Memasuki pergantian tahun, tren digital marketing mengalami pergeseran perubahan, termasuk adanya inovasi dan kecanggihan baru dalam dunia digital. Sebut saja Metaverse, yang baru-baru ini sedang popular dan digandrungi masyarakat Indonesia.
Metaverse diprediksikan akan menempati salah satu dari tren digital marketing 2022. Sehingga para perancang digital market pun berupaya menyesuaikan strategi pemasarannya yang turut mengimbagi perkembangan tren tersebut.
Sebagai pertimbangan, berikut tren digital marketing 2022, sebagaimana dilansir dari The National News!
1. Gunakan jasa influencer
Ternyata tren pemasaran digital dengan menggunakan jasa influencer masih akan menjadi teknik umum pada tahun 2022 ini. Namun demikian, tentu para pebisnis perlu memilih influencer secara tepat, agar memastikan dapat menarik pelanggan untuk membeli produknya. Pertimbangannya, di media sosial jumlah pengikut sang influencer belum tentu mampu menjadi indikator untuk memilih. Dengan begitu, sebaiknya perlu melakukan studi kasus dengan cara influencer terlebih dahulu diminta untuk mempresentasikan sesuatu sebelum keputusan dibuat.
2. Metaverse mulai digunakan
Tak dapat memungkirinya, Metaverse sebagai tempat bisnis masa depan, di mana secara virtual para pengusaha dapat memasarkan produknya. Bagi pebisnis dan orang yang bekerja di bidang pemasaran wajib mulai menggunakan Metaverse. Harus mulai memahami dunia virtual dan peran yang harus dilakukan. Perlu mempertimbangkan secara matang, bagaimana mengintegrasikan realitas virtual dengan pengalaman fisik. Sehingga pelanggan akan mendapatkan lebih banyak pilihan di mana mereka bisa merasakan pengalaman menggunakan sebuah brand. Bahkan pada dunia virtual, pebisnis pun mampu mengeluarkan produk baru dalam bentuk NFT yang dapat dinikmati para pelanggannya.Â
3. Konten menjadi bagian terpenting
Sebagian anggaran yang dihabiskan dan dimanfaatkan untuk seluruh saluran pemasaran secara tepat bukan melulu menjadi jaminan kesuksesan. Tetap saja semuanya akan bergantung pada konten yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Apakah dalam konten tersebut berisi cerita dan misi produk, serta dapat membantu pelanggan untuk mencapai tujuan mereka atau tidak. Dalam rangka menciptkana konten menarik tersebut perlu tujuan bisnis secara tepat. Usahakan agar tujuan bisnismu dapat membantu hidup pelanggan agar lebih mudah. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
4. Video sebagai alat pemasaran efektif
Konten video tak dapat dipisahkan dengan Tren digital marketing 2022, apabila ingin memasarkan produk secara lebih efektif dan efesien. Anggapannya, melalui Video telah menjadi cara paling strategis untuk menjangkau pelanggan di media sosial, mulai dari Instagram hingga TikTok. Dapat dibuktikan melalui keterangan dalam deskripsi, pengguna media sosial lebih suka melihat konten foto maupun video dari pada yang lainnya. Sehingga dalam hal ini, video lebih bisa mendeskripsikan banyak hal, ketimbang sekadar foto atau gambar. Dengan demikian, konten video harus dibuat semenarik mungkin dan mengunggahnya pada berbagai platform media sosial untuk menjangkau pelanggan.
Demikian kiranya, jikal kalian sebagai pengusaha dapat mengembangkannya melalui beberapa tren digital marketing 2022. Dengan begitu, bisnis yang akan dilancarkan pun akan semakin maju dan tentunya produknya pun akan sukses di pasaran. Selamat mencoba!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H