Mohon tunggu...
ilham aufa
ilham aufa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta, Penulis Lepas

Masih Belajar dan Terus Belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dimaki-maki Buku

10 Agustus 2021   13:10 Diperbarui: 10 Agustus 2021   13:15 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Saat membaca sebuah buku, kebodohanku mulai nampak. Untuk menutupi penampakan kebodohanku, saya baca lagi buku yang menjadi rujukan buku awal. Pengetahuanku bertambah, di sisi lain, kebodohanku juga semakin jelas terlihat. "Kok ini aku ga tahu ya. Kok bisa begini ya?"

Kubaca lagi buku lanjutan referensinya agar tak lagi ada narasi kebodohan di hadapan buku itu, alhamdullah berhasil. Aku banyak tahu. Banyak pengetahuan baru. Alhasil, aku juga bertambah yakin dan mendapat ilmu-ilmu baru.

Namun, dari buku lanjutan itu, semisal rugos, semakin banyak yang kugores untuk saya dalami pengetahuan, kok ya makin jelas juga tulisan samar yang tertutupi. Di situ tertulis, "Anda Masih Bodoh. Baca lagi".

Kubaca lagi buku lain, tulisan itu makin jelas. "Anda bodohnya masih kebangetan. Pakai otakmu. Baca lagi. Baca lagi. Baca lagi," begitu bunyi buku memaki-maki saya.

"Kampret," pekik saya dalam hati.

Aku belum menyerah. Tapi untuk sementara istirahat dulu. Capek dikatakan bodoh oleh buku-buku itu.

Sejenak merenung dalam kepulan asap sigaret. Di alam pikiran tiba-tiba melayang sebuah kesimpulan, "Alangkah berbahagianya orang tak pernah baca buku, tak pernah belajar. Mereka tak pernah merasa bodoh. Mereka bisa bahagia sebab tak pernah dihina dina sebab pengetahuannya,"

"Mereka bisa hidup nyaman. Tenteram dan damai. Bercanda dan tertawa tanpa ada beban tentang kata kebodohan."

"Mereka bisa saling sapa dan bisa berkomentar apa saja. Dimana saja. Lewat facebook, twitter, instagram dan yutup"

Maka saya pun ingin seperti mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun