Mohon tunggu...
ATIN MINTARSIH
ATIN MINTARSIH Mohon Tunggu... Guru - with great responsibility comes great power

Kesulitan adalah hujan terbaik untuk menunjukkan kualitas diri yang sebenarnya. Tetap bersyukur, jangan takabur, apalagi kufur, karena hidup akan kembali ke alam kubur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence) Kecerdasan Buatan

7 Mei 2024   10:17 Diperbarui: 7 Mei 2024   10:35 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: KBMN 31 pertemuan ke-5

PUSTAKA AI: MENGARUNGI DUNIA BARU MENULIS BUKU AJAR

"Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi" Helvy Tiana Rosa.

Pada kesempatan kali ini materi yang pasti bermanfaat buat guru khusunya karena berkaitan buku Ajar yang menjadi narasumber pada kesempatan ini yaitu ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd dan Moderator ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd (NDY)

Pada Kesempatan kali ini peserta KBMN akan dituntun dalam membuat Buku Ajar, yang tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi peserta apalagi untuk guru karena nantinya akan di pakai untuk Kegiatan Belajar Mengajar di  Sekolah.

Apabila kamu telah selesai dengan suatu urusan, maka segera kerjakanlah urusan yang lain. Kata Bu moderator untuk mengawali pelatihan malam ini sungguh menginspirasi sekali. Kehidupan selalu berjalan maju dan bersifat dinamis bukan statis.


Luangkan waktu untuk menulis bukan menunggu waktu luang untuk dapat menulis. Karena rumus menjadi penulis itu ada 3 yaitu menulis, menulis dan menulis, jika belum ada ide untuk menulis maka cobalah untuk menulis.

Tema pada Pertemuan mala mini yaitu, PUSTAKA AI: MENGARUNGI DUNIA BARU MENULIS BUKU AJAR.

Pustaka AI adalah sumber daya yang berharga bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang AI atau mengembangkan aplikasi AI. Dengan mengakses pustaka AI, kita dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang kita perlukan untuk sukses di era AI.

Dr. Mudafiatun Isriyah, S.Pd, M.Pd., CPM yang berasal dari kota Lumajang beliau juga merupakan Dosen dan pengajar di FIP Prodi BK UNIPAR Jember.

Melihat CV beliau saya menjadi malu karena di usia senja beliau masih tetap berkarya baik dalam membuat Artikel Penelitian maupun menulis buku dan pernah menjadi pemenang buku terbaik 1 perpusnas tahun 2021 tema Pendidikan jarak jauh. Dan masih aktif menulis hingga saat ini.

Juara 1 Buku terbaik Perpusnas Tahun 2021/dok. pri
Juara 1 Buku terbaik Perpusnas Tahun 2021/dok. pri

Dalam menulis buku Pustaka AI sebagai media untuk membantu kita dalam menulis buku. Dalam merancang sebuah buku ada 10 slide yang harus kita siapakan diantanya:

Silde 1 Pengetahuan tentang Kecerdasan Buatan (AI):

AI adalah sebuah mesin buatan yg bisa membantu kita dlm segala hal. Untik memahami mesin kecerdasan alami ini wajib diketahui agar tidak meluas untuk guru SD harus disesuikan dengan Silabus dan mata pelajaran yang sedang di ampu. Bebrapa hal yang harus diperhatikan diantarnya.

a.Pembelajaran mesin, Pembelajaran mesin adalah cabang utama dari kecerdasan buatan yang fokus pada pengembangan algoritma dan teknik yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan pengalaman, tanpa perlu pemrograman eksplisit.

b.Pemrosesan Bahasa Alami (Natural), Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing): Pemrosesan Bahasa Alami (NLP) adalah cabang AI yang berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa manusia. Ini melibatkan pemahaman dan generasi teks manusia, serta analisis dan ekstraksi informasi dari teks.

c.Pengenalan Pola, Pengenalan Pola (Pattern Recognition): Pengenalan Pola adalah cabang AI yang berfokus pada pengembangan algoritma untuk mengidentifikasi pola dalam data. Ini dapat mencakup pengenalan wajah, identifikasi objek dalam gambar, atau klasifikasi teks berdasarkan isinya. kita tinggal mengatur rancangan ide, namun AI tdk membuat gambar, kita manusia lah yg membuat jika kita membutuhkan bukti valid.

d.Pengenalan Citra (Image Processing, Pengolahan Citra (Image Processing): Pengolahan Citra adalah cabang AI yang berkaitan dengan analisis dan manipulasi gambar atau video. Ini mencakup segmentasi gambar, pengenalan objek, dan deteksi pola dalam data visual.

e.Sistem Pakar (Expert Systems). Sistem Pakar adalah sistem AI yang dirancang untuk meniru pengetahuan dan keahlian manusia dalam domain tertentu. Mereka menggunakan aturan logika dan basis pengetahuan untuk memberikan rekomendasi atau solusi atas masalah yang kompleks.

Slide: 2. Pemahaman tentang Pendidikan dan Pembelajaran:

Dalam memahami tentang Pendidikan dan pembelajaran maka dibutuh beberapa teori yang mendukung di anatanya:

1. Teori Pendidikan: Memiliki pemahaman yang kuat tentang teori-teori pendidikan membantu penulis memahami dasar-dasar bagaimana siswa belajar, bagaimana informasi diserap dan diproses oleh otak, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses pembelajaran.

Tentang teori agar buku mengandung makna, historinya harus berbobot dan relevan dengan teori, selain itu di samping tatanan kalimat yang bagus, buku harus mengacu pada sebuah trade record yg benar dan sesuai. Ini saran dari beliau untuk meraih sukses menulis buku sampai menjadi penulis terbaik 1 perpusnas.

2. Prinsip Pembelajaran: Penulis perlu mengerti prinsip-prinsip dasar pembelajaran, termasuk pembelajaran aktif, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah. Pemahaman ini akan membantu penulis dalam merancang konten buku ajar yang mendukung pembelajaran yang efektif. Langkah-langkah yang terarah, paedagogi disini berperan, metode dan gaya belajar, jangan lupa budaya lokal juga di kaitkan.

3. Kurikulum dan Standar: Mengetahui kurikulum dan standar pendidikan yang berlaku di wilayah atau negara tertentu sangat penting agar buku ajar dapat sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan memenuhi standar akademik yang ditetapkan.

4. Karakteristik Siswa: Pemahaman tentang karakteristik siswa seperti usia, tingkat pemahaman, dan gaya belajar, membantu penulis dalam menyusun materi buku ajar yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembelajar.Dalam membuat buku ajar SD harus lebih banyak eksperimen, gambar, berbasis proyek dan mencetak daya khayal yg tinggi.

5. Metode Pembelajaran: Mengetahui berbagai metode pembelajaran yang efektif dan efisien, seperti ceramah, diskusi kelompok, atau pembelajaran berbasis proyek, membantu penulis dalam memilih pendekatan yang tepat untuk disajikan dalam buku ajar.

6. Evaluasi Pembelajaran: Penulis perlu memahami prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran untuk merancang aktivitas atau latihan yang relevan dan bermanfaat dalam mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dalam buku ajar.

Tugas guru adalah merancang pembelajaran dan akhirnya bisa mengevaluasi, buku ajar juga demikian harus ada asesmen di dalam setiap kegiatan dalam satu topik.

7. Teknologi dalam Pembelajaran: Memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran adalah aspek penting dalam menulis buku ajar di era digital saat ini. Penulis perlu mempertimbangkan integrasi teknologi dalam penyusunan materi buku ajar agar tetap relevan dan menarik bagi pembelajar.

Slide yg ke 3: Riset tentang Penggunaan AI dalam Pendidikan:

Riset mengenai: aplikasi AI dalam pembelajaran mandiri, personalisasi pembelajaran, evaluasi otomatis, pengelolaan kelas, dan berbagai aspek pendidikan lainnya.

Melalui riset, penulis dapat mengidentifikasi tren terbaru dalam penggunaan AI dalam pendidikan. Ini termasuk pengembangan teknologi baru, penemuan aplikasi baru AI dalam pembelajaran, dan pRiset membantu penulis mengidentifikasi aplikasi AI yang paling relevan dan bermanfaat dalam konteks pendidikan. Ini mencakup penggunaan chatbot untuk memberikan bantuan pembelajaran, analisis data untuk personalisasi pembelajaran, sistem tutor AI untuk pembelajaran adaptif, dan Melalui riset, penulis dapat menemukan studi kasus yang menunjukkan efektivitas dan dampak penggunaan AI dalam pendidikan. Studi kasus ini dapat memberikan contoh konkret tentang bagaimana teknologi AI telah meningkatkan hasil pembelajaran, efisiensi pengajaran, atau pengalaman siswa.banyak lagierubahan dalam praktik pembelajaran.

Riset juga membantu penulis dalam mengevaluasi risiko dan tantangan yang terkait dengan penggunaan AI dalam pendidikan, seperti privasi data, kesenjangan digital, atau keberlanjutan implementasi teknologi.

Slide ke 4: Pemilihan Topik dan Tujuan Buku adalah langkah awal yang krusial dalam proses penulisan buku ajar.

a.    Pertama-tama, penulis perlu mengidentifikasi topik yang relevan dengan tujuan buku ajar dan kebutuhan audiens target. Misalnya, topik bisa berkaitan dengan penggunaan AI dalam pembelajaran mandiri, evaluasi otomatis, personalisasi pembelajaran, pengembangan kurikulum AI, atau penerapan teknologi AI dalam manajemen pendidikan.

b.   Penulis harus mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa dalam menentukan topik buku. Apakah audiens adalah guru, siswa, administrator sekolah, atau orang tua? Pemahaman yang baik tentang audiens membantu memastikan bahwa buku ajar akan bermanfaat dan relevan bagi mereka.

c.    Setelah topik dipilih, penulis perlu menetapkan tujuan yang jelas untuk buku tersebut. Tujuan ini bisa berupa memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep AI dalam pendidikan, memberikan panduan praktis tentang penerapan AI dalam kelas, atau menyediakan sumber daya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran dengan bantuan AI.

d.   Saat menentukan topik, penulis juga perlu mempertimbangkan tren dan perkembangan terkini dalam penggunaan AI dalam pendidikan. Memilih topik yang sedang hangat atau berada di garis depan inovasi membantu memastikan relevansi buku ajar dalam konteks saat ini.

e.    Penting untuk mengklarifikasi lingkup buku ajar dan menetapkan batasan topik yang akan dibahas. Ini membantu memastikan bahwa buku ajar tetap fokus dan dapat menyajikan

Slide 5: Struktur dan Konten

Buatlah kerangka isi atau outline untuk buku, yang mencakup bab-bab, sub-bab, dan konten yang akan dibahas dalam setiap bagian. Pastikan untuk menyertakan contoh, studi kasus, dan aplikasi praktis dari konsep AI dalam konteks pendidikan.informasi secara menyeluruh tanpa menjadi terlalu luas atau terlalu mendalam.

a.   Kerangka isi ini menjadi panduan dasar dalam menyusun konten buku dan memastikan bahwa topik-topik yang relevan tercakup secara menyeluruh.

b.    Bab dan sub-bab harus dipilih dengan cermat untuk mencakup berbagai aspek penting dari topik yang dibahas.

c.  Untuk memperjelas konsep dan mengilustrasikan aplikasi praktis dari konsep AI dalam konteks pendidikan, penulis perlu menyertakan contoh dan studi kasus yang relevan dalam setiap bab. Contoh-contoh ini dapat berasal dari penelitian empiris, implementasi nyata di lembaga pendidikan, atau pengalaman pribadi yang relevan.

d.   Selain contoh dan studi kasus, penting juga untuk menyajikan aplikasi praktis dari konsep AI dalam pendidikan. Ini bisa berupa panduan langkah demi langkah untuk menerapkan teknologi AI dalam kelas, saran praktis untuk meningkatkan pembelajaran dengan bantuan AI, atau tips untuk mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam mengadopsi teknologi AI.

e.  Penyesuaian dengan Kebutuhan Audiens: Struktur dan konten buku ajar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Penulis perlu mempertimbangkan tingkat pemahaman dan kebutuhan praktis pembaca, serta memastikan bahwa bahasa dan gaya penyajian sesuai dengan preferensi siswa.

Slide 6: Penggunaan Teknologi AI dalam Penulisan mengacu pada pemanfaatan berbagai alat dan teknik kecerdasan buatan untuk memfasilitasi proses penulisan.

1. Penjelasan Bahasa Alami (Natural Language Generation)

2. Pembangkitan Konten (Content Generation)

3. Pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization

4. Deteksi Plagiarisme

5. Pengeditan Grammar dan Gaya

Slide 7: Penggunaan Media Pendukung dalam buku ajar adalah strategi penting untuk meningkatkan pemahaman pembaca terhadap konsep-konsep kompleks, termasuk konsep AI, dan mengilustrasikan aplikasinya dalam konteks pendidikan.

1. Grafik dan Diagram

2. Ilustrasi Visual

3. Contoh Aplikasi dalam Pendidikan

4. Infografis

5. Interaktif dan Multimedia

Slide 8: Pengujian dan Evaluasi adalah langkah penting dalam proses penulisan buku ajar untuk memastikan kualitas dan efektivitasnya sebelum dipublikasikan.

1.Pengujian Materi dengan Siswa

2.Pemahaman terhadap Kesulitan Pembelajaran

3.Evaluasi Keterbacaan dan Keefektifan

4.Koreksi dan Perbaikan

5.Pengujian Terbatas

6.Iiterasi dan Revisi

Slide 9: Proses Penyuntingan dan Revisi adalah tahap penting dalam pembuatan buku ajar untuk memastikan bahwa materi yang disajikan memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca

1. Identifikasi Kesalahan dan Inkonsistensi

2. Perbaikan Kesalahan dan Ketidakjelasan

3. Pemeriksaan Konsistensi dan Kontinuitas

4. Penambahan dan Pengurangan Konten

5. Uji Coba dengan Siswa

6. Revisi Berkelanjutan

Slide 10: Proses Penerbitan dan Distribusi merupakan tahap terakhir dalam menghasilkan buku ajar.

1. Pemilihan Metode Penerbitan

2. Persiapan untuk Penerbitan

3. Distribusi Buku

4. Promosi Buku

5. Perawatan Pasca-Penerbitan

Sebelum ditutup narasumber memberikan semangat dengan berpantun:

Teruslah bergerak maju, tak berpaling ke belakang

Impian menanti, di ujung perjalanan yang panjang

Langkahmu kuatkan, semangatmu membara

Menuju masa depan, penuh dengan cahaya yang cerah

Kemudian ditutup dengan kata-kata pamungkas yang berarti dan menginspirasi

"Setiap langkahmu membawamu lebih dekat ke impian-impian yang kau idamkan selama ini, Jadi teruslah bergerak maju, jangan pernah berhenti, karena kehidupan menanti, untukmu menaklukkannya dengan semangat yang menggebu-gebu" - Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd

MasyaAllah luar biasa materi malam ini menantang dan tertantang, sampai keteteran mengikuti pemaparan beliau karena materi daging gemuk semua, banyak insight baru yang saya dapatkan pada pertemuan kali ini dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Salam Literasi Aje Kendor!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun