Mohon tunggu...
Atina Sabila Khodijah
Atina Sabila Khodijah Mohon Tunggu... Lainnya - pembelajar

Three ways to achieve true happiness ~ be grateful ~ focus on the positives ~ spread kindness _Nulis, Ngajar, Ngebun

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menentukan Tenggat Waktu Terbaik untuk Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

6 September 2020   19:28 Diperbarui: 6 September 2020   20:09 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan tentunya membuat seseorang harus mampu mengatur waktunya dengan baik. Sebab, segala kegiatan akan dapat terselesaikan apabila dalam waktu 24 jam sudah kita atur pembagian waktunya. 

Perlu juga untuk mengendalikan dan memanfaatan waktu yang telah ditentukan secara optimal. Pembagian, pengendalian, dan pemanfaatan waktu secara optimal dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Ketika memiliki banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan maka kita perlu menentukan tenggat waktu terbaik untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Tentunya tenggat waktu yang kita tentukan disesuaikan dengan kemampuan kita. 

Jangan terlalu memaksakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam waktu yang cepat tanpa adanya jeda. Apalagi jika dilakukan dalam waktu bersamaan (multitasking).

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan tenggat waktu terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan adalah dengan membuat daftar kegiatan, tujuan, beserta estimasi waktunya.

Membuat daftar kegiatan ini dapat kita lakukan di malam hari sebelum tidur atau sore hari setelah semua pekerjaan selesai. Tulislah daftar pekerjaan secara singkat, padat, dan jelas. Jadi, tidak perlu membuat daftar pekerjaan yang terlalu panjang agar tidak menimbulkan rasa malas dalam mengerjakannya.

Dalam menentukan estimasi waktu untuk setiap pekerjaan, tentukan estimasi waktu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau kegiatan yang akan kita lakukan. 

Pikirkan seberapa berat dan seberapa lama kita dapat menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada dalam daftar kegiatan yang telah kita buat. Dengan begitu, kita akan lebih semangat dalam melakukannya  karena sudah memiliki target waktu dan tujuan yang ingin dicapai.

Selain lebih semangat, penentuan estimasi waktu juga bisa membantu kita untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu untuk suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan. 

Kita pun akan lebih terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan meskipun pada kenyataannya kita tetap perlu beberapa waktu tambahan. Jika target telah tercapai, barulah kita beranjak pada pekerjaan berikutnya.

Namun, ada hal yang perlu kita ingat, yaitu otak dan tubuh kita juga perlu istirahat. Istirahatlah yang cukup sebelum beranjak pada pekerjaan berikutnya supaya otak kita lebih fresh dan dapat meminimalisir kekeliruan yang mungkin terjadi akibat kelelahan.

Agar semuanya terasa lebih ringan dan mudah, lakukan setiap pekerjaan dengan ikhlas. Nikmati prosesnya, dan cintai pekerjaannya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun