Optimasi mesin pencari adalah salah satu cara paling penting untuk meningkatkan kunjungan ke situs web Anda dan mengekspos konten, produk, atau layanan Anda pada orang yang mungkin tertarik pada tawaran Anda. Artinya, Anda harus mempelajari sedikit SEO (search engine optimization).
 Lalu lintas dari SEO sering disebut sebagai "lalu lintas pencarian organik" untuk membedakannya dengan lalu lintas dari pencarian berbayar. Pencarian berbayar sering disebut sebagai pemasaran mesin pencari (SEM) atau bayar per klik (PPC).
Manfaat SEO
Bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing tentunya wajib mengetahui  manfaat SEO. Penerapan SEO sendiri telah membawa manfaat yang besar bagi para pelaku bisnis, terutama bagi para pelaku bisnis yang memiliki website.Â
- Website menjadi kebanjiran pengunjung yang ditargetkan dengan  kata kunci yang tepat.
- Pelanggan terus mengunjungi website Anda karena kata kunci website sesuai dengan tujuan pencarian.
- Optimasi SEO ini secara tidak langsung meningkatkan penghasilan Anda sebagai penerbit
- Pencarian cache pada mesin pencari adalah hal yang paling penting
- Website bisnis Anda akan tumbuh dan maju
- Menguasai Pencarian Melalui SEO Akan Meningkatkan Penjualan Produk
- Semakin mudah ditemukan, maka semakin besar peluang produk Anda terbeli oleh pasar.
- Optimasi SEO adalah investasi jangka panjang dalam membangun situs web untuk branding pribadi dan profesional.
Cara Kerja SEO
Bagaimana cara kerja SEO? Ada berbagai cara yang di lakukan SEO yaitu sebagai berikut.
1. CrawlingÂ
Crawling atau perayapan adalah  proses mengambil seluruh halaman web yang terkait dengan suatu website. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot di mesin pencari Google.
2. Indexing
Langkah ini memerlukan informasi yang dikumpulkan oleh perayap web. Misalnya kata kunci dan konten sudah diperbarui atau belum. Situs tersebut kemudian akan ditambahkan ke index pencarian.Â
Nantinya, ketika kata kunci tersebut dimasukkan ke browser, mesin pencari akan mendapatkan halaman web yang terindeks.
3. ProcessingÂ
Ketika mesin pencari menerima permintaan dari pengguna, seperti mengetikkan kata kunci "cara kerja SEO" ke dalam mesin pencari, Â mesin pencari akan melakukan proses dengan membandingkan kata kunci "cara kerja SEO" dalam permintaan pencarian.Â
4. Dalculating Relevancy
Tentu saja dalam sebuah website lebih dari jumlah kata kunci yang diketikkan ke  mesin pencari, misalnya kata kunci "pengertian seo", maka mesin pencari melakukan prosesnya dengan menghitung relevansi mesin pencari setiap halaman yang dicari. diindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
5. Retrieving Result
Langkah terakhir dari sistem mesin pencari adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah diproses sebelumnya dan kemudian menampilkannya dalam daftar hasil mesin pencari di browser.
Teknik Optimasi Mesin Pencari
Memahami cara kerja mesin pencari hanyalah langkah pertama  dalam meningkatkan peringkat pencarian situs web. Faktanya, meningkatkan peringkat situs web melibatkan penggunaan berbagai teknik SEO untuk mengoptimalkan situs web untuk pencarian.
1. Riset kata kunciÂ
Riset kata kunci sering kali menjadi titik awal  SEO dan melibatkan mencari tahu kata kunci apa yang sudah diperingkat oleh sebuah situs web, kata kunci apa yang diberi peringkat oleh pesaing, dan kata kunci lain yang dicari oleh calon pelanggan.Â
Mengidentifikasi istilah yang digunakan oleh pencari di Google dan mesin pencari lainnya memberikan wawasan tentang konten apa yang dapat dioptimalkan dan konten baru apa yang dapat dibuat.Â
2. Pemasaran kontenÂ
Setelah kata kunci potensial diidentifikasi, pemasaran konten mulai berperan, baik itu memperbarui konten yang  ada atau membuat konten baru.
 Karena Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan konten berkualitas tinggi, penting untuk menemukan konten  yang sudah ada dan membuat konten menarik yang memberikan pengalaman pengguna positif dan berpotensi.
 Mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil mesin pencari.  Konten berkualitas juga  lebih mungkin untuk dibagikan di media sosial dan menarik tautan.
3. Pembuatan tautan
Karena tautan dari situs web eksternal (dikenal sebagai "tautan balik" dalam bahasa SEO) adalah salah satu faktor peringkat utama di Google dan mesin pencari utama lainnya, mendapatkan tautan balik berkualitas adalah suatu keharusan.
Kualitas tinggi adalah kunci salah satu pengungkit utama yang tersedia untuk seorang SEO . Ini mungkin termasuk mempromosikan konten berkualitas, menautkan ke situs web lainÂ
4. MengoptimLKn arsitektur situs
Tautan eksternal bukan satu-satunya hal yang penting untuk SEO, tautan internal (tautan di dalam website itu sendiri) juga berperan penting dalam SEO.Â
Hasilnya, pengoptimal mesin pencari dapat meningkatkan SEO situs web dengan jasa backlink pbn memastikan bahwa halaman master yang ditautkan dan teks tautan yang relevan digunakan dalam tautan tersebut untuk membantu meningkatkan tingkat relevansi konten halaman dengan istilah tertentu.Â
5. Pengoptimalan di halamanÂ
Selain faktor di luar halaman seperti tautan, memperbaiki struktur halaman sebenarnya dapat memberikan manfaat SEO yang besar dan merupakan faktor yang sepenuhnya berada dalam kendali webmaster.Â
Teknik pengoptimalan pada halaman yang umum mencakup pengoptimalan URL halaman untuk memasukkan kata kunci, memperbarui tag judul halaman agar menggunakan istilah pencarian yang relevan.
6. Markup semantikÂ
Strategi SEO lain yang digunakan oleh profesional SEO adalah mengoptimalkan markup semantik sebuah situs web. Markup semantik (seperti Schema.org).
Digunakan untuk mendeskripsikan makna  konten pada suatu halaman, seperti membantu mengidentifikasi siapa penulis item atau subjek konten  dan jenis konten pada satu halaman.Â
Optimisasi mesin pencari adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas disitus web.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H