Mohon tunggu...
AYU DITA WULANDARI
AYU DITA WULANDARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

27 Maret 2024   10:40 Diperbarui: 27 Maret 2024   11:10 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum saya mulai mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, saya tidak menyadari bahwa isu-isu tersebut juga akan berdampak pada peserta didik selama proses pembelajaran. Ini terkait dengan keterkaitan isu-isu tersebut dengan lingkungan belajar peserta didik. Oleh karena itu, sebagai seorang guru, penting untuk mempertimbangkan dengan bijak isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dalam topik ini, saya memahami tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki dampak yang besar terhadap pengalaman belajar peserta didik di sekolah. Isu-isu sosial seperti kesenjangan pendidikan, diskriminasi, dan keragaman sosial memengaruhi interaksi sosial dan kebutuhan belajar individu.

Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya eksplorasi bersama rekan-rekan, kami membahas pandangan masing-masing tentang penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kami juga menghubungkan dan menyimpulkan isu-isu terkait dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, serta materi yang digunakan sebagai pendukung pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Melalui kegiatan ini, saya mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam proses pembelajaran.

Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Salah satu hal penting yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual adalah melakukan kegiatan diskusi tentang presentasi teman-teman mahasiswa mengenai kesiapannya p dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Hal ini melibatkan penyampaian pandangan mengenai persamaan dan perbedaan terhadap isu-isu yang sering dihadapi dalam konteks pendidikan dan pembelajaran.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dari pemahaman saya sejauh ini, isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangatlah penting untuk dipahami dalam konteks pendidikan. Hal ini melibatkan mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan materi yang diterapkan sebagai scaffolding pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Dengan memahami hal ini, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan inklusif.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Setelah mengikuti mata kuliah ini, saya mendapati bahwa pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam kegiatan pembelajaran lebih jelas bagi saya. Saya menyadari bahwa faktor-faktor ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengalaman belajar peserta didik dan proses pembelajaran secara keseluruhan.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Melalui pembelajaran ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya menyadari bahwa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif, penting bagi guru untuk memahami konteks sosial, budaya, ekonomi, dan politik di mana peserta didik berada.

Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Materi yang telah saya pelajari dalam kaitannya dengan hubungan antar mata kuliah adalah tentang bagaimana menerapkan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman. Hal ini bertujuan untuk mendukung guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mengutamakan kepentingan peserta didik.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Mempelajari perspektif sosiokultural memberikan manfaat besar dalam memahami pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang sesuai dengan latar belakang peserta didik. Hal ini memungkinkan kita untuk mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran dengan materi yang diterapkan sebagai penyokong pada Zona Proximal Perkembangan (ZPD). Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta memastikan bahwa proses pembelajaran berlangsung efektif dan inklusif.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saat ini, saya menempatkan kesiapan saya pada skala 7. Alasannya adalah saya menyadari bahwa masih ada ruang untuk memahami dengan lebih baik bagaimana menerapkan isu-isu dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Dengan demikian, akan terwujud lingkungan belajar yang mendukung dan mengutamakan kepentingan peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkannya dengan optimal adalah dengan mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan isu-isu dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan literasi saya dalam bidang tersebut dan juga bertanya kepada rekan sejawat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan berbagai sudut pandang yang beragam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun