JNE bersama Kumparan, telah berhasil menyelenggarakan Content Competition 2023, terkait  usaha untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Setelah lebih kurang ada 6000 karya yang dikirimkan berupa foto, video, desain grafis, juga tulisan, akhirnya pada 10 Juli 2023, pengumuman Awarding Content Competition 2023 , digelar.
Pengumuman tersebut, dilaksanakan di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V No. 6, RT 03/05, Melawai, Jakarta Selatan, yang juga menghadirkan para Dewan Juri, yaitu Maman Suherman, Ario Anin, dan Martha Suherman.Â
Dalam gelaran yang mana menandakan JNE 32 Tahun tersebut, diadakan pula bincang-bincang santai, yang berisikan tentang pentingnya kreativitas dalam berkreasi untuk konten di era sekarang yang semuanya serba canggih, khususnya buat yang sering berkreasi di media sosial.
Para pemenang yang telah diumumkan pada 4 Juli 2023 lalu, melalui situs Kumparan dan JNEWS Online serta Instagram @JNE_ID, berhasil menjaring total karya dari sebanyak 48 pemenang, yang terdiri dari 4 kategori yang diundang untuk menghadiri acara penyerahan hadiah, yang dilaksanakan secara hybrid. Jadi selain para dewan juri, gelaran hybrid ini, juga dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Bapak Joshua Puji Mulia Simanjuntak.
Dia menyampaikan apresiasi kepada JNE, karena telah berhasil menyelenggarakan kompetisi serupa hingga kali ke sepuluh di tahun 2023 ini. Ini tandanya, JNE memiliki perhatian yang besar bagi dunia kreatifitas di Indonesia, meski JNE sendiri adalah perusahaan pengiriman barang (perusahaan logistik). JNE menurutnya, berperan pula dalam pemberi inspirasi ke masyarakat luas, lewat karya tulis, foto, video, dan desain grafis, yang dapat memacu semangat, khususnya anak muda dalam berkreasi.
Tentang perusahaan yang bergerak di bidang logistik, tapi juga menyelenggarakan JNE Content Competition seperti ini, menurut Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi, meski bisnis JNE memang merupakan bisnis pengiriman barang, JNE juga menjadi jalur penghubung kebahagian, sesuai tagline JNE sendiri yaitu Connecting Happiness, yang sudah sepatutnya dirayakan sebesar-besarnya agar menjadi pendukung industri kreatif dalam negeri, apalagi kini di usianya yang sudah 33 tahun, yang mana JNE lewat programnya JNE Bangkit Bersama, berharap gelaran seperti ini, menjadi sumbang kasih JNE untuk kemajuan bangsa. JNE juga terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi secara nyata, demi kemajuan perekonomian negara, lewat bisnis-bisnisnya, yang bersama  pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). para pelanggan, juga mitra bisnisnya.
Sementara itu, Presiden Direktur JNE. Feriadi menambahkan bahwa JNE merasa terkesan dengan banyaknya peserta yang mengikuti Content Competition 2023 ini, serta karya-karya yang luar biasa, sehingga perlahan melahirkan talenta muda dan potensial di Indonesia, khususnya dalam sektor industri kreatif.
Sebagai informasi, JNE Content Competition sendiri, sudah berlangsung sejak tahun 2011, yang hingga tahun 2023 ini, lebih dari 3000 peserta dengan total 6.300 karya dari seluruh Indonesia, yang telah memberikan solusi  dan inovasi untuk masyarakat. Lebih istimewa lagi untuk tahun ini, ditambahkan 2 kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar, yang diharapkan agar memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya.
Tentu saja, pemenang dari Content competition 2023 ini, merasa bangga karena telah berhasil keluar menjadi juara, seperti Abhidil Mukhlis. Dia adalah pemenang 1 dalam kategori foto, yang juga merupakan karyawan JNE asal Medan. Melalui zoom, dia berterima kasih atas terpilihnya karyanya dalam kompetisi ini. Dia berharap, akan dapat berkompetisi lagi selanjutnya, di kategori lainnya.
Tentu tak hanya karyawan JNE yang boleh ikut kompetisi ini, salah satu pemenang dari kategori mahasiswa / pelajar pun, ikut menghadiri acara Awarding JNE Content Competition 2023, seperti yang dilakukan secara online dari Jombang, Ghulam Sattar Ahmad.Â
Mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang ini, adalah juara 1 untuk kompetisi video. Diungkapkannya, awalnya dia hanya iseng membuat konten setelah melihat iklan. Lalu melihat banyak inspirasi karya lain yang sebelumnya, lalu dia membuat karya originalnya sendiri. Dia berharap, untuk dapat mengikuti Content Competition yang akan datang, dan berjanji memberikan karyanya yang lebih bagus.
Kompetisi konten yang sangat kompetitif ini, diungkapkan oleh juara 2 design kategori umum, Emily Wiputri. Awalnya, dia mengetahui kompetisi ini dari temannya. Tadinya ketika ingin ikut, dia sempat putus asa, karena takut kalah karena pasti karya dan ide dari masyarakat Indonesia kan cukup banyak dan kreatif. Namun tetap saya dia membuat karyanya dan ternyata mendapat juara.
Intinya, jangan putus asa bila mendapat kabar tentang kompetisi konten yang direncanakan akan terus digelar oleh JNE ini, karena dengan kegiatan positif seperti ini, tentu dapat menyebar banyak energi dan manfaat positif bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam memajukan industri dan kreatifitas dalam negeri, seperti UMKM, agar terus berkembang pesat sebagaimana yang kita harapkan bersama, sehingga akan berdampak pada majunya perekonomian nasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H