Matematika merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang bersifat universal. Yang mana ilmu matematika merupakan ilmu dasar dari beberapa cabang disiplin ilmu. Hal tesebut menjadikan matematika manjadi materi penting dan menjadikanya menjadi salah satu materi wajib ada dalam kegiatan pembelajaran di sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.
Terlihat begitu penting adanya pembelajaran matematika dikarenakan perlunya penguasaan konsep, juga untuk menumbuhkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif, logis, sistematis, kritis serta menumbuhkan rasa kerjasama. Akan tetapi tidak sedikit peserta didik yang tidak menyukai mata pelajaran matematika dengan berbagai alasan yang menyertainya. Seperti matematika mematika, sulit dipahami, terlalu banyak rumus, juga susah dihafalkan. Hal tersebut menjadikan peserta didik enggan untuk belajar dan mempelajari matematika.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh Ryan Angga Pratama, dkk yang dilakukan di SMP Patra Dharma 2 Balikapapan (10 siswa kelas VII) . Dan di SMP Negeri 4 Balikpapan (3 siswa kelas VII). Diketahui bahwa para siswa menemukan kesulitan dalam belajar matematika terkhusus pada bagian menghafal rumus. Kejadian serupa juga dikeluhkan oleh beberapa rekan satu kelas sewaktu dulu belajar di jenjang SMK. Beberapa teman yang saya tanyai mengaku tidak hafal rumus ataupun sifat-sifat pada materi matematika, padahal hafalan adalah salah satu hal terpenting dalam pembelajaran matematika. Karena pada saat mengerjakan soal ataupun latihan soal jika hafal dengan rumus ataupun sifat-sifat dari suatu materi maka akan memudahkan dalam pengerjaan atau penyelesaian suatu permasalahan soal matematika.
Kesulitan dalam mengingat atau meghafal ini menjadi salah satu hal yang membuat peserta didik menjadi tidak suka matematika. Terlebih pada materi Logaritma, berdasarkan survey yang saya lakukan melalui pesan chat dalam Whatsapp beberapa teman saya mengaku bahwa dulu padasaat sekolah di jenjang sekolah menengah atas sifat-sifat logaritma merupakan salah satu materi yang sulit. Karena terdapat banyak sifat-sifat mereka mengatakan sulit untuk menghafal seluruhnya. Ditambah lagi metode ceramah pada saat pembelajaran yang dirasa membosankan dan kurang menarik.
Dari permasalahan tersebut untuk menjawab permasalahan yang ada penulis membuat sebuah inovasi dalam pembelajaran matematika. Hal ini yang melatar belakangi penulis mengadakan penelitian dengan mengangkat judul : EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LAGU REWRITE THE STARS UNTUK MENGHAFAL SIFAT-SIFAT LOGARITMA
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya penerapan metode lagu dalam menghafalkan sifat-sifat logaritma.
Penelitian ini dimulai pada tanggal 16 Mei 2020 hingga 22 Mei dengan total 17 responden yang berpartisipasi, yaitu 1 responden dari SMAN 17 Bekasi, 1 responden dari SMK17 Temanggung dan 15 Responden dari Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian dilakuakn dengan pengisian angket melalui google from yang disebarluaskan baik melalui personal chat atau broadcast di beberapa group whatsapp juga via snap di Instagram. Sebelum para Responden melakukan pengisian angket di googlefrom, responden wajib untuk terlebih dahulu melihat video yang telah dibuat penulis yang sudah tersedia di youtube berikut linknya https://www.youtube.com/watch?v=3avnAfqD68s&t=27s
dan ini adalah lirik baru yang penulis buat yaitu lirik yang menggantikan lirik lagu Rewrite The Stars dengan Sifat-Sifat Logaritma. berikut adalah liriknya
A log a itu samadengan Satu
A log satu itu sama dengan nol
A log x dikali y sama dengan a lox ditambahkan alog y
A log b pangkat n sama dengan n dikalikan oleh a log b
A log a pangkat b itu sama dengan b
A pangkat m log a pangkat n sama dengan n per m
A log b itu sama dengan p log b per p log a
A log x dibagi y sama dengan a lox dikurang a log y
A pangkat a log c
Apangkat a log c
Sama dengan c
Sifat logaritma
Sifat logaritma
Sifat logaritma
Sedangkan untuk hasil penelitian dijabarkan sebagai berikut :
Distribusi karakteristik responden berdasarkan jenjang pendidikan menunjukkan bahwa distribusi jenjang pendidikan terbanyak adalah mahasiswa semester 6 dengan 15 responden.atau 88,22%. Berdasarkan diagram1 maka dapat terlihat bahwa yang mendominasi dalam penelitian kali ini adalah mahasiswa semester 6. Yang mana merupakan tingkat tertinggi dari keseluruhan responden yang berpartisipasi.
Distribusi karakteristik responden berdasarkan jenjang pendidikan menunjukkan bahwa distribusi jenjang pendidikan terbanyak adalah mahasiswa semester 6 dengan 15 responden.atau 88,22%. Berdasarkan diagram1 maka dapat terlihat bahwa yang mendominasi dalam penelitian kali ini adalah mahasiswa semester 6. Yang mana merupakan tingkat tertinggi dari keseluruhan responden yang berpartisipasi.
Distribusi karakteristik responden yang sudah menonton video inovasi yang penulia buat menunjukkan bahwa responden yang sudah menonton lebih banyak daripada yang belu menonton video. Dengan jumlah total yang sudah menonton adalah 88% atau 15 responden sedangkan yang belum menonton 12% atau 2 responden.
Distribusi karakteristik berapa kali responden menonton video yang sudah dibuat oleh penulis. Berdasarkan diagram 3 dominan responden baru menonton 1 kali yaitu terdapat 41% dari seluruh responden, atau 7 responden yang baru mendengarkan satu kali. 35% atau 6 responden melihat video inovasi 2 kali. 18% atau 3 responden menonton sebanyak 3 kali dan 6% responden atau 3 responden yang menonton video selama 4 kali. Semakin banyak mrnonton video maka kemungkinan hafal sifat-sfat lgaritma juga semakin besar. Karena mendengarkan berulang akan membantu otak untuk mudah dilam menghafal.
Distribusi karakteristik jawaban responden mengenai total rumus yang ada di video diagram 4 menunjukkan bahwa terdapat 10 responden yang menjawab benar yaitu terdapat 9 sifat-sifat logaritma. Sisanya 5 orang menjawab salah, 2 responden menjawab 4, 1 responden menjawab 6, 2 responden menjawab 7, dan 2 responden menjawab 10. Dari diagram ini terlihat bahwa 58,82% dari total seluruh responden benar-benar memperhatikan video yang telah dibuat oleh penulis.
Berdasarkan jawaban angket seluruh responden (100%) mengaku pernah atau sudah mendapatkan materi pembelahan logaritma. Dan lupa sifat-sifat logaritma merupakan salah satu kendala pada saat mengerjakan soal-soal penyelesaian mengenai materi logaritma. Hal ini terlihat dari hasil jawaban responden yangmana 94,1% atau 16 respondn menjawab “iya” untuk pertanyaan jika sudah, "lupa sifat-sifat logaritma" apakah merupakan kendala pada saat mengerjakan soal-soal?. Berikut adalah bebeapa ungkapan dari para responden mengenai pertanyaan tersebut
“Karena termasuk cukup banyak yang harus diingat”
“Karena dalam mengerjakan soal harus tahu dulu sifat" logaritma”
“Karena terlalu rumit untuk di hapal dan sifatnya banyak”
Berdasarkan jawaban responden terlihat bahwa sebanyak 82% atau 14 responden belum pernah belajar dengan metode bernyanyi atau lagu. Hal ini berdampak positif karena biasanya hal yang baru akan terlihat menarik sehingga akan menghasilkan suatu ketertarika dan akan mebjadikan menjadi menyenangkan. Hal ini didukung dengan jawaban responden pada pertanyaan angket selanjutnya yaitu “menurut pendapat anda, apakah belajar dengan lagu menyenangkan?” 94,1% respondeng menjawab ya. Berikut adalah beberapa pernyataan dari responden yang mendukung hasil tersebut
“Dapat pengalaman yang berbeda. Apalagi matematika yang kalau menghafal itu lasti sulit, jika dengan lagu bisa membantu suasana hati sehingga memikirkan matematikanya tidak ruet”
“Menjadi menyenangkan karena dapat dihafalkan dengan dinyanyikan”
“Karena saya tau lagunya jadi tinggal ubah lirik membuat saya mudah menghafal”
Berdasarkan jawaban responden 6, 94% atau 16 responden menjawab bahwa inovasi yang penulis buat membantu untuk cepat menghafal sifat-sifat logaritma. Berikut adalah beberapa ungkapan dari responden mengenai efektifnya penerapan lagu dalam menghafalkan materi sebagai berikut :
“Seperti tadi, lagunya bisa terngiang-ngiang dan otomatis akan dihafal juga”
“Kalau sudah senang dgn sesuatu biasanya jadi mudah mengerjakannya”
“belajar dengan lagu itu tdk jenuh, karena di kasih musik pasti otomatis ikut nyanyi dan hafal materi dgn cara menyanyikannya”
“Karena menyenangkan, jika hati senang insyaallah belajar pun lebih menyenangkan dan lebih mudah”
Berdasarkan jawaban responden terlihat bahwa 100% responden (17 orang) setuju bahwa inovasi yang penulis buat memudahkan dalam hafalan sifat-sifat logaritma.Mmaka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model lagu Rewrite the Stars efektif dalam menghafalkan sifat-sifat logaritma.
Berikut adalah beberapa ungkapan dari rsponden :
“Karena klo ngapalin lagu tuh ga kaya lagi ngapalin rumus”
“ya, karena bisa menghafal dengan cara mengikuti melodinya”
“Karena menggunakan lagu yang sudah terkenal menjadikan mudah diingat”
“Karena saya suka mendengarkan musik jadi menghafal sifat-sifat logaritma jadi menyenangkan buat saya”
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode lagu Rewrite The Stars sangat efektif dalam membantu menghafal sifat-sifat logaritma. Belajar hafalan dengan metode lagu membuat belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H