Mohon tunggu...
Aurelia Melisa
Aurelia Melisa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

6 Karakteristik Media Baru iNews.id

2 September 2018   21:08 Diperbarui: 4 September 2018   11:52 1175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media saat ini sudah memasuki era baru dimana banyak perkembangan yang kemudian mampu menghapuskan batasan antara perusahaan media dan juga individu. Media baru atau new media tentu memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:

  • Digital
  • Interaktif
  • Hipertekstual
  • Virtual
  • Jaringan
  • Simulasi

Berikut adalah analisis karakteristik media baru dalam portal berita online iNews.id.

A. Digital

Media baru digambarkan sebagai sesuatu yang digital. Digital di sini berarti bahwa semua data input diubah menjadi angka.

iNews.id merupakan sebuah media online yang menjadi pelengkap bagi iNews TV hal tersebut seperti diungkapkan Hary Tanoe dalam news.okezone.com pada tanggal 8 Januari 2018.

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa ada perkembangan yang dibuat oleh iNews TV dimana tayangan berita yang disampaikan di televisi (media analog) kemudian juga disampaikan dalam media digital yakni portal berita online.

iNews TV tidak semata-mata meninggalkan media analognya, namun mereka mengembangkannya ke dalam media digital.

Dengan adanya portal berita online yang bersifat digital ini, teks tidak perlu dicetak, data yang ada juga dapat dikompersi menjadi ruang yang kecil, orang-orang dapat mengaksesnya dengan mudah dan tentu lebih cepat.

B. Interaktivitas

Interaktivitas merupakan sebuah istilah dimana pengguna memiliki rasa keterlibatan yang kuat dengan teks media. iNews.id merupakan salah satu media yang juga berusaha membuat agar pembacanya dapat terlibat, salah satu caranya yakni dengan menyediakan kolom komentar yang akan tayang di facebook dan terdapat di setiap berita yang tayang.

Kolom komentar Facebook
Kolom komentar Facebook
Selain itu bentuk interaktivitas juga nampak dari adanya kolom diskusi yang memungkinkan pembaca untuk dapat saling memberikan timbal balik. Walaupun telah disediakan kolom -kolom komentar, namun sejauh ini kolom tersebut masih jarang digunakan dan terpantau sepi dari komentar.

Kolom diskusi
Kolom diskusi
Pembaca juga dimungkinkan untuk membagikan berita yang ada melalui facebook, twitter, gmail juga whatsapp.

Pilihan media untuk membagikan artikel
Pilihan media untuk membagikan artikel
C. Hipertekstual

Hipertekstual merupakan teks yang terhubung dengan teks lain yang diluar teks itu sendiri. Terkait dengan karakteristik ini, iNews.id juga merupakan salah satu media yang memiliki hipertekstual, yakni dengan tersedianya kolom "Berita Terkait".

Dengan adanya kolom ini pembaca dapat mengakses secara langsung berita-berita yang terkait dengan berita sebelumnya dengan lebih mudah dan cepat.

Contoh adanya Hipertekstual
Contoh adanya Hipertekstual
Adanya Tag yang disertakan dalam berita juga memungkinkan pengguna untuk mencari berita lain yang terkait dengan kata-kata yang muncul dalam pemberitaan.

Contoh adanya Hipertekstual
Contoh adanya Hipertekstual
D. Jaringan
  • Konsumsi

Konsumsi media sejak tahun 1980-an mengalami perubahan salah satunya yakni media dapat diakses dengan berbagai cara. iNews.id merupakan salah satu bentuk perkembangan tersebut, iNews.id dapat diakses melalui Personal computer (PC), handphone, tablet. Selain itu iNews.id yang merupakan perkembangan dari iNews TV tentunya juga memiliki konten yang hampir sama antara portal berita online dengan TV.

Penonton media juga mengalami fragmentasi, untuk hal ini, iNews.id juga memfragmentasi pembacanya dengan menyediakan berbagai pilihan berita yang dibagi kedalam jenis berita dan juga berdasarkan wilayah terjadinya peristiwa.

Pilihan berita dalam iNews.id
Pilihan berita dalam iNews.id
  • Produksi

Produksi media jauh lebih mudah. Dengan adanya media iNews.id berita lebih mudah untuk segera disebar kepada masyarakat daripada dengan menggunakan TV.

  • Konsumsi memenuhi produksi

Media saat ini memampukan penggunanya untuk menjadi konsumen sekaligus produsen. Hal ini juga dapat dilihat dalam iNews.id yakni dengan adanya kolom komentar, diskusi, serta share.

E. Virtual

Filsuf Gilles Deleuze dalam Lister (2009) melihat bahwa virtual bukanlah kebalikan dari yang nyata melainkan itu semacam realitas dan menentang apa yang sebenarnya 'nyata'. Karakteristik ini dalam iNews.id masih belum terlalu diterapkan. iNews.id masih memberikan gambaran terkait kejadian pada masyarakat dengan gambar atau video saja

F. Simulasi

Simulasi dapat diartikan sebagai dunia buatan yang mendekati dunia nyata. Tidak seperti media lain yang sudah memampukan pembacanya untuk merasakan secara langsung gambaran peristiwa dalam berita, iNews.id juga belum memiliki fasilitas yang demikian. iNews.id masih sekedar menampilkan teks, foto juga video dalam portalnya belum ada tampilan yang seperti VR.

Sumber Gambar: Portal berita online iNews.id https://www.inews.id/

Daftar Pustaka: 

Lister, Martin dkk. 2009. New Media a Critical Introduction Second Edition.New York: Routledge.

Rizky, Muhammad. 2018. Hary Tanoe Luncurkan Portal Berita Terbaru iNews.id. Jakarta: Okezone.com. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2018 dalam https://news.okezone.com/read/2018/01/08/337/1841922/hary-tanoe-luncurkan-portal-berita-terbaru-mnc-inews-id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun