Secara umum bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Didalam bisnis ada yang disebut sebagai monopoli. Monopoli adalah suatu situasi didalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu yang tidak memiliki pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan atau pengusaha lain untuk masuk kedalam bidang industri atau bisnis tersebut.
Jenis-jenis monopoli:
1. monooli (ikhtikae) alamiah ini lahir karena mekanisme murni dalam pasar dan lahir secara wajar dan alamiah karena kondisi objektif yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang menyebabkan perusahaan ini unggul dalam pasar tanpa bisa ditandingi oleh perusahaan lain.
2. Monopoli atificial adalah monopoli yang lahir karena persengkokolan atau kolusi politis dan ekonomi antara pengusaha dan penguasa demi melindungi kepentingan kelompok pengusaha tersebut.
Syarat - Syarat MonopoliÂ
Sebuah aktivitas ekonomi baru akan dapat dikatakan sebagai monopoli (ihtikar) jika memenuhi setidaknya dua syarat berikut:
1. Objek penimbunan merupakan barang - barang kebutuhan masyarakat
2. Tujuan penimbunan adalah untuk meraih keuntungan diatas keuntungan normal.
Ciri - Ciri Pasar Monopoli
Pasar Monopoli memiliki ciri - ciri;
1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. Tidak ada barang subsitusi atau pengganti yang mirip
3. Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
4. Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Dampak Pasar Monopoli
1. Harga tinggi, pasar monopoli biasanya menetapkan harga lebih tinggi dari pasar biasanya.
2. Kuantitas produksi rendah, pasar monopoli biasanya menjual barang yang sedikit agar harga tetap naik.
3. Inovasi rendah, kurangnya persaingan dapat mengurangi insentif perusahaan untuk melakukan inovasiÂ
4. Inefisiensi alokatif, sumber daya tidak dialokasikan secara efisien karena perusahaan monopoli tidak mementingkan kesejahteraan konsumen
pasar monopoli dalam pandangan etika bisnis
Dari sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai-nilai monral karena pasar monopoli tak teregulasi dan tidak mampu mencapai ketiga nilai keadilan yaitu kapitalis, efisiensi ekonomi, dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna, persaingan sehat diantara berbagai perusahaan biasanya lebih banyak menguntungkan bagi semua pihak. Oleh karena itu, persaingan didalam pasar  akan lebih baik jika menggunakan persaingan yang sehat tanpa merugikan pihak manapun.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H