angraeni selaku pembimbing diinstansi yang telah memerikan kesempatan kepada kami untuk dapat melaksanakan kegiatan kerja praktek, semoga hasil dari kegiatan ini dapat membantu memudahkan karyawan dalam proses kerja yang lebih efektif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H