“Berani Bermimpi, Berani Beraksi” menjadi semangat yang diusung dalam Kejar Mimpi Craft, sebuah inisiatif yang difokuskan pada pengembangan potensi generasi muda dalam bidang ekonomi pembangunan sosial. Melalui program ini, peserta diajak untuk mendalami budaya dan kerajinan khas Malang yang bernilai ekonomi tinggi, serta mempelajari strategi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan meningkatkan pemasaran produk keramik dan pengembangan sektor pariwisata.
Kolaborasi antara Kejar Mimpi by CIMB Niaga dan Kampung Keramik Dinoyo menjadi bukti nyata bahwa generasi muda yang penuh antusiasme eksplorasi mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat. Program ini menjadi wadah bagi mereka untuk belajar langsung dari para ahli, berbagi inspirasi, dan saling mendukung dalam menciptakan berbagai inovasi yang berdampak.
Penyelenggaraan Kejar Mimpi Craft merupakan bagian dari komitmen PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk membantu generasi muda di Indonesia agar semakin berdaya dalam mewujudkan mimpi dan memberikan manfaat bagi sesama melalui berbagai kegiatan yang positif. Hal ini diharapkan dapat melanjutkan kesuksesan program-program Kejar Mimpi Malang sebelumnya.
"Melalui Kejar Mimpi Malang, kami berharap kegiatan ini mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan penjualan produk keramik, sekaligus memperkuat pemahaman budaya dan sejarah lokal di Kampung Keramik Dinoyo," kata Isma, Head of Division Creative Program.
Kejar Mimpi Craft digelar menarik dengan beragam rangkaian kegiatan positif. Diawali dengan sosialisasi tentang budaya kriya Malangan, yang merupakan salah satu warisan luhur dari nenek moyang sejak zaman Kerajaan Kanjuruhan pada abad ke-7 Masehi. Kampung Keramik Dinoyo, yang terkenal dengan kerajinan gerabah dan keramik, menjadi pusat dari kegiatan ini, dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang nilai budaya lokal dan keterampilan pembuatan keramik. Harapannya, program ini dapat membangun semangat Kejar Mimpi dan mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya lokal sambil meningkatkan keterampilan mereka dalam seni kriya.
Kegiatan utama berupa praktik langsung pembuatan keramik dipandu oleh pengrajin ahli dari Kampung Keramik Dinoyo. Peserta diajak untuk terlibat dalam proses kreatif dari pembentukan tanah liat dengan tujuan mengasah keterampilan sekaligus memahami warisan budaya yang telah ada sejak zaman Kerajaan Kanjuruhan. Harapannya, kegiatan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk melestarikan seni lokal serta mendukung ekonomi kreatif Kampung Keramik Dinoyo. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 50 peserta yang mendapatkan wawasan berharga tentang pentingnya pelestarian budaya serta potensi peningkatan ekonomi dengan kerajinan keramik.
“Menggeluti sesuatu apapun itu lakukanlah dengan gembira seperti membentuk keramik dengan sepenuh hati, saya berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat umum untuk melestarikan budaya gerabah dan meningkatkan ekonomi melalui kerajinan keramik.” Ujar Bapak Juadi, Pengelola Kampung Keramik Dinoyo
CIMB Niaga akan terus berupaya dalam mendukung anak muda mewujudkan aspirasi dan menjadi Generasi Berdaya yang bermakna untuk kemajuan Indonesia. CIMB Niaga berkomitmen untuk terus mewadahi komunitas Kejar Mimpi yang telah tersebar di 35 kota untuk melanjutkan berbagai program yang berdampak bagi masyarakat luas.
Tentang Komunitas Kejar Mimpi
Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. Gerakan #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.
Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 1,000 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1,600 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 185.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu Pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial.
Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:
Kejar Mimpi Malang
[Afanin Rushafah: shafahafanin@gmail.com]
[INSTAGRAM: @kejarmimpi_malang]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H