"Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku
Meski kau tak cinta kepadaku
Beri sedikit waktu
Biar cinta datang karena telah terbiasa"
Begitulah sebait reff lagu "Risalah Hati" yang kini  kembali dinyanyikan oleh Yura Yunita dengan aransemen berbeda yang sebenarnya sudah di rilis tahun 2021 lalu dan  Lagu ini juga sempat hits di tahun 2000 an dan dinyanyikan oleh Once, sang vocalis Dewa 19 saat itu dalam album "Bintang Lima". Dan kini pun viral di media sosial, warganet ramai ramai menggunakan sound lagu Risalah hati ini dan menambahkan kata kata " Ga bisa Yura" di setiap postingan  sebagai jawaban atas lagu tersebut. Risalah hati sendiri telah menjadi trending  di  kanal You tube musik dengan jumlah view sekitar 1,4 juta penonton.Â
Berbagai ragam ekspresi dari warganet di media sosial seakan menggambarkan bagaimana perasaan perasaan mereka yang tertuang di dalam komentar yang di posting oleh Yura Yunita dalam Account Tik toknya beberapa waktu lalu, dengan tagar #GabisaYura, mulai dari yang komentarnya serius, dan tak sedikit juga yang berkomentar penuh humor. Â Beberapa komentar tersebut antara lain :
"Ga bisa Yura, dia ga suka cewe", tulis pengguna akun Tiktok @withered
" Ga bisa Yura, dia milih ikutin kata mamaknya", tulis pengguna akun Tiktok @Elly Balandina
" Ga bisa Yura, WA ku di blok ", tulis pengguna akun Tiktok @Nisaa skbmi
" Ga bisa Yura, Temboknya terlalu tinggi" , tulis pengguna akun Tiktok @Shae
" Ga bisa Yura, aku istri orang, sedangkan dia Single" , tulis pengguna akun lainnya @HemaliaP
Dan ribuan komentar komentar lainnya yang mewarnai postingan Yura Yunita dalam akun Tik toknya.Â
Memang tidak bisa di pungkiri, di era masifnya teknologi digital dan media sosial, salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan engagement di platform media sosial adalah dengan menggunakan sound musik yang menjadi trending saat itu.Â
Berikut beberapa cara musik dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini:
Membuat Konten yang Menarik sehingga audience dapat terhipnotis, dengan musik salah satunya sebagai alat yang dapat membuat konten yang kita buat jadi lebih menarik dan menarik perhatian audience. Misalnya, video dengan latar musik yang sesuai atau trending saat itu sehingga dapat meningkatkan daya tarik visual dan emosional.Â
Membangun Citra dan Identitas Merek: Musik yang konsisten dalam konten juga  dapat membangun sebuah identitas dan sebuah citra serta merek yang kuat. Pengguna akan lebih mudah mengingat dan mengenali merek  melalui musik yang khas. Musik menjadi elemen yang dapat mencerminkan perasaan atau emosi, mempengaruhi keseharian hingga mengembalikan memori seseorang terhadap suatu tempat maupun individu. Kekuatan inilah yang kerap kali menjadikan penggunaan musik & lagu sebagai medium untuk membangun citra serta mengkomunikasikan suatu pesan merek atau sering di sebut juga dengan istilah "Sonic Branding".
Mengikuti Tren: Menggunakan musik yang sedang tren tentu dapat membantu konten yang kita buat lebih mudah ditemukan dan dibagikan. Ini juga menunjukkan bahwa merek Anda up-to-date dengan tren terbaru yang sedang hype saat ini.
Meningkatkan Interaksi: Musik dapat mendorong audience untuk berinteraksi dengan konten yang kita buat, seperti memberikan responce like, komentar, atau membagikan postingan sehingga segala ekspresi yang tercipta ini mampu membuat sebuah konten juga mudah untuk vira. Musik yang menarik  dapat menciptakan emosi dan reaksi positif dari audience serta menyerap pesan yang disampaikan dalam liriknya.
Menggunakan Platform Musik: Platform seperti akun media sosial  TikTok dan Instagram Reels sangat bergantung pada musik untuk konten yang mereka create. Menggunakan musik yang populer  dan tren, dapat meningkatkan visibilitas dan engagement konten yang kita buat di media sosial.
Nah, Konten anda mau cepat viral? pilihlah musik yang lagi Tren . Bisa Yura ? Bisa dong... Selamat mencoba
Salam Dari Hati
Ayu Hendranata
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H