PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DI KELURAHAN DUKUH PAKIS KOTA SURABAYA
Aulia Ramadhani Putri
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
E-mail: auliaramadhaniputri.19037@mhs.unesa.ac.id
Anisa Amelia
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
E-mail: anisaamelia.19047@mhs.unesa.ac.id
Abstrak
Budaya literasi di Indonesia masih tergolong rendah, dengan adanya permasalahan ini KKN yang dilakukan di Kelurahan Dukuh Pakis berfokus pada peningkatan literasi masyarakat.Â
Tujuan dari pelaksanaan program KKN ini yaitu untuk membantu meningkatkan kualitas literasi masyarakat, mengaktifkan penggunaan taman baca masyarakat yang ada di Dukuh Pakis, dan membantu mengembangkan kreativitas anak-anak usia sekolah yang ada di Dukuh Pakis.Â
Metode pelaksanaan kegiatan KKN dilakukan dalam bentuk pengumpulan data dan sosialisasi. Beberapa hasil dari program KKN yang telah dilaksanakan adalah taman baca masyarakat berjalan aktif, beberapa hasil karya dari limbah, serta mading dan scrapbook yang diperlukan di taman baca masyarakat.
Kata Kunci: KKN, literasi, taman baca masyarakat.
                                                Â
Abstract
Literacy culture in Indonesia is still relatively low, with this problem KKN conducted in Dukuh Pakis Village focuses on increasing community literacy.Â
The purpose of implementing this Community Service Program is to help improve the quality of community literacy, activate the use of community reading parks in Dukuh Pakis, and help develop the creativity of school-age children in Dukuh Pakis.
The method of implementing KKN activities is in the form of data collection and socialization. Some of the results of the KKN program that have been implemented are an active community reading park, some works made from waste, as well as wall magazines and scrapbooks that are needed in community reading parks.
Keywords: Community Service Program, literacy, community reading park.
PENDAHULUANÂ
Kelurahan Dukuh Pakis adalah salah satu kelurahan yang berada di lingkup kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya. Dari berbagai kelurahan yang tersebar di Surabaya, kelompok KKN Surabaya 7 UNESA memilih Kelurahan Dukuh Pakis sebagai lokasi kegiatan KKN. Lokasi Kelurahan Dukuh Pakis berada di wilayah Surabaya Barat. Kelurahan Dukuh Pakis ini terbagi menjadi 7 Rukun Warga (RW) dan 36 Rukun Tetangga (RT).Â
Penduduk Kelurahan Dukuh Pakis mayoritas termasuk dalam kelas sosial menengah, dimana penduduknya hidup tidak miskin dan tidak juga kaya, dalam artian kebutuhan hidup mereka terpenuhi baik secara kebutuhan primer maupun sekundernya.Â
Hanya kelompok penduduk di beberapa RW saja yang kehidupan ekonominya menengah ke atas dimana mereka tinggal di kompleks perumahan yang tergolong mewah. Kelurahan Dukuh Pakis juga memiliki struktur organisasi pengembangan kampung dimana terdapat di setiap RW yang ada di dalamnya.Â
Organisasi pengembangan RW diantaranya adalah ibu–ibu tim penggerak PKK dan Karang Taruna yang menjadi sumber motivasi perubahan kampung ke arah yang lebih baik.Â
Selain itu, Kelurahan Dukuh Pakis diberi kepercayaan oleh Pemerintah Kota Surabaya berupa dibangunkannya TBM (Taman Baca Masyarakat) di beberapa RW yang ada di Kelurahan Dukuh Pakis guna menumbuhkan minat budaya literasi (membaca) warga.
Dengan adanya TBM, kami berharap dapat memaksimalkan kembali penggunaan TBM dan meningkatkan minat baca masyarakat yang ada di Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya.
Pelaksanaan kegiatan Kelompok KKNT Surabaya 7 direalisasikan dalam berbagai bentuk permasalahan yang relevan dengan permasalahan pendidikan yang ada di Kelurahan Dukuh Pakis. Penyelenggaraan kegiatan KKNT Asistensi Mengajar ini diharapkan dapat membantu warga khususnya anak – anak usia sekolah dalam mengembangkan motorik, kreativitas dan kekritisan mereka sesuai dengan program kerja yang telah kami buat.
Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan, kelompok kami menyimpulkan terdapat beberapa permasalahan yang ada di Kelurahan Dukuh Pakis, yaitu sebagai berikut:
- Rendahnya minat baca masyarakat.
- Penggunaan TBM yang belum maksimal.
Adapun tujuan dari kegiatan KKNT diantaranya sebagai berikut:
- Mengaktifkan penggunaan TBM yang ada di Dukuh Pakis.
- Membantu mengembangkan kreativitas anak-anak usia sekolah yang ada di Dukuh Pakis.
- Membantu meningkatkan kualitas literasi masyarakat.
METODE
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik MBKM Asistensi Mengajar (Program ‎Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Keterampilan Literasi demi Terwujudnya ‎Masyarakat Tangguh) terhitung dari tanggal 10 Maret-25 Juni tahun 2022 dilaksanakan di ‎Kecamatan Dukuh Pakis yang terletak di Kelurahan Dukuh Pakis, Kota Surabaya.‎
‎1. Pengumpulan data‎
Dalam menyusun artikel program kuliah kerja nyata ini dilakukan pengumpulan data dengan ‎berbagai teknik pengumpulan data yang ada, antara lain:‎
a. Pengamatan (observasi)‎
Teknik pengumpulan data berupa observasi dilakukan dengan cara mengamati dan menelaah ‎secara langsung keadaan lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga dapat menentukan program ‎yang akan dilaksanakan dan menyiapkan segala kebutuhan teknis terkait program tersebut.‎
b. Wawancara
Selain melakukan pengamatan secara langsung, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga ‎melakukan wawancara sebagai salah satu teknik pengumpulan data dengan melakukan tanya ‎jawab secara langsung dengan perangkat desa, masyarakat, pihak sekolah, dan warga Kelurahan ‎Dukuh Pakis. Pihak-pihak tersebut memiliki informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang ‎merupakan pelaksana dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN).‎
c. Internet Surfing
Internet Surfing dilakukan untuk mendapatkan data-data yang sifatnya ter-update, atau dapat ‎dikatakan data-data terbaru agar data yang digunakan selalu bersifat aktual.‎
‎2. Analis data‎
Data primer dan sekunder yang telah diperoleh dari pengumpulan data akan diolah dengan pola ‎deskriptif kualitatif. Pada tahap pertama dilakukannya reduksi data, reduksi data merupakan ‎proses pemilihan, pemusatan perhatian melalui penyederhanaan, pengabstrakan, dan transformasi ‎data yang didapatkan, baik data primer maupun sekunder yang telah dipaparkan sebelumnya. ‎Kemudian setelah reduksi data dilakukan, maka dilakukannya penyajian data yang berarti ‎menyajikan data dalam bentuk uraian singkat ataupun bagan.Â
Dalam penelitian kualitatif, ‎penyajian data biasanya dilakukan secara naratif agar mudah untuk dipahami. Pada tahap terakhir ‎dilakukannya penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ‎kualitatif merupakan temuan baru yang disajikan berupa deskripsi atau gambaran yang awalnya ‎belum jelas menjadi jelas.‎
‎3. Pelaksanaan
Pelaksanaan program KKN meliputi:
- ZENLI (Zona Edukasi, Numerasi, Literasi, dan Inspiratif)‎
- SOLID (Sosialisasi Literasi Digital)‎
- DAMAR PAUD (Dampingi dan Mengajar PAUD)‎
- SMSYA (Satu Minggu Satu Karya)‎
- RAMADHAN CERIA
HASIL DAN PEMBAHASAN
Minat membaca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan
perasaan senang terhadap kegiatan membaca, sehingga mengarahkan individu untuk membaca dengan kemauannya sendiri (Sari, 2020). Dengan kondisi masyarakat di Indonesia yang kesadaran membacanya masih rendah, kualitas sumber daya manusia akan sulit bersaing dengan negara lain.Â
Hal ini akan menurunkan tingkat perekonomian dan daya juang masyarakat Indonesia dalam bersaing karena kurangnya pengetahuan. Dampak dari rendahnya budaya literasi yaitu semakin tinggi angka putus sekolah, kebodohan semakin merebak, kemiskinan, tingginya tingkat kriminalitas, produktivitas kerja menjadi rendah, dan semakin rendah dalam menyikapi informasi (Paulina et al., 2021).
Dengan permasalahan yang ada dan tujuan yang sudah ditentukan, maka disusunlah daftar kegiatan yang akan dilakukan. Berikut daftar kegiatan yang dapat bermanfaat di lingkungan Kelurahan Dukuh Pakis:
1. Program Kerja Utama
- ZENLI (Zona Edukasi, Numerasi, Literasi, dan Inspiratif).Â
Program kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kegiatan, yaitu revitalisasi TBM, mendongeng, belajar mengajar, dan kisah inspiratif yang dipandu oleh kelompok KKNT Surabaya 7. Diharapkan agar anak-anak dapat terbiasa dengan budaya literasi, mengetahui pentingnya literasi, aspek motorik yang terlatih, dapat menerapkan sikap positif tokoh dalam dongeng yang diceritakan dan termotivasi menjadi generasi muda yang hebat dan tangguh.
- SOLID (Sosialisasi Literasi Digital).Â
Program kegiatan ini berupa sosialisasi bahaya berita hoaks dan penggunaan secara bijak dalam bersosial media, dan mencari sumber informasi yang benar dan menyosialisasikan penggunaan PERPUSNAS oleh mahasiswa kelompok KKNT Surabaya 7. Tujuan SOLID ini untuk mengenalkan PERPUSNAS kepada masyarakat, mengedukasi tentang bahaya berita hoaks, dan mendorong masyarakat untuk cerdas dan bijak dalam menggunakan sosial media dan pencarian informasi yang akurat. Jadi diharapkan masyarakat mengetahui bagaimana cara menggunakan PERPUSNAS, cara mencari informasi yang akurat dan terverifikasi serta bijak dalam bersosial media.
2. Program Kerja Pendukung
- DAMAR PAUD (Dampingi dan Mengajar PAUD).Â
Program ini memberikan pendampingan dalam kegiatan belajar mengajar PAUD dengan ide-ide inovatif, pembelajaran yang menarik dan kreatif dalam berbagai aspek. Tujuannya adalah untuk membantu tenaga pengajar PAUD Kelurahan Dukuh Pakis dan memberikan ide-ide pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan adanya program ini diharapkan seluruh siswa PAUD Melati dapat menerapkan metode tersebut, dan terwujudnya pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
- SMS YA (Satu Minggu Satu Karya).Â
Kegiatan ini diawali dengan menampilkan konten-konten prakarya di Youtube, dan menyampaikan sekilas tentang pemanfaatan limbah daur ulang untuk menjadi suatu karya. Tujuannya agar dapat mengurangi limbah di wilayah Kelurahan Dukuh Pakis, meningkatkan kreativitas peserta didik, dan memanfaatkan aplikasi Youtube untuk hal yang positif. Dilakukan sebanyak satu kali tiap minggu (April-Mei) di Balai Kelurahan Dukuh Pakis. Jadi diharapkan anak-anak yang hadir mampu menghasilkan karyanya sendiri berdasarkan panduan dari kakak-kakak mahasiswa dan video Youtube yang sudah ditampilkan.
- RAMADHAN CERIA.Â
Program ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan bersama anak-anak dan remaja RW 06 Kelurahan Dukuh Pakis dalam rangka mengisi waktu di bulan Ramadhan, seperti lomba membaca Al-Qur’an, adzan, membuat kaligrafi, dan sebagainya. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menghiasi bulan Ramadhan dengan kegiatan positif, mendekatkan diri dan meningkatkann keimanan di bulan suci Ramadhan. Diharapkan agar anak-anak dan remaja RW 06 dapat berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan Ceria untuk mempererat tali silaturahmi, serta itu bisa meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif tersebut.
