GMDSS DAILY, WEEKLY DAN MONTHLY TEST DI ATAS KAPAL
By, AVIORISH
Pengembangan GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) pada industry pelayaran telah memiliki jalan yang panjang. GMDSS diciptakan untuk memastikan komunikasi dalam keadaan darurat berjalan lancar.
Manfaat terbesar dari GMDSS adalah berkurangnya kapal-kapal yang menghilang tanpa jejak dan memungkinkan tim SAR untuk menrima informasi marabahaya dengan cepat berbekal lokasi yang lebih tepat dari kapal yang mengalami bahaya.
Untuk memastikan alat-alat GMDSS berfungsi dengan baik, pelaut perlu mengetahui prosedur maintenance dan pemeriksaan rutin.
Tes harian, mingguan dan bulanan harus dilakuan oleh setiap perwira navigasi yang bertanggung jawab tanpa kompromi. Kita permu memahami bahwa GMDSS adalah sahabat terbaik di saat keadaan emergency.
Kapal-kapal di laut harus mampu melaksanakan Sembilan fungsi minimal dari GMDSS, di antaranya;
1.Ship-to-shore distress alerting
2.Shore-to-ship distress alerting
3.Ship-to-ship distress alerting
4.SAR coordination
5.On-scene communications
6.Transmisi dan menerima sinyal lokasi bahaya
7.Mentransmisi dan menerima berita keselamatan (MSI)
8.Komunikasi radio umum
9.Bridge-to-bridge communication
Kesembilan fungsi ini bias dipastikan dengan melakukan test secara berkala.
DAILY TEST
Test harian dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas DSC (VHF, MF/HF) berfungsi dengan baik. Test ini dilakukan tanpa memancarkan radiasi ke luar. Ini dilakukan deng self-test pada menu dari alat GMDSS di kapal. Setiap maker dan tipe memiliki langkah yang spesifik. Ini bias diihat pada instruction book alat tersebut.
Bagian dari daily test ini adalah On-Load dan Off-Load test. Ini secara khusus saya bahas dalam video berikut ini : https://youtu.be/IJ86I4PaENQ
WEEKLY TEST
Weekly test harus dilakukan dengan mengirim panggilan ke coast station. Jika kapal berada di luar jangkauan Coast Station maka bias dilakukan dengan test ke kapal lain. Pastikan bahwa panggilan yang dilakukan adalah panggilan DSC (Digital Selective Calling). Reujuklah kepada manual dari alat anda bagaimana melakukan DSC Test kepada Coast Station. Furuno, JRC dan maker lain memiliki cara masing-masing. Alat yang di test mingguan adalah VHF DSC dan MF/HF DSC
MONTHLY TEST
Berikut ini adalah alat-alat GMDSS yang harus di test bulanan;
1.EPIRB
Pengetesan EPIRB dilakukan tanpa melakukan transmisi actual, alias dengan cara self test. Pada kebantakan EPIRB terdapat tombol test. Tekanlah tombol ini beberapa detik sampai lampu indikatornya berkedip cepat beberapa kali. Pastikan anda memeriksa buku manual dari EPIRB anda karena setiap tipe dapat berbeda dalam cara pengetesannya. Hal penting dari test EPIRB adalah pastikan EPIRB dikeluarkan dari cradle nya. Jika tidak, maka test tidak akan berhasil.
2.SART
Search And Rescue Transponder. Dilakukan dengan cara menggeser tombol normal ke posisi test. Test SART dilakukan terhadap RADAR X-Band. Pada umumnya langka berikut berlaku;
a.Ambil SART dari braketnya
b.SART harus dipegang oleh seseorang yang berada pada area deteksi RADAR. Pindahkan ke posisi TEST beberapa saat. Anda akan mendengan bunyi bip jika SART terinterogasi RADAR.
c.Dalam waktu bersamaan, amatilah X-Band RADAR dan pastikan anda melihat pola tertentu di radar. Pola ini paling tidak terdiri dari 11 lingkaran di mana selang antara lingkaran tersebut sekitar 0.64 NM pada RADAR range 12 NM. Jika SART cukup jauh, maka polanya menjadi berbentuk titik dengan jumlah 12 titik di mana titik yang terdekat adalah posisi SART.
3.TWO Way VHF
Hal paling penting dari test two-way VHF adalah bahwa pengetesan harus dilakaukan pada channel SELAIN channel 16. Jika anda mencatat test two-way VHF di radio log dilakukan pada channel 16 maka intu defisiensi. Pengetesan sebaiknya dilakuka pada channel 13 dan channel 06. Ambilah alat tersebut, hidupkan dan pilih channel. Kemudian pencetlah tombol PTT. Pastikan anda bias mengirim dan menerima komunikasi.
4.NAVTEX
Test bulanan Navtex dilakukan dengan cara self-test yang meliputi test LCD, ROM, RAM dan Printer. Jika NAVTEX dalam keadaan baik maka hasilnya tidak akan mengandung error.
5.INMARSAT
Test bulanan Inmarsat dilakukan dengan PV Test (Performance Verification Test). Pada INM-C Furuno, ini dilakukan dengan memencet keyboard ALT+U kemudian pilih PV test dan ENTER. Setelah beberapa saat hasilnya akan di print.
6.GMDSS Battery
Kabel koneksi battery harus diperiksa. Level elektrolit dan gravity dari cairan battery harus diukur dengan hydrometer. Jika battery nya tipe "Maintenance Free" maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan Specific Gravity mau pun elektrolite.
Pemeriksaan bulanan juga meliputi pemeriksaan semua antenna GMDSS secara visual. Pastika bahwa kabel-kaber tersambung dan tidak memiliki kebocoran.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia Pelayaran, silakan kunjungi channel youtube saya di;
YT : https://www.youtube.com/user/aviorish
IG Â : https://www.instagram.com/avior1986
Fb : https://www.facebook.com/aviorish/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H