Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Simpatisan Alien

1 Februari 2022   13:00 Diperbarui: 1 Februari 2022   13:01 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah saya menganggap diri saya warga Bumi? Apakah saya menganggap diri saya manusia? Apakah saya simpatisan alien?

Majelis anggota Komite yang terhormat.

Saya khawatir saya tidak lagi tahu apa maksud dari pertanyaan-pertanyaan ini.

Pertanyaan yang tidak berarti sama sekali bagi sekarang, tak lebih dari gonggongan anjing. Ada hal yang ingin saya dikatakan dan saya mengatakannya bukan untuk membela diri, karena saya tahu itu adalah kata yang menggelikan di pengadilan ini. Saya akan mengatakannya hanya karena satu-satunya alasan bahwa saya harus mengatakannya. Itulah yang ada dalam pikiran saya dan jika tidak saya mengatakannya maka saya mengkhianati profesi dan karir saya, yang akan berakhir bersama keberadaan saya.

Saya telah melihat orang-orang yang menghadiri satu pertemuan karena penasaran, seluruh hidup mereka dihancurkan oleh penyelidikan berikutnya. Saya telah melihat orang-orang yang, semata-mata karena dituduh oleh komite ini, telah melihat hidup mereka hancur.

Anda semua bertindak bagai malaikat penghukum dengan pedang menyala, buta terhadap kehancuran yang Anda sebabkan, tetapi tidak mau berhenti karena Anda yakin tindakan Anda benar dan adil. Jika saya takut, Anda akan melihatnya sebagai rasa bersalah. Tapi saya tak takut, dan Anda melihatnya sebagai kecerobohan yang bodoh. Tidak pernah ada terdakwa yang menang di ruangan ini.

Kekurangajaran yang Anda rasakan dalam diri saya hanyalah rasa pasrah. Hidup saya hancur saat orang-orang Anda mendobrak pintu rumah saya. Saya telah dibawa ke hadapan Anda sekalian yang mahakuasa dan hidup saya berakhir. Orang-orang yang bahkan tidak bisa mengucapkan nama-nama Alien telah diseret ke hadapan Anda sambil menangis setelah buron dari penangkapan karena ketakutan purba sederhana bahwa Anda salah mengira mereka bersalah.

Upaya mereka untuk melarikan diri dan tangisan berikutnya tidak lebih merupakan pengakuan keangkuhan bahwa meja ini diukir dari balok keju. Anda mengambil terlalu banyak kegembiraan dalam misi Anda, tujuan Anda yang tidak dapat dicapai. Tidak ada masyarakat yang bisa benar-benar bersih. Camkan itu.

Sebuah wahana yang membawa manusia telah mendarat di planet itu, ya. Kapal hancur dan para penumpangnya dibunuh, ya.

Saya tidak tahu apakah pilot dan kru dianggap sebagai ancaman atau makanan, tetapi saya tahu bahwa mendarat tanpa penelitian lebih dalam adalah kesalahan. Kesalahan adalah milik kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun