Saya akan menjelaskan kembali hasil rangkuman saya dari kelompok 6 pendidikan islam anak usia diniÂ
Ada 5 cara penemuan kebenaran yaitu:Â
1. Penemuan secara kebetulan, Maksudnya di sini ialah penemuan yang berlangsung tanpa sengaja. jadi kebetulan ini ialah penemuan yang ditemukan dengan tidak di duga-duga.Â
2. Penemuan dengan coba dan ralat ini terjadi tanpa adanya kepastian akan berhasil atau tidak berhasil kebenaran yang dicari itu sendiri.
3. Â Penemuan mulai otoritas atau kewibawaan,
Pendapat ini ialah pendapat dari orang-orang yang memiliki kebebasan waan misalnya itu orang-orang yang mempunyai kedudukan yang tinggi.
4. Â penemuan sejarah spekulatif
Penemuan dengan cara ini hampir sama dengan cara coba ralat ialah hanya saja cara ini mempunyai perbedaan yang ada di dalamnya cara ini juga biasanya digunakan dan dikemukakan pertama kali oleh seorang yang mengalami suatu permasalahan.
5. Penemuan secara kritis dan rasionalis
Penemuan dengan cara ini biasanya banyak digunakan oleh kalangan manusia yaitu untuk kemampuan berpikirnya seperti seseorang yang mengalami suatu permasalahan hingga Puncak permasalahannya yang tepat cara ini juga biasanya dikaitkan dengan cara analitis serta rasionalis dengan akses pengalaman serta pengetahuannya.
 itulah  penjelasan dari 5 cara penemuan kebenaran
Cara berpikir ilmiah
Adapun pengertian berpikir,
berpikir adalah sebuah proses yang di mana menghasilkan pengetahuan yang artinya pengetahuan adalah kesimpulan dari proses berpikir tersebut. jadi proses berpikir ini ialah sesuatu yang menghasilkan sebuah pengetahuan yang baru.
Adapun Unsur-unsur diantaranya yaitu ada tiga unsur.
1. Bahas
2. logikaÂ
3. definisi atau penjelasan
* Pengertian bahasa, Bahasa merupakan alat komunikasi lisan maupun tulisan yang dipakai dalam seluruh proses berpikir secara ilmiah.
 Fungsi bahasa adalah alat komunikasi dan interaksi antara manusia dengan manusia lain bahasa ini memiliki ciri-ciri utama diantaranya ialah
- informatif (memuat atau mengandung informasi)
- Reproduktif ( apa yang di sampaikan oleh pembicara)Â
- Antiseptik  ( berfikir objektif atau penulisan sama dengan info)Â
Contoh dalam struktur ilmiah bahasa harus mengungkapkan fakta dan pemikiran sesungguhnya.
* logika ialah sarana untuk berpikir secara sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan, dalam arti luas logika ini ialah sebuah metode dan prinsip-prinsip yang tepat memisahkan secara tegas antara penalaran yang benar dan juga penalaran yang salah.
* definisi atau penjelasanÂ
definisi memiliki peranan penting dalam proses berpikir secara ilmiah, definisi ini juga digunakan sebagai penjelasan terhadap sesuatu yang belum sepenuhnya dimengerti definisi juga berfungsi sebagai alat pembeda.
Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maafÂ
Semoga bermanfaatÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H