Mohon tunggu...
AWALUDIN SPd
AWALUDIN SPd Mohon Tunggu... Guru - Asli

Calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kab. Pandeglang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 3.3

17 Oktober 2021   21:20 Diperbarui: 17 Oktober 2021   21:23 604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid

Oleh : AWALUDIN, S.Pd

Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?

1. Program yang dibuat dari pemetaaan asset yang telah dilakukan

2. Pembuatan Program yang langkah penerapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarakan Rencan dan Atur Eksekusi)

3. Pengelolaan Program dengan Manajemen MELR (monitoring, evaluation, learning dan reporting)

4. Pengelolaan Program dengan Manajemen Resiko (Resiko strategis, Resiko finansial, Resiko Operasional, Resiko Pemenuhan dan Resiko reputasi)

Benang merah yang dapat ditarik

Dalam merencanakan program yang berpihak kepada murid hendaknya melihat potensi yang ada pada murid sebagai kekuatan dengan menggunakan pemetaan, model dan strategi yang tepat.

Apakah kaitan antara pemetaan sumber daya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid?

Berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara seorang guru dianalogikan bagai seorang petani dan murid dianalogikan sebagai tanaman, dimana setiap tanaman mempunyai cara perlakukan yang berbeda, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, dalam implemntasinya untuk menghargai setiap perbedaan kodrat yang dimiliki peserta didik, maka diterpakan pembelajaran berdiferensiasi dimana pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, Kompetensi Sosial Emosional dan Pembiasaan Budaya Positif.

Dalam perannya sebagai pemimpin pembelajaran seorang guru harus mampu membuat program yang berdampak murid dengan terlebih dahulu mengidentifikasi sumber daya yang dimiliki (asset), merencanakan sebuah program menggunakan pendekatan bagja, mengelola program dengan pendekatan MELR dengan memperhatikan segala kemungkinan resiko yang akan terjadi (manajemen resiko)

Adakah materi dalam modul lain/paket modul lain yang berhubungan dengan materi dalam modul 3.3. ini? Jabarkanlah jika ada.

Nilai, Peran dan Visi Guru Penggerak

Seroang guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan diri, mengembangkan orang lain memimpin manajemen sekolah dan memimpin pengembangan sekolah melalui program yang berpihak pada murid.

Bagaimana kaitan dari semua materi tersebut dengan peran Anda sebagai guru penggerak?

Seorang guru penggerak harus menjadi agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan profile pelajar pancasila

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun