A. Aliran filsafat diantaranya :Â
Progresivisme : aliran ini menyatakan bahwa aliran yang benar masa kini belum tentu benarpada masa mendatang. Dalam aliran ini mengajarkan bahwa pendidikan harus berpusat pada anak bukan pada guru.Â
Tujuan pendidikan menurut aliran iniharus memberikan keterampilan pada muridnya. Aliran ini memiliki 2 sifat, yaitu :Â
a. Sifat negatif : aliran ini menolak adanya otoritarismedan absolutisme dalam segala bentuk.
b. Sifat positif : sifat ini menaruh kepercayaan terhadap adanya kekuatan ilmiah.
2. Aliran esensialisme : aliran ini didasarkan pada kebudayaan. Aliran ini memandang  bahwa pendidikan berpijak pada nilai. Tujuan pendidikan memurut ini yaitu membentuk kepribadian yang bahagia di dunia.
3. Aliran perenialisme : aliran ini mengandung kepercayaan filsafat yang beroegang teguh pada nilai dan norma-norma yang sifatnya pribadi. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali dari keadaan sekarang pada masa lampau.
4. Aliran rekontruksionisme : aliran yang merombak tatanan susunan hidup yang berkebudyaan menjadi corak modern. Aliran ini hampir sama dengan aliran perenialisme. Rekontruksionisme beranggapan bahwa yang menyelamatkan dunia adalah manusia itu sendiri.
5. Aliran eksistensialisme : yaitu interaksi dari sebagian besar reaksi terhadap peradaban manusia.
6. Aliran idealisme : aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang tertinggi adalah ide. Salah sati tokoh aliran ini yang terkenal adalah plato.
B. Tokoh Aliran Filsafat Pendidikan
1. Plato : merupakan salah satu ilmuan di barat. Ajaran plato yaitu setiap pengetahuanmengandung ide-ide terdapat pada pikiran manusia.
2. Aristoteles : ia dikenal sebagai bapak ilmi pengetahuan dunia. Ia berpendapat bahwa kebenaran sebenarnya hanya dapat di capai dengan pengertian.
3. John Almos Comenius : ia lahir pada 20 maret 1592. Ia adalah filsuf pertama yang memberikan orientasi terhadap filsafat pendidikan. Dan juga ajarannya adalah bahwa manusia diciptakan sejatinya untuk Tuhan.
C. Tokoh Filsafat Pendidikan
1. Imam Ghazali : ia memiliki pemikiran yang luas serta mendalam tentang tasawuf, filsafat, serta ilmu pendidikan. Poin-poin pandangan pendidikan menurut Imam Ghazali yaitu :Â
a. Kegiatan mencari ilmu medupakan kegiatan dalam konsep pendidikan
b. Etika seorang peserta didik
c. Peneguhan tentang agama
2. Ki Hajar Dewantara : ia merupakan bapak pendidikan di Indonesia. Ia mengartikan pendidikan sebagai upaya orang tua untuk memperbaiki kehidupan seorang anak atau murid yang berhubungan dengan jasmani dan rohani. Sistem pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara diantaranya
a. Pamong atau mengasuh
b. Pamong yaitu seorang guru
Salah satu tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah menyempurnakan pendidikan, baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H