Dari beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, berikut ini adalah hasil dari pelaksanaan kegiatan kami.
1. Karya dari Limbah (SMSYA)
Selain memberikan kegiatan dengan menampilkan konten-konten prakarya di Youtube tentang pemanfaatan limbah daur ulang untuk menjadi ‎karya hias yang memiliki fungsi estetis dan pakai atau praktis, juga disini adik-adik diajarkan untuk dapat membuat karyanya sendiri yang dimaksudkan untuk dapat mengurangi limbah daur ulang serta meningkatkan kreativitas dari adik-adik di TBM‎. Dan telah didapat pencapaian yaitu hampir semua dari total anak yang hadir mampu menghasilkan karyanya sendiri ‎berdasarkan panduan dari video Youtube yang sudah ditampilkan.Â
Dari kegiatan SMSYA yang sudah terlaksana kami telah membuat beberapa karya dari barang bekas seperti membuat tempat sampah dan kotak tisu dari kardus bekas, membuat tembah pensil dari botol bekas, serta membuat mainan dari tutup botol bekas.
2. Mading dan Scrapbook (ZENLI)
Kami membuat beberapa scrapbook yang berisikan beberapa topik atau materi dan salah satunya adalah mengenai Bullying dan Cyber Bullying. Beberapa scrapbook yang memiliki macam-macam topik ini akan digabung dalam satu mading.Â
Mading tersebut diletakkan di Taman Baca Masyarakat (TBM) RW 06. Tujuan dari pembuatan mading ini yaitu memberikan informasi kepada anak-anak serta sebagai alat bantu berupa media untuk anak-anak dalam memahami dengan lebih mudah informasi yang disampaikan.
3. TBM Berjalan Aktif
Dengan adanya program ZENLI dan SMSYA yang dilakukan di TBM tiap RW, anak-anak yang ada di Dukuh Pakis bersedia untuk datang ke TBM, sehingga TBM yang ada di tiap RW berjalan aktif.Â
Pengunjung TBM tiap RW terdapat 3 sampai 15 anak per harinya. Anak-anak sangat suka saat diajak membuat karya karena mereka dapat bebas mengekspresikan kreativitasnya.
PENUTUP
Simpulan
Selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya bagian Barat, kami selaku mahasiswa kelompok KKN Surabaya 7 masih tetap mengikuti prosedur-prosedur yang ada, seperti protokol kesehatan serta tata tertib masyarakat Dukuh Pakis.Â
Dengan beberapa kegiatan yang kami miliki ini rupanya sehubungan dengan realita yang kami temukan di masyarakat Dukuh Pakis ini, terlebih pada TBM serta minat baca dari masyarakat Dukuh Pakis. Oleh karena itu, berikut merupakan kegiatan-kegiatan yang kami jalankan:
- ZENLI (Zona Edukasi, Numerasi, Literasi, dan Inspiratif)
- SOLID (Sosialisasi Literasi Digital)
- DAMAR PAUD (Dampingi dan Mengajar PAUD)
- SMSYA (Satu Minggu Satu Karya)
- RAMADHAN CERIA
Saran
Saran dari kami untuk semua yang selanjutnya ingin melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Dukuh Pakis agar dapat memperhatikan juga mempertimbangkan hal-hal berikut:
- Memberikan fasilitas untuk perawatan TBM;‎
- Meningkatkan lagi kualitas dan minat baca masyarakat;‎
- Menjangkau lebih banyak anak-anak untuk datang ke TBM;
- Memberikan inovasi baru mengenai pembelajaran pada anak-anak.
DAFTAR PUSTAKA
Paulina, Y., Asiyah, S., Zakaria, J., & Yuniati, I. (2021). PENDAMPINGAN BUDAYA LITERASI DI ERA COVID 19 PADA ANAK-ANAK DI RUMAH SINGGAH AL-MA’UN KOTA BENGKULU. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 71–84.
Sari, P. A. (2020). HUBUNGAN LITERASI BACA TULIS DAN MINAT MEMBACA. Journal for Lesson and Learning Studies, 142.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H