1. search engine optimization (SEO)
cara yang paling utama, kebanyakan orang menerapkan SEO untuk mengoptimalkan mesin pencari. dengan kata kunci tertentu serta dengan adanya konten sedemikian rupa berdasarkan tips SEO, SEO ini bisa membantu pengguna internet menjangkau bisnis yang sedang di jalankan.
SEO memiliki dampak yang sangat besar untuk promosi dan memasarkan produk maupun jasa secara digital.
perlu diketahui kebanyakan orang menggunakan internet akan membuka beberapa halaman google saja untuk menemukan apa yang mereka inginkan, karna ini lah pentingnya memaksimalkan penerapan SEO sehingga kata kunci yang digunakan dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet.
2. Search engine marketing (SEM)
SEM juga jenis digital marketing yang memungkinkan produk muncul di halaman pertama di mesin pencari, sangat dibutuhkan keahlian dan pendanaan yang berbeda dengan praktik digital campaign lainnya. Biasanya mesin pencari akan menampilkan iklan yang berbayar.
3. Social media marketing (SMM)
Sosial adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia modern pada zaman sekarang dari berbagai profesi, usia, gender dan lapisan masyarakat manapun.
manfaat sosial media sangat tepat untuk promosi online, bisa sangat membantu untuk memasarkan suatu produk dan jasa bisnis serta menjadi wadah terbaik untuk interaksi antara penjual dan pembeli.
4. pay per click (PPC)
salah satu teknik digital marketing yang memanfaatkan internet dan website sebagai perantaranya. Agar iklan dan websitenya muncul kamu harus membayar sejumlah biaya tergantung dari kualitas website dan seberapa besarnya kompetisi dalam merebutkan keyword.
5. Content marketing
content marketing yaitu cara pemasaran menggunakan konten bertujuan untuk menarik pembeli. konten yang dibuat harus menggiring ketertarikan terhadap produk bisnis serta memberikan informasi tentang produk bisnis dan mengundang orang untuk membeli.
6. Email dan viral marketing
Email Marketing yaitu proses pengiriman pesan berbentuk tulisan atau gambar terhadap pelanggan yang mendaftarkan email di website atau platform bisnis tertentu. cara ini sangat efektif digunakan karna hampir semua orang memiliki email.
7. Influencer marketing
Influencer di medsos memiliki pengaruh yang sangat besar bagi para followersnya, biasanya pengikut dari influencer tersebut akan sangat loyal untuk membeli barang yang digunakannya, bekerja sama dengan influencer akan sangat menguntungkan bagi bisnis, kerjasama yang dilakukan bisa berupa memberikan kode diskon, melakukan challenge giveaway dan sebagainya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H