Mohon tunggu...
Axtea 99
Axtea 99 Mohon Tunggu... lainnya -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kakek tiga cucu : 2K + 1Q

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Macam-macam Motivasi Facebooker

13 Desember 2014   10:07 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:23 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1416722840208634750
1416722840208634750

(Photo:FB/Siti Markonah)

Dengan lebih dari satu milyar pengguna saat ini Facebook adalah jaringan media social terbesar didunia. Mark Zuckerberg, pendiri Facebook membuat Facebook pada tanggal 4 Februari 2004, ketika masih menjadi mahasiswa ilmu komputer di Harvard University.

Pada tanggal 18 Mei 2012, Facebook melakukan IPO di NASDAQ, New York Stock Exchance dengan harga Perdana $ 38 per lembar saham. Sekarang harganya mencapai $ 78.68 (per 12 Des-14).

Dengan slogan "to connect people" nya, Facebook telah menyihir banyak  insan didunia untuk bergabung, terutama generasi muda yang haus akan pertemanan tanpa batas ini.

Beragam motivasi mengapa orang membuka akun di Facebook, diantaranya adalah sbb :

1.Cuma Ingin tahu

Ialah mereka yang ingin tahu seperti apa sih Facebook itu. Dia membuat email, akun FB dan kemudian jarang membukanya, juga jarang membuat status, koimentar atau tanggapan, bahkan ada yang sampai ber bulan2 baru membuka kembali akunnya, atau buka akun tapi cuma ingin membaca status facebooker tanpa komen apapun.

2.Mencari teman

Yaitu mereka yang punya motivasi mencari teman atau mantan teman sekolah, teman kuliah, teman sekantor, teman sekota, teman seorganisasi, teman baik dan teman2 lainnya.

3.Mencari pacar

Sekitar 60% Facebooker adalah kalangan remaja, dan beberapa diantaranya punya motivasi mencari pacar. Mereka tidak hanya kalangan pelajar, tetapi juga kalangan mahasiswa, dan faktanya banyak juga facebooker yang menemukan pacar di FB, dan tak jarang pula pacaran mereka berakhir mengecewakan.

4.Mencari jodoh

Yaitu mereka yang ingin mencari jodoh. Dalam hal ini rayuan tidak ditulis di dinding status melaikan di inbox si target. Bahkan ada juga yang memanfaatkan fasilitas chatting. Ada beberapa yang berjodoh lewat FB ini.

5.Mencari selingkuhan

Yaitu mereka yang iseng, menjadi Facebooker hanya untuk mencari teman selingkuhan. Biasanya menggunakan foto profil palsu, biodata palsu, nama palsu dan seterusnya. Konon ada juga yang berhasil menemukan pasangan selingkuhan.

6.Curhat

Yaitu mereka yang memanfaatkan FB untuk sarana curhat, yang ditulis di inbox milik Facebooker yang dipandang mampu memahami masalahnya. Yang dicurhatin umumnya masalah pribadi, masalah belajar, masalah kantor, masalah pernikahan, masalah bisnis dan masalah2 lainnya.

7.Promosi

Yaitu mereka yang memanfaatkan FB untuk mempromosikan bisnisnya, namun untuk itu harus ber hati2, karena keseringan memasang iklan di FB bisa di remove atau di block Facebooker lain.

8.Sharing

Yaitu mereka yang senang berbagi, antara lain berbagi pengetahuan, informasi, berita, dakwah agama, kata2 mutiara, kata2 bijak, artikel motivasi, gambar/foto/video, guyonan, kritik, pemcerahan dan status2 atau artikel lain yang bermanfaat bagi Facebooker lain.

9.Kriminal

Yaitu mereka yang punya motivasi buruk atau komunitas yang buruk. Misalnya ada Facebooker yang berniat memperdaya Facebooker wanita, adanya kaum homosex atau gay, lesbian atau PSK yang menawarkan diri lewat inbox2 Facebooker.

10. Inspirasi dan referensi untuk menulis di Kompasiana

Dengan sangat beragamnya latar belakang para pengguna Facebook, maka akan berdampak pada banyaknya tulisan dan gambar2 yang menarik dan aktual dengan kondisi yang sedang terjadi.  Tulisan dan gambar ini bisa dijadikan inspirasi dan atau referensi bahan tulisan di Kompasiana

11.Lain-lain

Yaitu mereka yang mempunyai  motivasi lain, misalnya hanya untuk mencari informasi penting rencana reuni sekolah/kampus, undangan makan siang bersama, menyebarkan undangan ulang tahun/pernikahan, menyampaikan berita duka, kepindahan rumah dan motivasi2 lainnya.

Saya pribadi menulis di Kompasiana selama ini dengan lebih dari sembilan puluh persen baik bahan tulisan maupun gambarnya  terinspirasi oleh Facebook.  Sehingga pernah tiga kali gambarnya dicolek admin karena dianggap melanggar ketentuan K sehingga isi tulisannya menjadi tampak ompong....

Bila anda kompasianer yang kebetulan memiliki juga akun FB, masuk kategori manakah anda ???

Referensi :

Mashable

FB/Siti Markonah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun