Dalam suatu kegiatan ekonomi pasti didalamnya terdapat pasar yang digunakan untuk aktivitas jual beli, sama dengan halnya dalam kegiatan media, pasti memerlukan pasar untuk mempromosikan program yang telah diproduksi agar memperoleh perhatian dari masyarakat sekitar. Pasar merupakan target atau sasaran dari produk, baik barang ataupun jasa yang dihasilkan oleh media. Kebebasan akses media sendiri  juga ditentukan oleh perkembangan teknologi komunikasi masyarakat yang mana secara luas dan terbuka dapat menikmati akses media dan komunikasi tergantung pada pelayanan  informasi oleh provider media.
    Seiring dengan perkembangan globalisasi yang sedang terjadi di dunia, penyebaran informasi menjadi cepat dan mudah, dampak yang di timbulkan adalah dunia menjadi terasa semakin sempit karena informasi yang ada. Salah satu bidang yang terkena efek globalisasi adalah media, kenapa media karena media tidak lagi hanya berkonsentrasi pada masyarakat dalam negeri, namun juga mulai melihat hal yang lebih besar dan lebih luas, yaitu pasar di dunia. Di sinilah terjadi globalisasi di media dan memunculkan media global.Â
   Media global merupakan istilah yang merujuk pada sistem media yang telah berhasil mendistribusikan muatannya, baik itu berupa  informasi, pendidikan, maupun hiburan pada tingkat  internasional. Media global mempunyai karakteristik yang khas yang membedakannya dari media lain Media global, sesuai dengan namanya, adalah media yang mendunia. Artinya, media ini memiliki cabang di banyak negara, bahkan mendunia. Artinya media ini akan terus-menerus melakukan perluasan distribusinya. Entah itu dengan membangun kantor baru ataupun melakukan rekruitmen karyawan baru ataupun dengan membeli saham suatu media
    Tingkat peningkatan arus informasi transnasional, dimungkinkan oleh teknologi komunikasi baru dan pergeseran dalam organisasi kelembagaan  ekonomi, politik dan hukum - pada sarana komunikasi, telah sangat mempengaruhi industri media global. Semakin, penekanannya bergeser dari pendekatan tradisional dalam mempertimbangkan peran media dalam masyarakat nasional, untuk mempelajari arus informasi yang menunjukkan pola transnasional media dan struktur komunikasi, proses dan khalayak. Hal ini menjadi perlu karena hperaturan internasional dan kerangka hukum dan globalisasi kepemilikan dan kontrol di sektor telekomunikasi dan media - termasuk televisi, film, dan media online.
    konvergensi media didefinisikan sebagai penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini. Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan berkembangnya teknologi, khusunya peralihan teknologi analog ke digital. Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat.
PERDAGANGAN GLOBAL DALAM PRODUK MEDIA
    News Corpration merupakan salah satu media terbesar di dunia. Di tahun 2010, NewsCorp memiliki 50.000 pekerja dan memperoleh pendapatan USD 32 milar. Korporasi ini adalah;
- Televisi; Â melalui Fox Broadcating Company,
- Film; perusahaan Fox Filmed Entertanment menguasi perfileman di dunia, produksi dan distribusi di Amerika, Eropa, Australia, Asia, dan Amarika Latin.
- Buku; perusahaan HarperCollins, sebuah grup penerbit di Amerika, Kanada, Indoa, Australia, dan Selandia Baru.
- Media Online; Â perusahaan NewsCorp memiliki berbagai media online, termasuk Myspace, Beliefnet, Scout.com dan sebagaian kepemilikan hulu.com
    Besarnya produksi media dari barat, terutama dari Amerika Serikat,  dengan melakukan penetrasi budaya yang mendominasi budaya lainnya.  Sebagai contoh adalah ekspor produk dari barat yang sering menimbulkan konflik dengan nilai-nilai tradisi sebuah Negara.  Argumentasi lainnya, menghasilkan penggerusan nilai-nilai dan budaya lokal.
    Misalnya saja, terdapat 6 studio besar di Amerika Serikat yang menguasai 60 persen acara seri televisi, dan 55 persen film di eropa. Keenam perusahaan besar itu, 20th Century Fox, Walt Disney Picture, Warner Brother Picture, Paramount Picture, Columbia Picture, dan Universal Picture.
Sumber :
https://www.academia.edu/6415417/Dinamika_Media_dan_Masyarakat?auto=download
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H