Memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan tentunya membuat seseorang harus mampu mengatur waktunya dengan baik. Sebab, segala kegiatan akan dapat terselesaikan apabila dalam waktu 24 jam sudah kita atur pembagian waktunya.Â
Perlu juga untuk mengendalikan dan memanfaatan waktu yang telah ditentukan secara optimal. Pembagian, pengendalian, dan pemanfaatan waktu secara optimal dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.
Ketika memiliki banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan maka kita perlu menentukan tenggat waktu terbaik untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Tentunya tenggat waktu yang kita tentukan disesuaikan dengan kemampuan kita.Â
Jangan terlalu memaksakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam waktu yang cepat tanpa adanya jeda. Apalagi jika dilakukan dalam waktu bersamaan (multitasking).
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan tenggat waktu terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan adalah dengan membuat daftar kegiatan, tujuan, beserta estimasi waktunya.
Membuat daftar kegiatan ini dapat kita lakukan di malam hari sebelum tidur atau sore hari setelah semua pekerjaan selesai. Tulislah daftar pekerjaan secara singkat, padat, dan jelas. Jadi, tidak perlu membuat daftar pekerjaan yang terlalu panjang agar tidak menimbulkan rasa malas dalam mengerjakannya.
Dalam menentukan estimasi waktu untuk setiap pekerjaan, tentukan estimasi waktu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau kegiatan yang akan kita lakukan.Â
Pikirkan seberapa berat dan seberapa lama kita dapat menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada dalam daftar kegiatan yang telah kita buat. Dengan begitu, kita akan lebih semangat dalam melakukannya  karena sudah memiliki target waktu dan tujuan yang ingin dicapai.
Selain lebih semangat, penentuan estimasi waktu juga bisa membantu kita untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu untuk suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan.Â
Kita pun akan lebih terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan meskipun pada kenyataannya kita tetap perlu beberapa waktu tambahan. Jika target telah tercapai, barulah kita beranjak pada pekerjaan berikutnya.
Namun, ada hal yang perlu kita ingat, yaitu otak dan tubuh kita juga perlu istirahat. Istirahatlah yang cukup sebelum beranjak pada pekerjaan berikutnya supaya otak kita lebih fresh dan dapat meminimalisir kekeliruan yang mungkin terjadi akibat kelelahan.
Agar semuanya terasa lebih ringan dan mudah, lakukan setiap pekerjaan dengan ikhlas. Nikmati prosesnya, dan cintai pekerjaannya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H